Mengatasi dan Mencegah Radang Kutu Pada Ternak Kambing

√ Mengatasi dan Mencegah Radang Kutu Pada Ternak Kambing

Diposting pada

Mengatasi dan Mencegah Radang Kutu Pada Ternak Kambing – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Radang Kutu Kambing. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara mengatasi dan mencegah radang kutu pada hewan ternak kambing dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih lengkap dan jelasnya dapat lihat Artikel berikut ini.

Mengatasi dan Mencegah Radang Kutu Pada Ternak Kambing

Salah satu hewan ternak yang sering dibudidayakan oleh petani yaitu kambing. Di mana ternak kambing adalah salah satu budidaya yang cukup menjanjikan karena memiliki banyak manfaat terutama dagingnya.

Pada ternak kambing, ada terdapat berbagai masalah mulai dari kesehatan, kondisi tempat, pakan dan lingkungan akan mempengaruhi kondisi hewan ternak salah satunya yaitu peradangan pada kuku kambing. Hal ini dapat berdampak buruk bagi kondisi kambing, yang mana butuh penangan khusus untuk mengatasinya.

Kambing yang Terinfeksi Agar Dipisahkan

Apabila Anda menemukan kambing yang dalam kondisi radang pada kukunya, agar segera dipisahkan atau di sendirikan ditempat lain dari kambing lainnya. Dengan pemisahan ini tujuannya agar tidak terjadinya penularan radang kuku ini ke kambing lainnya yang disebabkan infeksi.

Selain itu pada pemisahan ini bukan hanya sebagai pencegahan penularan, akan tetapi unutk mengkarantina kambing yang terkena infeksi radang kuku. Agar segera dilakukan pengobatan dan penanganan secara efektif.

Memotong Kuku Kambing

Setelah dipisahkan dari kawanan dan di sendirikan tempatnya, langkag berikutnya yaitu hialangkan dan potong bagian kuku yang telah mengalami peradangan. Dalam hal ini agar Anda lebih berhati-hati pada saat memotong kuku kambing, mulailah memotong pada bagian luar kuku.

Baca Juga:  √ Cara Budidaya Ayam Cemani Mudah dan Praktis (Lengkap)

Agar kondisi peradangan tidak menjadi meluas ke anggota lainnya serta mengurangi rasa sakit yang diderita oleh kambing akibat peradangan pada kuku. Pemotongan tersebut agar dilakukan pada seluruh kuku kambing yang terkena atau mengalami peradangan dan setelah itu dapat diberikan obat.

Mengatasi dan Mencegah Radang Kutu Pada Ternak Kambing

Bersihkan Kuku Kambing Dengan Alkohol

Langkah selanjutnya yaitu membersihkan bagian kuku yang sudah dipotong dengan menggunakan alkohol, larutan formaldehid atau cairan antiseptik lainnya. Kemudian berikan obat salep sulfatizol setelah Anda membersihkan bagian kuku kambing yang mengalami peradangan.

Lakukan penutupan dengan menggunakan perban pada bagian kuku yang sudah diobati. Ulangi pembersihan dan penutupan dengan menggunakan perban agar kambing dapar berangsur kondisi primanya.

Bersihkan Kandang Kambing

Langkah yang lebih penting lagi selain mengobatinya secara langsung pada bagian yang terkena radang yaitu membersihkan kandang kambing dan lakukan penataan ulang kekondisi yang sesuai. Dengan memperhatikan kebersihan, pencahayaan dan kelembapan pada kandang guna pencegahan kondisi penyakit terulang kembali.

Mengetahui Penyebab Awal Radang Kuku

Sebagai petani ternak kambing tentu hal awal dalam mengatasi peradangan kuku yaitu mengetahui penyebab radang kuku ini. Selain membersihkan dan menyesuaikan kondisi kandang perlu mengetahui langkah awal pencegahannya.

Penyebab dalam kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri sphaeroporus necrophorus yang ada dalam minuman, pakan kambing, kandang ataupun alat  yang digunakan dapam peternakan itu sendiri. Agar Anda lebih paham lagi dapat di konsultasikan kepada dokter hewan setempat.

Demikian penjelasan tentang Mengatasi dan Mencegah Radang Kutu Pada Ternak Kambing. Semoga menambah wawasan Anda dan bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba.