Ternak Ayam Potong : Keunggulan, Cara Ternak Dan Vaksin

3 min read

Ternak Ayam Potong

Ternak Ayam Potong : Keunggulan, Cara Ternak Dan Vaksin – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Ternak Ayam Potong. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Ternak Ayam Potong bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Ternak Ayam Potong berikut ini.


Ternak Ayam Potong : Keunggulan, Cara Ternak Dan Vaksin


Adalah bisnis ternak ayam, yang secara khusus cuma diambil dagingnya saja, ataupun biasa disebut dengan ayam boiler. Ayam boiler sendiri awal kali dibudayakan di Indonesia pada ketahui 1950-an serta terkenal semenjak tahun 1980- an.

Saat sebelum ayam boiler sangat populer sebagai hewan ternak yang diambil dagingnya, ayam buras lebih dahulu dijadikan bahan kebutuhan, buat penuhi permintaan daging ayam di Indonesia. Tetapi, ayam buras ataupun ayam kampung, tidak dapat menampung seluruh permintaan pasokan daging ayam, disebabkan penciptaan ternak ayam buras terkategori cukup lama.


Keunggulan Ayam Broiler

Kesempatan bisnis ayam broiler yang menjanjikan pasti tidak lepas dari segudang keunggulan yang dipunyai ayam broiler dibandingkan ayam yang lain. Kemudian, apa saja keunggulan dari ayam broiler?

  • Permintaan Pasar Tinggi

Keunggulan ayam broiler yang pertama merupakan tingginya permintaan pasar. Sebagai salah satu sumber protein hewani, ayam broiler ataupun ayam pedaging memanglah banyak dipilih daripada daging lain. Tidak hanya gampang didapatkan, harga ayam broiler yang terjangkau membuat permintaan pasar akan ayam broiler terkategori besar serta normal.

  • Diperlukan Dalam Skala Besar

Jadi salah satu bahan konsumsi dengan permintaan besar, hingga tidak heran bila ayam broiler diperlukan dalam skala besar. Mulai dari bibit, sampai ayam broiler siap panen memanglah biasa dibeli dalam skala besar. Ayam broiler umumnya dicari oleh para pengusaha kuliner sebagai bahan masakan. Banyaknya alterasi masakan berbahan ayam serta pula jumlah warung ataupun resto di semua daerah membuat kebutuhan hendak ayam broiler pula besar.

  • Perkembangan Cepat

Berbeda dari ayam ras yang lain, ayam broiler terkategori mempunyai perkembangan yang cepat. Dalam umur 4 – 5 minggu saja, ayam broiler telah mencapai bobot 2 kilogram serta siap dipanen.

  • Cash Flow Tinggi

Bukan rahasia lagi kalau perputaran duit ataupun cash flow dalam bisnis ayam broiler tercatat kilat. Perihal ini didukung pula oleh perkembangan serta usia panen ayam broiler yang pendek. Begitu pula kebutuhan pasar dengan skala besar yang normal.

  • Kesempatan Pengembangan Bisnis Besar

Bisnis ayam broiler mempunyai kesempatan besar utuk tumbuh. Permintaan pasar akan daging ayam yang normal, dan perputaran duit serta waktu pemeliharaan yang cepat membuat bisnis ini menjanjikan. Tidak hanya itu, saat ini banyak farm yang sudah tumbuh dalam industri, sehingga gampang dalam mencari mitra bisnis.

  • Indonesia Merupakan Negeri Yang Sesuai Buat Budidaya Ayam Broiler

Ayam broiler merupakan ayam yang sensitif terhadap temperatur serta kelembapan. Sebagai negeri tropis, Indonesia mempunyai suhu yang relatif hangat. Sehingga, perkembangan ayam broiler jadi maksimal.

  • Relatif Gampang Dibudidayakan

Keunggulan lain dari ayam broiler merupakan gampang buat dibudidayakan. Berprinsip penggemukan, peternak lumayan dilihat pemilihan serta pemberian pakan yang pas. Buat menghindari dari penularan penyakit, biosecurity serta pula vaksinasi merata pula butuh dicoba.

Baca Juga:  Bisnis Ayam Potong : Bagaimana, Cara Pemilihan Bibit, Cara Pemeliharaan Dan Masa Panen

Ternak Ayam Potong


Cara Ternak Ayam Broiler

Pasti saja dalam melakukan bisnis yang berkaitan dengan ternak serta makhluk hidup tidak dapat sembarang serta asal – asalan. Kamu wajib tahu gimana cara yang pas ternak ayam potong biar dapat menciptakan keuntungan untuk Kamu. Nah, berikut ini merupakan metode mengawali bisnis ternak ayam broiler biar menghasilkan keuntungan:

  • Memastikan Posisi Kandang

Kandang merupakan perihal penting awal yang wajib Kamu perhatikan. Pemilihan posisi kandang bisa pengaruhi bisnis Kamu ke depannya. Umumnya, jenis kandang yang digunakan buat ternak ayam broiler merupakan jenis panggung serta melantai ataupun litter. Tiap jenis kandang mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing – masing. Kandang jenis panggung misalnya, hendak cenderung lebih bersih sebab kotoran hendak langsung jatuh ke tanah.

