Pupuk Buah Naga

1 min read

Pupuk Buah Naga

Pupuk Buah Naga – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Pupuk Buah Naga.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Pupuk Buah Naga bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Pupuk Buah Naga berikut ini.


Pupuk Buah Naga


Budidaya buah naga memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia, sehingga agar budidaya buah naga berhasil, setidaknya teknik pemupukan buah naga harus dilakukan dengan benar sesuai takaran.

Hal ini akan menentukan berhasil tidaknya budidaya buah naga anda berkembang.

Tanaman naga sendiri merupakan tumbuhan rambat yang memiliki akar parasit pada tumbuhan rambat tersebut dan mampu tumbuh di atasnya.

Buah naga akan tumbuh optimal jika berada di daerah dengan ketinggian 10 hingga 700 meter di atas permukaan laut dan bersuhu 26 hingga 36 derajat Celcius.

Selain itu, buah naga sangat cocok ditanam di daerah dengan curah hujan rendah sekitar 720 mm per tahun.

Pupuk Buah Naga


Teknik pemupukan buah naga hingga berbuah

Ikuti langkah-langkah pemupukan di bawah ini untuk mempelajari cara memupuk buah naga untuk menghasilkan buah:

  • Bila buah naga ditanam dalam bentuk pupuk NPK maka diberikan pupuk dasar yaitu 20 g per tanaman dan 125 g pupuk organik per tanaman.
  • Pemupukan tambahan dilakukan jika umur tanaman 1-6 bulan dan lebih dari 7 bulan. Pada umur 1-6 bulan, jenis pupuk yang diberikan NPK 15:15:15 adalah 25 g per tanaman, 125 g pupuk kandang per tanaman. Donasi dilakukan secara bergantian setiap dua bulan. Untuk tanaman berumur lebih dari 7 bulan, jenis komodo dan pupuk yang diberikan sama. Artinya, dosis pupuk NPK 15:15:15 per tanaman 50 g, dan pupuk kandang 125 g per tanaman. Donasi masih sama dengan usia 1-6 bulan. Artinya, mereka muncul bergantian setiap dua bulan.
  • Ketika masa berbunga dan berbuah tercapai, tanaman dipupuk dengan jenis pupuk seimbang, dan unsur fosfor (P) dan kalium (K) lebih tinggi dari pada nitrogen (N). Jenis pupuk yang digunakan berupa pupuk NPK 13:13:21 75 g per tanaman, 125 g pupuk kandang per tanaman. Pupuk ini diberikan setelah sebulan pemberian pupuk dasar untuk pertumbuhan buah naga.
Baca Juga:  √ Cara Menanam Buah Sirsak Agar Cepat Berbuah Lebat

Tips agar buah naga rajin berbuah

Berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan agar buah naga yang Anda tanam bisa berbuah.

  • Tiga bulan setelah menanam buah naga, ujung batang dipotong menjadi 5-10 cm untuk merangsang produksi cabang.
  • Beri jarak sekitar 30 cm antar bunga dan pertahankan 2 kuntum tiap cabang. Jika perlu, 50 hingga 70 ppm hormon GA3 disuntikkan.
  • Cara lain untuk meningkatkan pemupukan buah naga adalah dengan melarutkan 1 g GA3 dalam 2 liter air, memberikan 10% hormon giberelin (GA3). Taburkan dua kali pada puting buah, yang tunas layu muncul setelah 2-3 hari. Setelah 35 hari, buah itu membesar (150 g) menjadi warna kehijauan. Saat ini, Anda perlu mengulangi penyemprotan dengan campuran hormonal. Dosisnya masih sama dengan semprotan awal tiap buah naga.

Demikian penjelasan kami tentang Pupuk Buah Naga dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Menanam Blimbing Wuluh

Farming
2 min read

Cara Menanam Daun Bidara

Farming
3 min read

Cara Menanam Bambu

Farming
2 min read