Tanaman Sayuran Hidroponik

3 min read

Tanaman Sayuran Hidroponik

Tanaman Sayuran Hidroponik– Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Tanaman Sayuran Hidroponik.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Tanaman Sayuran Hidroponik bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Tanaman Sayuran Hidroponik berikut ini.


Tanaman Sayuran Hidroponik


Bercocok tanam dengan tata cara hidroponik saat ini sudah menarik banyak peminat serta perhatian dimasyarakat.

Alasannya tata cara tanam hidroponik ini tidak memerlukan tanah yang luas buat bertanam. Hidroponik lebih mengandalkan air dengan nutrisi yang baik buat bertanam.

Sehingga tidak heran bila tata cara tanam hidroponik banyak diminati oleh mayoritas warga kota yang sedikit lahan.

Tidak hanya lebih hemat lahan, menanam secara hidroponik pula diketahui sebagai tata cara tanam yang bisa berkembang dengan cepat.

Hal ini tidak lain sebab hidroponik memakai media air dengan nutrisi besar yang sanggup membuat tumbuhan berkembang dengan pesat.

Apalagi masa panen hidroponik juga bisa dilakukan dalam waktu yang cukup pendek. Gizi dari tumbuhan hidroponik juga tidak kalah besar semacam tata cara tanam pada biasanya.

Tetapi memanglah tidak seluruh jenis tumbuhan bisa ditanam dengan metode hidroponik.

Untuk Kamu yang tertarik mencobanya, baiknya mengenali beberapa jenis tumbuhan yang sesuai ditanam dengan metode hidroponik berikut.

Tanaman Sayuran Hidroponik


Berikut Beberapa Tumbuhan Yang Bisa Ditanam Memakai Metode Hidropnik

  • Sawi Hijau

Sawi termasuk tumbuhan yang tahan terhadap hujan sehingga dapat berkembang sepanjang tahun. Sayuran satu ini pula bisa ditanam dimanapun.

Tumbuhan ini sangat laku di pasaran sehingga para petani banyak yang memakai metode hidroponik buat membudidayakannya. Metode hidroponik banyak dilakukan buat kurangi konsumsi lahan.

  • Tomat

Untuk menanam tomat memakai metode ini wajib dicermati dari pemilihan bibitnya. Bibit unggul yang Kamu beli untuk tomat hendak lebih menguntungkan pada hasil panen nantinya.

Penyemaian bibit tomat hendaknya memakai media semacam serbuk sabut kelapa. Sehabis itu, Kamu wajib melakukan perawatan teratur sampai satu bulan serta siap ditanam dengan metode hidroponik.

  • Brokoli

Tumbuhan ini mirip dengan kol. Brokoli menaruh banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tumbuhan ini umumnya berkembang di dataran tinggi.

Baca Juga:  Hidroponik Buah : Jenis, Kelebihan Dan Kekurangan

Tetapi, saat ini brokoli bisa ditanam di dataran rendah memakai metode hidroponik. Tata cara tanam secara hidroponik ini pula membantu  Meningkatkan produksi brokoli.

  • Seledri

Seledri memiliki banyak vitamin ialah vit A, vit B1, vit B2, vit B3, vit B5, vit B6, vit C, vit E serta vit K yang dapat dipakai buat menghindari ataupun buat mengobati beberapa penyakit.

Salah satu manfaat daun seledri buat merendahkan kandungan kolesterol dalam darah, menguatkan fungsi hati, serta menaikkan imunitas tubuh.

  • Timun

Untuk pencinta lalapan, timun ialah salah 1 macam sayuran yang sangat fresh karena memiliki banyak air.

Timun bisa menyegarkan badan serta baik buat rambut dan kulit kalian, dibanding saat kalian mengenakan masker.

Komsumsi timun dapat membantu memperlancar pecernaan. Di sisi lain, isi mangan, folat, magnesium, leutin, dan klorofil bisa kurangi resiko penyakit jantung serta tekanan mental.

  • Kailan

Sayuran ini kaya hendak isi kalium, kalsium, serta serat sehingga amat baik buat pencernaan serta tulang kita.  Di samping itu, sayuran kailan pula bermanfaat untuk menghindari penuaan dini.

Ada trik khusus dalam memasak sayuran hidroponik kailan, pastikanlah kalian tidak sangat matang dalam memasaknya. Karena ini berhubungan dengan isi nutrisi di dalamnya.

  • Buncis

Isi serat dalam sayur buncis dapat membantu pankreas buat memproduksi insulin, yang berguna buat pengidap diabet tipe 2.

