Cara Mudah Menanam Pohon Kelapa Serta Manfaatnya

√ Cara Mudah Menanam Pohon Kelapa Serta Manfaatnya

Diposting pada

Cara Mudah Menanam Pohon Kelapa Serta Manfaatnya – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Pohon Kelapa. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara menanam pohon kelapa serta manfaatnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Cara Mudah Menanam Pohon Kelapa Serta Manfaatnya

Cocos nucifera, lebih dikenal sebagai kelapa, adalah satu-satunya anggota keluarga cocos. Selain itu, karena hampir seluruh wilayah Indonesia terletak di pantai, membuat kita lebih mudah mendapatkan kelapa dan menjadikan tanaman ini menjadi jenis tanaman yang paling banyak digunakan dalam hal ekonomi, serta kehidupan sosial masyarakat pesisir.

Menanam Pohon Kelapa

Budidaya kelapa merupakan salah satu contoh bisnis yang dapat menghasilkan uang yang relatif tinggi. Karena kebutuhan tempat makan selalu membutuhkan kelapa untuk dijadikan es. Oleh karena itu, berikut ini adalah teknik yang diperlukan dalam membudidayakan pohon kelapa.

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Berdasarkan Iklim

Tanaman kelapa merupakan tanaman yang tumbuh dengan sempurna apabila tumbuh di daerah dengan curah hujan sekitar 1300 – 2300 mm/tahun. Bahkan dapat bertahan hingga 3800 mm atau lebih apabila drainase yang dimiliki sangat baik. Karena diperlukan fotosintesis, diperlukan sekitar 120 jam/bulan untuk minimum waktu dari penyinaran sinar matahari.

Tingkat kelembaman yang diperlukan dari tanaman kelapa secara rata-rata perbulan adalah sekitar 70 – 80%. Kelembaman minimum yang diperlukan adalah sekitar 65%, dan apabila lebih tinggi dari 80%, akan menjadikan tanaman lebih mudah terserang penyakit maupun hama lebih sering daripada umumnnya.

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Berdasarkan Ketinggian Tempat Penanaman

Pertumbuhan maksimal yang akan didapatkan dari tanaman kelapa ini adalah sekitar 0 – 450 m dpl. Apabila ditanam pada dataran menengah dan dataran tinggi (sekitar 450 – 1000 m dpl) maka tanaman kelapa akan memiliki waktu pembuahan yang tergolong lebih lambat pada tanaman pada umumnya dan memiliki minyak yang rendah.

Memilih Benih

Biji yang dipakai berasal dari tanaman induk yang sudah memasuki usia sekitar 20-40 tahun. Tingkat produksi buah sekitar 80-120 lembar / pohon / tahun atau dengan perkiraan sekitar 25 kg / pohon / tahun, batangnya lurus dan kuat dengan daun dan tanaman bersih yang bebas dari hama dan penyakit. Untuk memilih biji, bisa dilakukan dengan memilih tanaman tua berumur 12 bulan.

Carilah kelapa dengan tipe 4/5 sisi kulit kelapa yang berwarna coklat, bulat, dan bentuknya agak lonjong, buahnya halus dan halus, memiliki panjang buah sekitar 22-25 cm dan lebar buah sekitar 17- 22 cm.

Menyiapkan Benih

Setelah memilih benih, bibit harus dirawat selama kurang lebih 1 bulan di tempat yang segar, tidak bocor, kering, dan tidak terkena sinar matahari langsung dengan suhu yang tepat untuk tempat sekitar 25-27 derajat C.

Teknik Penyemaian Dengan Polybag

  • Berikan luka pada biji kelapa sekitar 5 cm, di mana serat muncul di sisi pegangan menghadap sisi terluas menggunakan pisau. Memberi luka tidak dilakukan dua kali.
  • Tanam bijinya dengan kedalaman sekitar 2/3 dari bagian luka yang telah diberikan dengan menghadap ke atas dan mikrotil menghadap ke timur.
  • Posisi penanaman membuat posisi segitiga melintang.
  • Dalam satu meter persegi, diisi dengan sekitar 30-35 biji.
  • Posisi penanaman membuat posisi segitiga melintang. Dalam jarak satu meter persegi diisi dengan sekitar 30 – 35 biji.
  • Penanaman dalam polybag akan memakan waktu sekitar 6-12 bulan, dan mulai daun sekitar 6 helai dengan tinggi batang sekitar 90-100 cm.

