Kegunaan dan Manfaat Pupuk TSP Bagi Tanaman Padi

Kegunaan dan Manfaat Pupuk TSP Bagi Tanaman Padi

Posted on

Kegunaan dan Manfaat Pupuk TSP Bagi Tanaman Padi – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentan kegunaan dan manfat dari pupuk TSP bagi tanaman padi dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini

Kegunaan dan Manfaat Pupuk TSP Bagi Tanaman Padi

Tanaman padi yakni jenis tanaman yang sangat penting guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ada dari sebagian orang mengatakan perolehan padi menjadi beras atas jasa dari seorang petani. Sebab karena petani lah Anda bisa memcukupi kebutuhan beras sehingga bisa dapat untuk memakan nasi tanpa merasakan proses dan cara menanamnya.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui tentang bagaimana perjuangan bagi seorang petani dalam melakukan penanaman padi sehingga hal ini dapat memperoleh hasil yang optimal. Sehingga hal ini dapat memberikan hasil panen yang memuaskan serta bertambah hasil yang akan didapat tanpa adanya kerugian bagi konsumen.

Adapun beberapa cara suppaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal yaitu dengan cara pemberian pupuk yang cermat serta sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan pada tanaman. Hal ini perlu sebab bisa menunjang dalam proses pertumbuhan serta pembuahan. Jenis pupuk yang baik dan banyak di pergunakan oleh petani yaitu dengan menggunakan pupuk TSP atau Triple Super Phosphate. Yang mana tersebut mempunyai banyak kandungan fosfor yang tinggi.

Manfaat Pupuk TSP

Adapun manfaat dari pupuk TSP, antara lain yaitu:

  • Untuk menyuburkan tanaman dan bisa memberi nutrisi dari dalam.
  • Untuk memperbaiki unsur hara yang terdapat dalam tanah yang di butuhkan oleh tanaman.
  • Untuk memperkuat akar serta batang pada tumbuhan.
Baca Juga:  Ternak Ciblek : Syarat, Metode, Memilih, Penyapihan Dan Perawatan

Hal ini penting untuk diketahui sebab dengan adanya penggunaan pupuk tersebut bisa membantu dalam proses pertumbuhan sehingga dapat mengasilkan panen yang bagus.

Kegunaan Pupuk TSP

Berikut meruakan manfaat dari penggunaan pupuk TSP, diantaranya yaitu:

  • Untuk menyusun asam nukleat yang terdapat dalam tanah.
  • Berperan penting dalam proses fotosintesis dan respirasi pada tanaman.
  • Untuk merangsang terhadap perkembangan akar tanaman padi.
  • Akar dan batang tanaman padi akan menjadi semakin kuat, dan tidak akan mudah untuk roboh terkena angin atau rusak.
  • Untuk meningkatkan daya tahan pada tanaman padi, terlebih dalam kondisi kekeringan.
  • Untuk memicu dalam proses pembentukan biji, serta dapat menghasilkan biji yang baik dan berkualitas.
  • Isi dari biji dan bobotnya juga akan semakin meningkat seiring usia panen.
  • Berperan penting dalam proses pemasakan biji tanaman.
  • Untuk mempercepat masa kurun panen padi.
  • Untuk menyegarkan tumbuhan padi sehingga padi bisa tidak mudah menjadi layu.

Tanaman yang Cocok Pada Penggunaan Pupuk TSP

Tentu untuk tanaman yang sering menggunakan pupuk tersebut adalah tanaman padi. Namun terdapat beberapa tanaman yang sama cocok untuk menggunakan pupuk ini. Beberapa tanaman yang cocok untuk menggunakan pupuk ini yaitu seperti kelapa sawit. Karena pada tanaman ini sangat membutuhkan pupuk tersebut terlebih lagi dalam proses pertumbuhanya.

Tedapat unsur phosphate yang ada pada pupuk TSP yang bisa membantu memenuhi kebutuhan unsur hara yang dibutuhkan oleh kelapa sawit. Tak hanya kelapa sawit ada juga tumbuhan lainnya yang dapat menggunakan pupuk ini diantaranya jagung, lada dan masih banyak lagi.

Kegunaan dan Manfaat Pupuk TSP Bagi Tanaman Padi

Cara Menggunakan Pupuk TSP

Adapun tata cara penggunaan dari pupuk TSP ini, dappat di gunakan dalam berbagai jenis tanaman seperti padi, kelapa sawit, jagung dan tanaman lainnya. Caranya penggunaan pupupk tersebut dapat di taburkan dengan menggunakan piring atau secara manual menggunakan tangan dengan takaran dosis yang telah disesuaikan.

Baca Juga:  Manfaat Pupuk yang Mengandung Fosfor Tinggi dan Jenisnya

Apabila penaburan dengan menggunakan piring akan dapat lebih terjangku sekitar 30 cm deri pangkal batang hingga ujung piringan. Untuk dosis dan takarannya sesuai dengan yang telah diajarkan oleh pihak dinas terkait atau insinyur pertanian.

Dosis Pemberian Pupuk TSP

Dalam hal ini umumnya dosis pupuk yang digunakan untuk tanaman padi dilakukan 2 kali dalam 1 minggu. Namun jika terlalu sering dalam pemberian pupuk maka akan mengakibatkan padi tidak kuat, sebab terlalu panas yang mana bisa mengekibatkan kematian terhadap tanaman padi.

Demikian penjelasan tentang Kegunaan dan Manfaat Pupuk TSP Bagi Tanaman Padi. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.