Pupuk SP 36 : Manfaat dan Kegunaannya Bagi Tanaman Padi

1 min read

Manfaat dan Kegunaan dari Pupuk SP 36 Bagi Tanaman Padi

Pupuk SP 36 : Manfaat dan Kegunaannya Bagi Tanaman Padi – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Pupuk SP 36. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan manfaat dan kegunaan dari pupuk sp 36 bagi tanaman padi dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pupuk SP 36 : Manfaat dan Kegunaannya Bagi Tanaman Padi

Dalam hal ini pemupukan merupakan hal yang penting dilakukan bagi setiap budidaya terutama dalam bidang pertanian. Apalagi di wilayah Indonesia ini penggunaan pupuk cukup banyak. Hal ini bisa terjadi karena ketersediaannya pupuk oleh pemerintah.

Bagi para petani terutama dalam tanaman padi tentu memerlukan pupuk untuk menjamin asupan unsur hara yang terkandung dalam tanah. Agar dalam proses pertumbuhannya dapat berkembang dengan baik sehingga menghasilkan panen yang banyak dan berkualitas.

Dalam hal ini tentu penggunaan pupuk SP 36 yang disubsidi pemerintah menjadi solusi terbaik bagi tanaman padi. Dengan kegunaan dari SP 36 ini pada dapat tumbuh dengan baik dan tanaman asupan unsur hara tercukupi.

Pupuk ini banyak tersedia di toko pertanian atau agen pertanian terdekat Anda. Selain itu pupuk ini memiliki tekstur butiran yang kecil dengan warna abu kehitaman. Pupuk ini juga 90 % dapat larut kedalam air dengan memiliki kandungan phosphor. Oleh karena itu pupuk Sp 36 dapat cepat meresap kedalam tanah.

Pupuk ini juga sangat bagus dalam menyuburkan tanaman semusim, contohnya seperti tanaman pangan lainnya, sayuran, buah dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Pupuk Untuk Sayuran

Pupuk ini juga tidak mudah dalam menyerap air atau tidak bersifat higroskopi. Namun demikian pupuk SP36 dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Dilihat sekilat pupuk ini hampir mirip dengan pupuk TSP yang tergolong jenis pupuk tanaman lainnya.

Namun demikian kandungan phosphor dalam pupuk TSP lebih sedikit dibandingkan dengan SP 36. Oleh sebab itu bagi kebanyakan petani lebih menggunakan pupuk SP 26 yang digunakan pada tumbuhan padi.

Manfaat dan Kegunaan dari Pupuk SP 36 Bagi Tanaman Padi

Kandungan dari Pupuk SP 36

Kadar P2O5 sekitar 36%, larut Asam Sitrat sekitar 34 %, Kadar P2O5 yang larut dalam air sekitar 30%, Kadar air sekitar 5% dan Kadar Asam Bebas sebagai H3PO4 sekitar 6%

Manfaat dan Kegunaan Pupuk Sp 36

Adapun manfaat dari pupuk SP 36 ini yaitu sebagai berikut:

  • Dapat membuat tumbuhan padi berbiji banyak serta menghasilkan tanaman yang berkualitas.
  • Dapat merangsang pada proses pembelahan sel tumbuhan padi.
  • Dapat mempercepat dan mempersingkat proses pemasakan didalam biji padi.
  • Dapat membuat batang tanaman menjadi kuat.

Cara Penggunaan Pupuk SP 36

Dalam hal ini disamping menbahas tentang manfaat dan kegunaan dari pupuk sp 36. Berikut ini adalah cara penggunaan dari pupuk Sp 36 yang biasa digunakan oleh para petani Indonesia.

Tahap awal lakukan penyebaran pupuk SP 36 secara merata sehari sebelum tandur atau tanam. Pada proses pemupukan usahakan merata pada setiap permukaan yang akan ditanam.

Apabila pada proses penanaman dilakukan dengan cara sistem berjajar. Maka proses penyebaran pupuk dilakukan hanya pada tempat tanam saja atau bisa secara keseluruhan di sebar.

Dengan menaburkan secara merata dapat juga Anda memberi sedikit pupuk ini lalu di taburkan pada daerah tumbuhnya padi saja.

Baca Juga:  Ternak Domba : Memelihara, Membiakkan, Pakan Dan Perawatan

Bila Anda kurang sabar dapat juga dengan cara mengambil sepucuk tangan lalu di pendam dengan menggunakan kaki kedalam tanah. Metode ini digunakan unutk mengurangi terbuangnya atau sia-sia dari kegunaan pupuk tersebut karena proses penguapan aliran air.

Demikian penjelasan tentang Pupuk SP 36 : Manfaat dan Kegunaannya Bagi Tanaman Padi. Semoga dapat bermanfaat bagi tanaman Anda serta menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.