Buncis yang asalnya dari negara Peru, memiliki senyawa antikoksidan yang amat baik buat kesehatan. Buat bunda berbadan dua, sayuran hidroponik buncis ini amat baik buat memperlancar ASI.

  • Pakchoy

Pakchoy bisa diolah jadi bermacam makanan, tidak hanya itu sayuran ini pula gampang berkembang. Kamu bisa menanam sayuran dengan tata cara hidroponik dengan media rockwoll.

Kamu dapat menanamnya lewat biji ataupun menanam dengan metode memotong pangkal sayur kemudian direndam dalam air. Sehabis muncul tunas baru, sayur dipindahkan ke media tanam hidroponik.

  • Kangkung

Kangkung pula ialah sayuran yang gampang berkembang dengan tata cara hidroponik. Pertama, Kamu wajib merendam benih kangkung dalam air hangat selama 3–6 jam.

Setelah itu, inkubasi benih dalam tisu supaya senantiasa lembab dalam di tempat hitam sehingga benih cepat berkecambah.

Pakai gelas plastik ataupun baki plastik yang sudah dilubangi. Kemudian tingkatkan nutrisi di bawahnya serta menempatkan benih yang baru saja berkembang di atasnya.

Baca Juga:  Alternatif Budidaya Tanaman Sayuran

Setelah itu, tambahkan lapisan tipis media cocopeat di atasnya, siram supaya senantiasa lembab supaya biji cepat berkembang daun.

Kala benih berkembang serta muncul 2 daun, pindahkan ke dalam nampan berisi larutan hidroponik buat mempermudah perawatan serta penanaman sayuran.

  • Bawang merah serta bawang putih

Bawang merah serta bawang putih dapat ditanam cuma dengan merendamnya di air. Sehabis tumbuhan berkembang, tempatkan tunas di pot plastik hidroponik yang berisi nutrisi.

Tumbuhan bisa ditempatkan pada pot berisi rockwoll ataupun baki hidroponik. Supaya mempermudah perawatan buat menanam tumbuhan serta membenarkan tumbuhan berkembang secara menyeluruh, cepat serta hasil optimal.


Apa kelebihan sayur- mayur hidroponik?

Sebab tumbuhan hidroponik sangat dijaga metode serta tempat penanamannya, dan tidak memerlukan tanah, hingga sayur- mayur hidroponik tidak perlu pemakaian pestisida buat melindunginya dari serbuan hama serangga.

Jadi, mayoritas produk tumbuhan hidroponik ialah pula organik. Tidak hanya itu, keuntungan menanam secara hidroponik yang lain merupakan:

  • Hanya membutuhkan lebih sedikit air dibanding metode konvensional, sehingga biaya buat air lebih sedikit juga
  • Nutrisi, kelembapan (pH), serta lingkungan sebagai tempat tumbuhnya dapat dikontrol
  • Sayuran berkembang lebih cepat sebab oksigen (dari air) lebih banyak ada di wilayah akar
  • Hasil panen lebih banyak
  • Dapat ditanam di mana saja, tidak memerlukan lahan yang luas buat menanamnya
  • Tidak memerlukan budidaya ataupun penyiangan
  • Rotasi tumbuhan pula tidak diperlukan
  • Beberapa tumbuhan, semacam selada serta stroberi, bisa dikondisikan dengan baik sampai mencapai ketinggian yang lebih baik buat penanaman, budidaya, serta panen.

Apa kekurangan sayur- mayur hidroponik?

Di balik semua kelebihannya itu, pasti tumbuhan hidroponik pula mempunyai beberapa kekurangan.

  • Meski tumbuhan hidroponik mempunyai resiko lebih kecil buat terserang hama, namun tidak menutup kemungkinan tumbuhan hidroponik dapat menghadapi sedikit permasalahan hama.
  • Beberapa penyakit, semacam Fusarium serta Verticillium, bisa menyebar dengan cepat lewat sistem.
  • Keahlian serta pengetahuan dibutuhkan buat menanam tumbuhan hidroponik dengan baik. Tumbuhan hidroponik memerlukan temperatur, kelembapan, serta jumlah sinar yang wajib dikontrol tiap waktu.
  • Memerlukan biaya operasional yang besar dibanding tumbuhan konvensional. Tumbuhan hidroponik membutuhkan kontrol sinar yang memerlukan banyak tenaga serta masih banyak biaya lain yang dipakai buat mengontrol perkembangan tumbuhan hidroponik.

Demikian penjelasan kami tentang Tanaman Sayuran Hidroponik dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read

Kandungan Bayam

Farming
4 min read