Ternak Bebek Petelur : Langkah, Proses, Panen Dan Pengelolaan

3 min read

Ternak Bebek Petelur : Langkah, Proses, Panen Dan Pengelolaan

Ternak Bebek Petelur : Langkah, Proses, Panen Dan Pengelolaan – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Ternak Bebek Petelur. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Ternak Bebek Petelur bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Ternak Bebek Petelur berikut ini.


Ternak Bebek Petelur : Langkah, Proses, Panen Dan Pengelolaan


Beternak bebek mempunyai kelebihan dibanding dengan ayam sebab bebek lebih mempunyai energi tahan badan yang bagus. Tidak hanya mempunyai energi tahan tubuh yang bagus, cara pemeliharaan ataupun cara menernak bebek pula lumayan gampang.

Apabila Kamu tertarik buat beternak bebek hendaknya wajib membuat perencanaan yang matang. Kamu pula wajib menganalisa apa saja yang wajib diperlukan, berapa modalnya serta apa saja resikonya. Terdapat 2 macam beternak bebek ialah beternak dengan menggunakan telur serta beternak dengan menggunakan dagingnya.

Dalam beternak bebek petelur, kita butuh melakukan analisa terlebih dulu buat mengenali seberapa banyak modal yang butuh kita persiapkan.

Dengan begitu, peternak pendatang baru hendak memperoleh panutan tentang ternak bebek petelur serta apa saja yang perlu dipersiapkan.


Langkah – langkah Beternak Bebek

Persiapkan Tempat Budidaya Bebek

Tempat budidaya bebek ialah perihal awal yang wajib kalian siapkan! Karena kandang merupakan kebutuhan penting untuk bebek, sebagaimana kita memerlukan rumah. Untuk urusan kandang bebek, kalian perlu mencermati perihal berikut ini :

  • Kandang hendaknya selalu dibersihkan dari kotoran serta dibuat senyaman mungkin
  • Untuk bebek petelur, upayakan kendang selalu dalam keadaan kering
  • Bilik utama kendang wajib sedikit tertutup supaya bebek tidak sampai memandang fauna lain yang dapat membuat mereka gelisah
  • Kelembapan udara sampai 60% serta hendaknya terletak pada angka 35 sampai 40 derajat celsius
  • Mempunyai tempat makan serta tempat minum yang bersih
  • Kandang memiliki pencahayaan yang cukup
  • Bebek tidak sempit – sempitan saat di dalam kandang, dengan ukuran sempurna: 1m2 dihuni 2 ekor bebek
  • Ada ruang yang lumayan untuk kalian saat hendak mengambil bebek ataupun telurnya
  • Besar kandang pula hendaknya jadi bahan pertimbangan untuk kalian supaya tidak kesulitan saat mengurus bebek
Baca Juga:  Kompos : Pengertian, Jenis, Isi, Ciri, Manfaat Dan Metode Aplikasi

Sebagian poin diatas hendaknya dapat kalian terapkan dikala mempersiapkan kendang bebek, karena hal ini tidak cuma akan baik untuk ternak, namun pula dapat memudahkan pekerjaanmu. Kandang yang sempurna pula pastinya akan terus menjadi menaikkan tingkatan produktivitas kalian.


Proses Pembibitan

Tahap berikutnya yakni mempersiapkan bibit dari bebek yang hendak kalian usahakan nantinya. Dalam tahap ini, kalian bisa memilih jenis bebek mana yang mau kalian budidayakan, baik itu bebek petelur ataupun juga bebek pedaging.

Bila memilih bebek petelur, maka kalian bertujuan buat memanen telurnya saja, sebaliknya bebek pedaging ialah bebek yang nantinya kalian hendak mengambil dagingnya.

Perihal yang perlu kalian siapkan terlebih dulu yakni modal buat membeli bibit bebek. Kalian dapat saja memilih bebek yang masih kecil ataupun juga bebek yang telah siap buat bertelur, sesuai dengan keinginanmu.

Tetapi perihal terutama yang wajib kalian perhatikan yakni mutu dari bebek tersebut. Walaupun bibit unggul yang bermutu umumnya dijual lebih mahal, tetapi perihal ini hendak sangat pengaruhi usahamu nantinya.

Bila saat ini kalian memilah buat membeli bibit unggul, hingga kalian dapat menciptakan bebek yang unggul pula nantinya. Sebaliknya bila kalian memilah bibit yang biasa, hingga nanti kalian wajib membeli lagi bila mau bebek yang unggul.

Nah, dalam menghasilkan modal jangan kurang ingat mencatat serta menganggarkannya dengan baik. Tidak hanya itu, kalian pula wajib dapat membedakan duit individu serta duit bisnis biar keuanganmu jelas serta terkelola dengan baik.

Ternak Bebek Petelur : Langkah, Proses, Panen Dan Pengelolaan


Pakan Dan Perawatan

Saat sebelum merambah masa panen, perawatan yang teratur dibutuhkan hingga umur bebek mencapai usia siap bertelur. Perawatan tersebut meliputi pemberian pakan tiap hari, pembersihan kandang, pemberian vaksin.

Untuk dapat menciptakan telur yang bermutu, bebek petelur butuh diberikan pakan yang cocok. Pakan tersebut wajib memiliki besar protein, tenaga, serta mineral.

Baca Juga:  √ Peluang Dalam Usaha Agrobisnis Rumahan yang Menguntungkan

Beberapa peternak lebih memilih buat meracik sendiri pakannya dari biji – bijian, serta sayur – mayur yang setelah  dicampur dengan konsentrat pabrikan. Harga konsentrat bebek petelur 2019 berkisar Rp 600ribuan per-50 kilogramnya.

Tidak hanya pakan, jangan lupa pula buat mengecek temperatur kandang tiap saat. Yakinkan suhunya terletak di kisaran 27 hingga 30 derajat celcius. Jika sangat panas ataupun sangat dingin, bebek akan rentan terhadap penyakit serta berisiko hadapi kematian.


Panen telur

Pada umumnya, bebek dapat menghasilkan telur pada umur 5 bulan hingga 7 bulan. Tetapi di masa awal – awal usia produktif, jumlah telur yang dihasilkan masih belum normal.

Dari 100 ekor yang dipunyai, bisa jadi cuma 30 hingga 50 telur yang didapat. Lama kelamaan, telur yang dihasilkan dapat bertambah misal 70 – 80 telur per-hari. Tetapi sayangnya, saat umur bebek tiba angka 12 bulan ke atas, produktivitasnya hendak menyusut.

Kalian dapat mengambil telur – telur tersebut tiap harinya jam 6 pagi. Setelah telur terkumpul, kalian dapat menimbangnya deh, berapa yang didapat, serta setelah itu dijual ke pasar ataupun warung kelontong. Harga telur bebek perbutirnya berkisar antara Rp 2.500 – Rp 3.000.


Pengelolaan Ternak Bebek Petelur

Tidak hanya poi n- poin diatas, tata cara pula tercatat perihal yang butuh dipersiapkan serta dipikirkan. Hal itu perlu dicoba supaya tidak terjadi kesalahan dalam menjaga serta mengelola ternak bebek petelur.

Sistem ataupun tata cara dalam pengelolaan ialah salah satu perihal yang perlu dicermati. Kala melakukan bisnis ternak bebek petelur, terdapat 2 sistem yang cukup diketahui ialah sistem basah serta sistem kering.

Perihal tersebut dikatakan penting, sebab kedua sistem tersebut mempunyai cara pengelolaan yang berbeda serta pastinya hendak memberikan hasil yang berbeda.

Demikian penjelasan kami tentang Ternak Bebek Petelur dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.