Pemindahan Bibit

Perhatikan cara menanam pohon kelapa berikut dalam bibit: Pemindahan bibit harus dilakukan saat memasuki musim hujan.

Biji polybag harus dipidah saat tanaman mencapai usia 9-12 bulan. Root yang muncul di luar polybag harus dipotong dua hingga tiga hari sebelumnya.

Media Tanam

Karena tanaman kelapa bisa tumbuh di bermacam media tanam seperti laterit, pasir, tanah berbatu, dan aluvian. Tetapi untuk membuat kelapa yang ditanam memiliki produktivitas terbaik, ia harus ditanam menggunakan tanah aluvial.

Untuk pertumbuhannya, tanah yang mempunyai ketersediaan air tanah sangat dibutuhkan oleh kelapa. Selain itu, air tanah yang diperoleh harus memiliki ketersediaan yang sama dengan air yang ditemukan dalam curah hujan selama bulan pertama. Lahan yang digunakan untuk menanam pohon kelapa adalah lahan datar, jika memiliki kemiringan (sekitar 3-50%) maka lebih baik membuat teras tidak erosi pada tanah dan juga menjaga kesuburan pada tanah.

Baca Juga:  Manfaat Daun Mint : Isi Nutrisi, Meringankan, Mencegah, Melindungi Dan Mengolahnya

Pengolahan Media Tanam

  • Kalsifikasi jika pH tanah memiliki keasaman tinggi. Lakukan ini hingga pH tanah mencapai 6-8.
  • Berikan pupuk menggunakan 300 gram pupuk TSP untuk setiap lubang yang akan ditanam.

Teknik Penanaman

Berikut ini merupakan cara menanam pohon kelapa dengan baik dan benar:

  • Lakukanlah metode penanaman dengan metode penanaman segitiga dari lahan yang digunakan serta buatlah tanaman terkena sinar matahari secara maximal.
  • Tanamlah tanaman dengan jarak 9 x 9 x 9 meter.
  • Buatlah lubang tanam ketika sebelum memasuki bulan 1 – 2 sebelum dilakukannya penanaman guna untuk menghilangkan dari keasaman tanah.
  • Ukuran yang akan digunakan adalah 60 x 60 x 60 cm hingga 100 x 100 x 100 cm. Maka waktu penanaman pada bulan berikutnya adalah keika curah hujan pada waktu sebelumnya mencapai tingkat 200 mm.

Metode Penanaman

Bagian atas tanah dicampurkan dengan pupuk fosfat dengan dosis 300 gram setiap lubangnya, kemudian bibit dimasukkan ke dalam lubang penanaman. Pada polybag bagian bawah dimasukkan ke dalam lubang tanam, kemudian di iris hingga bagian akhir.

Penyiangan

Lakukanlah penyiangan pada piringan tanaman kelapa dengan lebar 1 meter pada tahun pertama, 1,5 pada tahun kedua, dan 2 meter pada tahun ketiga. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan parang yang diarahkan ke dalam guna unutk memotong parasit dan hama tanaman hingga batas dari permukaan tanah. Lakukanla penyiangan selama 4 minggu sekali pada musim penghujan dan 6 minggu – 2 bulan pada musim kemarau.

Penjarangan dan Penyulaman

Penjarangan dan Penyulaman adalah penukaran terhadap tanaman yang tumbuh dengan cacat. Apabila tanaman memiliki pertumbuhan yang tidak normal, maka sebaiknya tanaman diganti dengan bibit yang lainnya.

Perampalan

Perampalan adalah membuang daun yang telah bewarna cokelat karena sudah kering. Panjatlah tanaman kelapa kemudian buang daun yang sudah mati.