  • Pemilihan Bibit

Buat dapat memperoleh ayam potong yang unggul, Kamu pula butuh mencermati bibit yang Kamu beli. Bibit yang unggul umumnya diisyarati dari wujud badan yang bundar, lincah, mata jernih, hidung serta anus bersih, dan bulu – bulunya tidak mempunyai cacat. Pembelian bibit umumnya dicoba per box isi 100 ekor. Kadang – kadang penjual bibit melebihkan dekat 2 – 5 ekor bibit per box- nya.

  • Pakan

Setelah memilih bibit unggul, perhatikan pula pakan yang Kamu bagikan ke ayam yang Kamu ternakkan. Pakan yang bermutu haruslah bisa membagikan lumayan gizi buat ayam. Umumnya, pakan yang bermutu mempunyai isi zat karbohidrat, protein, lemak, vit, serta mineral di dalamnya. Pemberian pakan buat ayam potong tidak boleh dibatasi. Kamu wajib selalu membagikan makan kepada ayam tiap pagi serta sore.

  • Melakukanpemeliharaan

Tidak cuma soal pakan, dalam melakukan budidaya ternak ayam pedaging, kalian pula wajib melakukan pemeliharaan. Tidak didiamkan begitu saja, sampai ayam besar dengan sendiri, dibalik ayam pedaging yang sehat serta bermutu, nyatanya terdapat sebagian rangkaian proses yang di jalani, di antara lain merupakan bagaikan berikut:

    • Di 7 hari awal, bibit ayam pedaging unggul yang telah diseleksi wajib dimasukan ke inkubator, ataupun dapat pula dengan metode indukkan.
    • Sehabis itu, bagikan pakan serta minum air hangat.
    • Kemudian pada minggu kedua, temperatur inkubator dapat sedikit dikurangi, serta buat tipe pakan masih selalu memakai tipe crumbles.
    • Di minggu ke 3, bibit ayam pedaging tidak lagi memerlukan pemanas.
    • Di minggu ke 4, bulu – bulu ayam hendak mulai nampak berkembang. Di dikala itu pula kebutuhan pakan akan meningkat 2 kali lipat.
    • Pada minggu ke 5, kalian telah wajib melaksanakan pembersihan kandang secara teratur, sebab ayam- ayam tadi telah menciptakan kotoran yang lumayan banyak.
  • Panen

Dalam proses ini, kalian dapat melakukannya dengan metode yang sistematik, dimana penangkapan ayam pedaging yang siap panen dicoba secara bertahap. Alasannya, bila kalian menangkap seluruh ayam secara bertepatan, ayam ditakutkan hendak lemas. Jauhi pula menumpukkan ayam yang dipanen di sudut kandang, sebab ditakutkan terdapat ayam yang mati. Buat lebih jelasnya, berikut metode menangkap ayam yang benar :

  • Pegang kaki ayam secara lama – lama, kemudian pegang bagian dada serta angkat ke atas.
  • Jauhi menangkap ayam dengan menarik salah satu sayap ayam, sebab perihal tersebut akan membuat ayam jadi berontak.
  • Setelah itu, ikat kedua kaki ayam seusai ditangkap.
  • Jangan lupa catat bobot ayam kala dia masih hidup. Sebab ayam pedaging hendak dijual per bobot kala dia hidup.
Baca Juga:  Panduan Cara Menanam Bunga Cempaka Dengan Benar

Berartinya Vaksin buat Ayam Potong

Peternak pendatang baru yang mau menggeluti ternak ayam potong jangan lupa memberikan vaksin. Vaksin digunakan untuk penangkalan biar ayam broiler tidak gampang terserang penyakit. Terdapat sebagian penyakit yang tidak dapat dipulihkan tetapi dapat dicegah dengan memakai vaksin ini.

Vaksin ayam broiler wajib lengkap serta diberikan secara bertahap. Agar menjadi banyak ayam broiler yang hidup hingga terus menjadi banyak ayam yang dapat dipanen serta dijadikan pendapatan untuk peternak. Demikian penjelasan kami tentang Ternak Ayam Potong : Keunggulan, Cara Ternak Dan Vaksin dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Menanam Bambu

Farming
2 min read

Bonsai Pucuk Merah

Farming
4 min read

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read