Manfaat Pupuk yang Mengandung Fosfor Tinggi dan Jenisnya

Manfaat Pupuk yang Mengandung Fosfor Tinggi dan Jenisnya

Posted on

Manfaat Pupuk yang Mengandung Fosfor Tinggi dan Jenisnya – Pada Kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Pupuk Fosfor. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian Pupuk fosfor, manfaat pupuk fosfor, karakteristik dan jenisnya dengan secara singkat dan jelas . unutk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Manfaat Pupuk yang Mengandung Fosfor Tinggi dan Jenisnya

Ada berbagai jenis pupuk yang sangat kaya akan kandungan fosfor. Yang mana unsur yang terkandung dalam fosfor ini atau dalam bahasa latinnya Phospat merupakan unsur hara mengandung makro yang diperlukan oleh makhluk hidup terutama pada tumbuhan. Sebab dalam fase pertumbuhan tanaman ini sangat memerlukan unsur hara makro.

Yang mana telah kita ketahui bahwa ada beberapa yang mengandung unsur fosfos seperti pupuk SP 36. Unsur ini berguna dalam peroses merangsang akar agar menjadi kuat dan proses pembungaan pada tanaman sehingga sangat bermanfaat untuk tanaman.

Namun ada juga beberapa jenis pupuk lain yang mengandung unsur fosfor ini. Agar kita dapat mengetahui lebih jelasnya mari simak penjelasan keterangan beberapa jenis fosfor berikut ini.

Manfaat Pupuk Fosfor

Sekilas dari penjelasan diatas manfaat fosfor di sini yaitu untuk merangsang pertumbuhan pada bunga dan akar tanaman. Namun, ada juga beberapa fungsi lain dari pupuk ini bagi pertumbhan tanaman, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Berguna untuk bahan pembentuk inti sel serta dinding sel pada tanaman
  • Dapat membantu nitrogen dan boron dalam pembentukan klorofil.
  • Berguna untuk pengangkut hasil dari energi dan hasil fotosintesis ke berbagai bagian pada tanaman.
  • Merangsang akar agar tanaman menjadi kuat.
  • Merangsang dalam proses pembentukan bunganya.

Karakteristik Fosfor

Ada beberapa karakteristik yang terdapat pada pupuk fosfor, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Apabila pemberian yang dilakukan ini berlenihan dapat mengakibatkan struktur pada tanah menjadi mengeras.
  • Tidak mudah larut dalam air, karena hal ini sulit untuk terurai dalam jangka waktu yang singkat.
  • Unsur fosfor dengan mudah untuk diangkut pada jaringan tanaman, akan tetapi bergerak lebih lambat.
Baca Juga:  Pupuk SP 36 : Manfaat dan Kegunaannya Bagi Tanaman Padi

Jenis Fosfor

Kandungan dalam unsur fosfor pada alam terbentuk secara alami atau organik, tetapi kandungan ini tidak sebanyak yang ada dalam organik. Dalam fosfor organik hanya bisa didapat dari hasil tumbuhan, batuan alam dan hewan.

Fosfor Organik

Adapun beberapa jenis fosfor organik diantaranya yaitu:

  • Batang Pisang

Tumbuhan yang satu ini mempunyai banyak manfaat dan sangat kaya akan kegunaannya. Mulai dari daun, buah hingga batangnya juga terdapat banyak manfaat yang digunakan manusia. Namun, banyak orang yang belum mengetahui fungsi dan kegunaan dari batang pisang ini.

Yang mana batang dari pohon pisang ini biasanya oleh kebanyakan orang hanya diambil dan di manfaatkan dari buah dan daunnya saja sedangkan batangnya di biarkan membusuk. Padahal jika dimanfaatkan dengan benar dapat memenuhi fosfor alami atau organik dengan membuat pupuk bokasi padat atau cair.

Manfaat Pupuk yang Mengandung Fosfor Tinggi dan Jenisnya

  • Kotoran Ternak

Tentu bagi para petani kotoran ternak digunakan sebagai alternatif dalam mencukupi kebutuhan selain bertani juga memelihara hewan ternak baik berupa sapi, kambing, ayan dan lain sebagainya. Hal ini bagi para petani sangat lah berguna dan bermanfaat, disamping diambil dari segi dagingnya.

Ternyata kotorannya juga bisa dimanfaatkan untuk pupuk alami atau organik. Sebab kotoran dalam hewan ternak mempunyai fosfor serta kalium yang cukup tinggi. Maka takheran jika kotoran ternak sering digunakan dalam budidaya tanaman seperti cabai, melon, jagung dan lain sebagainya.

Terlebih lagi kotoran kambing lebih banyak mengandung fosfor bila dapat difermentasikan dengan kompos lainnya. Sehingga dapat membuat tanaman menjadi lebat serta dapat mendorong dalam proses pembentukan pada bunga.

  • Batuan Alam

Batuan fosfat yang tersebar banyak di beberapa perumukaan bumi yang disebut juga dengan batuan alam. Batuan ini bisa terbentuk dari hasil proses pelapukan, magmasi, fosfat biogenetik serta sedimentasi. Namun batuan fosfat hasil dari sedimentasi banyak digunakan sebagai bahan pada pupuk.

Baca Juga:  Fungsi Sulfur Bagi Tanaman

Fosfor Anorganik

Apabila Anda telah mengatahui berbagai fosfor alami, berikut merupakan beberapa jenis fosfor anorganik diantaranya yaitu:

  • Pupuk Fosfor SP, SSP dan TSP

Kandungan jenis pupuk SP, SSP dan TSP merupakan pupuk kimia yang didalamnya terkandung unsuf fosfor guna melengkapi kebutuhan unsur hara dalam tanah yang di perlukan oleh tanaman. Kadungan dari fosfor anorganik ini mempunyai unsur fosfor 60 %.

Pupuk anorganik ini lebih jika dimanfaatkan untuk pupuk dasar dan kurang cocok jika digunakan untuk menyemprot tanaman. Karena, kandungan dalam pupuk tersebut mempunyai sifat yang suli larut dalam air terlebih lagi dalam tempo yang singkat.

  • Pupuk Majemuk Phospat

Pupuk ini mempunyai kandungan fosfot yang cukup tinggi serta bisa dimanfaatkan untuk menyemprot maupun dikocor ketanaman secara langsung. Sebab pupuk ini berbentuk kristal sehingga pupuk ini dengan mudah larut dalam air.

  • Pupuk AgroPhos

Penggunaan agrophos atau fosfor cair bisa digunakan dengan menggunakan air dalam konsentrasi tinggi. Sebab phospor jenis ini telah melewati proses dan metode penguraian kimia lebih cepat.

Pupuk phospat cair ini sangat sangat bermanfaat pada proses pembentukan bunga pada tanaman. Karena dalam penggunaannya bisa di gunakan dengan langsung menyemprotnya pada dosis yang sudah ditentukan oleh pabrik.

Demikian penjelasan tentang Manfaat Pupuk yang Mengandung Fosfor Tinggi dan Jenisnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.