Pemupukan

Pemupukan dikerjakan ketika tanah yang ditanami sudah kekurangan nutrisi untuk tanaman. Biasanya pada bulan pertama dimenggunakan 100 gram pupuk urea yang diberikan pada 15 cm dari pangkal batang tanaman kelapa. Pemupukan selanjutnya adalah dua kali dalam satu tahun yaitu ketika musim hujan berakhir sekitar bulan april atau mei dan ketika awal musim hujan telah tiba yaitu bulan oktober atau November.

Teknik Perawatan

Lakukanlah penyiraman apabila memasuki bulan kemarau dan jarangnya hujan turun. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya dilakukan penyiraman yang terkontrol yaitu dilakukan sekitar tiga hari sekali. Sebaiknya, penyiraman ini dilakukan sore hari.

Manfaat Pohon Kelapa

Berikut ini adalah manfaat dari pohon kelapa mulai dari akar sampai buahnya, antara lain:

Manfaat Akar Kelapa

Di negara-negara Asia seperti China, akar pohon kelapa digunakan untuk mengecilkan selaput lendir. Di Indonesia sendiri, akar pohon kelapa dipercaya untuk menurunkan demam. Menurut Maurafe dan rekan dalam Journal of Agricultural Food Science pada tahun 1987, “akar kelapa menyediakan karbohidrat, lipid, asam laurat, miristat, dan kaprilat. Asam laurat mudah dicerna menjadi sumber energi dan menghadirkan lipid antimikroba yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia”.

Bahan obat-obatan dan minuman

Saringan akar kelapa yang telah direbus mampu mengobati berbagai macam gangguan pencernaan seperti diare, disentri dll. Ia juga mampu mengobati gejala gatal-gatal. Akar kelapa juga berperan sebagai bahan pembuatan sikat gigi dan alat pencuci mulut.

Bahan konstruksi bangunan

Akar kelapa tergolong memiliki struktur yang kuat sehingga bisa juga dimanfaatkan sebagai penyangga sebuah bangunan.

Mencegah banjir

Air kelapa memiliki kemampuan tinggi dalam menyerap jumlah air yang banyak sehingga dipercaya mampu mencegah banjir.

Bahan pembuatan kerajinan tangan

Akar kelapa telah lama digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan seperti dibuat gelang dan kalung yang memiliki nilai ekonomis.

Manfaat Batang Kelapa

Batang kelapa memiliki tekstur yang kasar dan dan berserat. Kayunya memiliki sifat fisik yang variatif terutama untuk kerapatannya. Berikut manfaat batang kelapa:

Pengganti kayu konstruktif

Batang kelapa yang memiliki kerapatan tinggi dapat diolah untuk pembuatan furnitur, komponen bangunan rumah, balok lantai,

Barang kerajinan

Batang kelapa tidak hanya sebatas bahan konstruksi tapi juga dapat diolah  menjadi beragam produk yang unik dengan nilai jual tinggi. Contoh kerajinan tangan dari batang kelapa adalah mainan anak-anak, aneka souvenir, tempat lilin dan berbagai keperluan rumah tangga.

Baca Juga:  √ Manfaat dan Kegunaan Pupuk Daun Pada Budidaya Cabe

Bahan pembuatan kertas

Ekstrak dari batang pohon kelapa ternyata bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan kertas.

Bahan pembuatan kriket dan arang

Meskipun pemanfaatan batang kelapa masih terbatas dalam bahan kimia namun sejauh ini telah dikembangkan sebagai sumber energi untuk pembuatan arang.

Manfaat Daun Kelapa

Tidak hanya akar dan batangnya yang bermanfaat bagi kita tapi juga daunnya banyak bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Berikut manfaat daun kelapa yang berhasil kami sadur:

Ketupat

Daun kelapa yang masih muda kerap digunakan sebagai ketupat. Daunnya yang masih kuning atau hijau muda (janur) sudah sejak zaman dahulu menjadi bagian dari tradisi pembuatan ketupat terutama ketika Hari Raya Idul Fitri/Idul Adha.

Alternatif pembuatan atap

Ilustrasi proses pembuatan atap dari daun kelapa. Daun kelapa yang setengah kering dianyam rapi kemudian dimanfaatkan sebagai atap.

