Tanaman Hias Tahan Panas yang Cocok Dihalaman Rumah Anda

2 min read

Tanaman Hias Tahan Panas yang Cocok Dihalaman Rumah Anda

Tanaman Hias Tahan Panas yang Cocok Dihalaman Rumah Anda – Tanaman hias dapat menjadi pembeda yang cukup signifikan untuk tampilan pada sebuah rumah. Selain dapat menjadikan suasana asri, terdapat beberapa jenis tanaman hias yang mempunyai manfaat unik salah satunya dapat menjaga kesehatan.

Bila Anda tertarik untuk memajang dekorasi hidup, jenis tanaman hias tahan panas merupakan pilihan yang tepat untuk menanamnya. Bagi sebagian orang mengeluhkan akan tanaman hias yang mereka tanam cepat layu. Salah satu faktornya tanaman menjadi layu yaitu cuaca yang panas. Selain itu tanaman ini tidak memerlukan banyak air, tanaman ini juga tidak akan mudah layu bila Anda lupa menyiram atau mengurusnya secara rutin.

Terlebih lagi Anda juga dapat memilih tanaman hias yang dapat Anda simapan pada luar atau dalam rumah, lebih jelasnya yuk simak artikel Kebun berikut ini.

Tanaman Hias Tahan Panas yang Cocok Dihalaman Rumah Anda

Terdapat beberapa jenis tanaman tahan panas yang bisa Anda jadikan hiasan hidup pada halaman rumah Anda, antara lain yaitu:

Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia

Jenis tanaman tahan panas yang pertama yaitu bunga euphorbia yang mana dapat Anda tanam pada area outdoor.

Tanaman yang memiliki banyak varian, baik dari warna sampai jenis kelopak yang bermacam-macam dan tentunya mudah dalam perawatannya.

Dijamin tanaman ini memiliki tampilan yang cantik dan akan berbaur tanaman lainnya dengan mudah.

Palem

Tanaman Hias Tahan Panas yang Cocok Dihalaman Rumah Anda

Tanaman hias yang tahan akan panas dan hujan lain yaitu tanaman palem. Tanaman ini sudah tentu namanya tidak asing lagi di Indonesia.

Palem mendapatkan asupan air sendiri dari dalam tanah yang mana Anda tidak perlu terlalu sering untuk menyiramnya.

Baca Juga:  Cara Menyuburkan Tanah

Tanaman ini cuku dibilang mandiri, sehingga tidak aneh bila tanaman ini sering dipakai untuk menghias area umum seperti pada pinggir jalan dan taman kota.

Kaktus

kaktus

Sesuai dengan habitat aslinya, jenis tanaman yang satu ini mempunyai daya tahan akan cuaca panan yang sangat ekstrim.

Untuk kaitannya dengan dekorasi rumah, terdapat banyak pilihan kaktus mini yang dapat dimanfaatkan untuk menghiasi area dalam rumah Anda.

Disamping itu tanaman kaktus sangat cocok untuk Anda yang tidak suka ribet. Sebab tanaman kaktus hanya perlu disiram setidaknya dua kali dalam satu bulan.

Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

Walaupun bunga kamboja sangat identing dengan hal mistis atau daerah kuburan, bukan berarti Anda tidak dapat menanam bunga kamboja dirumah Anda.

Banyak orang yang memakai tanaman kamboja untuk memperindah tampilan luar rumah sebab keunikan bentuk yang ditampilkan dari bunga kamboja.

Bunga kamboja mempunyai karakteristik kelopak yang berwarna putih dengan aksen kuning pada bagian tengah bunga. Bunga kamboja juga cukup mudah di tanam dan cepat pertumbuhannya.

Lili Paris

Lili Paris

Tanaman lili paris merupakan salah satu tanaman hias yang sangat populer di Indonesia.

Tanaman yang mempunyai pertumbuhan dengan cepat, dapat tahan pada cuaca dingin atau cuaca panas.

Biasanya pertumbuhan lili paris ini disimpan sebagai tanaman hias gantung, Anda dapat menjadikan tanaman lili paris sebagai dekorasi baik diluar atau didalam ruangan.

Bunga Kertas (Bougenville)

Bunga Kertas

Bunga kertas merupakan salah satu bunga yang menjadi solusi dalam memenuhi pekarangan bunga pada rumah Anda. Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang secara khusus.

Selain tidak membutuhkan perawatan yang khusus bunga kertas tidak terlalu membutuhkan banyak asupan air dan tahan terhadap paparan sinar matahari. Apalagi bunga ini dapat tumbuh dimana pun.

Dengan lebatnya bunga kertas yang mekar, terkadang Anda tidak dapat melihat daun dari bunga ini.

Baca Juga:  Panduan Mudah Cara Menanam Bunga Aster Dengan Benar

Lidah Mertua

Lidah Mertua

Siapa yang tidak tahu dengan bunga yang satu ini, tanaman lidah mertua merupakan salah satu tanaman yang tahan akan cuaca panas.

Tanaman ini dapat disimpan didalam atau diluar ruangan, yang mana dapat tumbuh pada lingkungan dengan kisaran suhu 4 sampai 37 derajat celcius.

Sedangkan media tanam untuk lidah mertua hanya membutuhkan campuran kompos, tanah, sekam bakar dan pecahan genteng yang berfungsi untuk sirkulasi udara.

Disamping dapat membuat rumah Anda terlihat lebih asri, tanaman lidah mertua juga banyak akan manfaatnya, baik kesehatan ataupun lingkungan.

Cemara Norfolk

Cemara Norfolk

Dari sekian banyaknya varian, cemara norfolk adalah tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk memperindah taman Anda.

Selain tampilannya yang cukup menarik, tingginya bisa mencapai 6 meter yang dijamin akan membuat taman Anda akan terasa lebih teduh.

Bila Anda tertarik akan menanam pohon cemara norfolk, tentunya Anda patikan mempunyai area lahan yang cukup luas.

Bunga Pentas

Bunga Pentas

Bila dibandingkan dengan tanaman hias lain, tanaman bunga pentas dapat disebut sangat sering untuk berbunga.

Bisa dibilang dalam satu tahun tanaman ini bisa berbungan sampai empat kali.

Tanaman yang memiliki karakteristik berwarna merah yang dapat memanjakan mata sehingga sangat cocok untuk dijadikan tanaman penghias taman.

Daun Encok

Daun Encok

Tanaman daun encok adalah salah satu tanaman semak yang tumbh di daerah Afrika. Namun Anda juga dapat menjumpainya di Indonesia.

Tanaman ini dikenal di daerah lokal dengan berbagai sebutan seperti naman bama (Bali), godpng encok (Jawa), kareka (Madura), ki encok (Sunda) dan oporio (Timor). Tanaman ini juga termasuk kedalam tanaman yang tahan dari panas.

Sesuai dengan namanya, daun encok juga di kenal bermanfaat untuk mengatasi penyakit encok.

Demikian penjelasan mengenai Tanaman Hias Tahan Panas yang Cocok Dihalaman Rumah Anda, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.