Di beberapa daerah di Indonesia terutama di kampung-kampung penggunaan daun kelapa sebagai atap masih sering dijumpai. Daun kelapa yang setengah kering dianyam rapi kemudian dimanfaatkan sebagai atap.

Hiasan pernikahan

Familiar dengan istilah janur kuning? Yap, daun kelapa yang masih muda berwarna kuning biasanya dijadikan lambang pesta pernikahan. Hiasan pernikahan ini biasanya diletakkan di tepi jalan yang menandakan adanya sebuah pesta di sekitar sana.

Pakan ternak

Daun kelapa muda yang telah diambil lidinya bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pakan ternak seperti kerbau dan sapi.

Bahan kerajinan tangan

Daun kelapa sering dibuat kerajinan tangan yang sangat menarik seperti tikar, sebuah, tikar, bakul, anyaman dan lain sebagainya.

Cara Mudah Menanam Pohon Kelapa Serta Manfaatnya

Manfaat Buah Kelapa

Buah kelapa berbentuk bulat berukuran cukup besar. Warna kulit buahnya pun bervariasi, mulai dari hijau, kuning, dan coklat. Buah kelapa pun terbagi menjadi tiga bagian penting yang semuanya bermanfaat yakni air kelapa, daging kelapa, tempurung maupun sabut kelapa.

Air kelapa

Air kelapa mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Air kelapa tidak hanya sebagai pelepas dahaga tapi fungsinya bisa lebih dari itu. Kandungan nutrisi yang melimpah pada air kelapa seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, vitamin dll kesemuanya diketahui baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Air kelapa baik untuk ibu hamil, penderita diabetes, kekebalan tubuh, bahkan untuk kulit dan rambut.

Daging kelapa

Untuk manfaat yang satu ini mungkin sudah jelas. Daging buah kelapa yang masih muda sering dikonsumsi langsung atau dicampurkan pada es buah dan jenis minuman lainnya. Rasanya sangat segar dan juga lezat. Daging kelapa bahkan merupakan bahan utama dalam pembuatan minyak kelapa yang memiliki aroma khas.

Daging kelapa digunakan dalam berbagai keperluan memasak seperti santangnya. Daging kelapa bahkan merupakan bahan utama dalam pembuatan minyak kelapa yang memiliki aroma khas. Kandungan lemak jenuh yang dimilikinya jauh lebih tinggi dari minyak zaitun sehingga baik untuk kesehatan. Minyak kelapa telah lama digunakan dalam mengobati berbagai penyakit. Selain itu, ia juga berperan banyak dalam menjaga kesehatan rambut, minyak urut untuk bayi dan masih banyak kegunaan lainnya.

Tempurung kelapa

Tempurung atau cangkang kelapa sering dimanfaatkan sebagai arang untuk memasak, batoknya juga diolah menjadi filter rokok, dan dibuat bahan kerajinan seperti gayung, sendok nasi, dan lain sebagainya.

Sabut kelapa

Sabut kelapa banyak dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan seperti pembuatan tali, bahan dalam industri karpet, boneka, keset dan lain sebagainya. Sabut kelapa bahkan bisa diolah menjadi media tanam yang dikenal sebagai cocopeat. Dan yang paling sering dijumpai adalah sebagai scrubber untuk membersihkan perlatan dapur hingga lantai kotor.

Cocopeat adalah media tanam hidroponik yang terbuat dari sabut atau serat serabut kelapa yang telah dihaluskan menjadi serbuk.

Manfaat Bunga Kelapa

Anda mungkin tidak menyadari bahwa kelapa yang juga menghasilkan bunga ini juga memiliki banyak manfaat. Bunga kelapa mekar saat berusia 4-6 tahun. Warna kuning dengan aroma yang manis. Manfaat bunga kelapa yaitu sebagai bahan pembuatan cuka dan alkohol yang diperoleh dari hasil fermentasi getah bunganya. Ia juga dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan seperti tas dan topi. Bahkan, bunga kelapa dijadikan bahan pengobatan tradisional.

Demikian artikel tentang Cara Mudah Menanam Pohon Kelapa Serta Manfaatnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat bencoba.