Ternak Entok : Tips, Mempersiapkan, Melindungi Dan Bertelur
Ternak Entok : Tips, Mempersiapkan, Melindungi Dan Bertelur

Ternak Entok : Tips, Mempersiapkan, Melindungi Dan Bertelur

Diposting pada

Ternak Entok : Tips, Mempersiapkan, Melindungi Dan Bertelur – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Ternak Entok. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Ternak Entok bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Ternak Entok berikut ini.


Ternak Entok : Tips, Mempersiapkan, Melindungi Dan Bertelur


Ternak entok jadi salah satu opsi warga dalam memilih hewan ternak. Alasannya jenis unggas yang terdapat di indonesia ini telah lumayan sering di dengar di Masyarakat.

Walaupun entok tidak terpopuler dengan jenis unggas yang lain semacam bebek. Entok mempunyai karakteristik dengan bentuk badan yang lebih besar serta lebih tinggi dibanding dengan bebek.

Sehingga telah ditentukan kalau entok lebih banyak menciptakan daging dibanding bebek. Daging entok mempunyai banyak isi lemak, sehingga jumlah konsumsinya dibatasi.


Tips Ternak Entok

Cara melakukan ternak entok yang baik, Kamu perlu mengenali panduannya supaya entok cepat besar, berikut ini ialah tipsnya :

Mempersiapkan Kandang

Mempersiapkan kandang yang baik, jadi langkah awal buat melakukan ternak entok. Terdapat beberapa kriteria dalam pembuatan kandang supaya entok tersebut aman, seperti berikut :

Untuk menjauhi bau yang menusuk, maka baiknya posisi kandang jarak 10 hingga 20 m dari rumah. Buatlah ukuran kandang yang cocok dengan berapa banyak entok yang hendak dibudidayakan.

Jika banyak entok yang akan dipelihara, maka kandang wajib luas. Jangan lupa berikan naungan dan posisi pemberian makanan Entok serta buatkan pemisah dengan kubangan air.

Kubangan tersebut diperuntukan buat tempat bermain serta sangai entok. Buatlah saluran air supaya tidak terdapat perihal yang memunculkan bau tidak nikmat.

Memilih Anakan Unggulan

Untuk ternak entok, Kamu dapat memilih anakan entok yang unggul. Walaupun resiko kegagalan lumayan rentan disebabkan budidaya dari anakan, tetapi bila sukses, hasil yang didapat sangat besar.

Baca Juga:  √ Panduan Cara Budidaya Terong Ungu Agar Cepat Berbuah

Oleh karena itu, Kamu wajib memilih anak entok yang unggul dengan kriteria sebagai berikut:

  • Keadaan anak entok tersebut wajib lincah, aktif, dan sehat serta dilihat dari asal – usul induknya pula.
  • Usia yang sempurna buat dibudidayakan dekat 6 – 7 bulan sehabis menetas, ataupun dilihat dari berat bobot yang minimun 100 – 200 gr.
  • Pengangkutan anak entok ke dalam kandang wajib berjaga – jaga supaya anak entok tersebut tidak jadi stress.

Persiapan Pakan Entok

Perihal penting dalam budidaya entok ialah pasti mempersiapkan pakan ataupun makanan semacam cara budidaya burung lovebird.

Tahukah kamu tiap tahapan pertumbuhan jenis pakan yang diberikan pula wajib berbeda. Perihal pasti berkaitan dengan perkembangan serta pertumbuhan entok supaya berlangsung lebih maksimal. Jenis pakan yang diberikan wajib perhatian perihal berikut :

  • Pakan Anakan Usia 1 – 14 Hari

Pada fase ini anakan entok umumnya memerlukan nutrisi dalam wujud protein, Posfor, Kalsium, Tenaga serta Vit.

Pakan yang diberikan pula wajib sesuai dengan jatah setiap hari anakan yang pastinya masih sangat kecil. Pakan yang sesuai diberikan ialah pelet ataupun konsentrat startet.

Makanan ini ialah santapan terbaik anakan entok usia 1 – 14 hari yang hendak mengoptimalkan perkembangan serta perkembangannya.

  • Pakan Anakan Usia 15 – 35 Hari

Pada usia 15 – 35 hari kebutuhan pakan anakan entok pula hendak turut bertambah bersamaan dengan bertambahnya umur.

Pada tahapan ini anak entok hendak lebih memerlukan tenaga buat tingkatkan bobot badannya.

Pastinya pakan yang sangat tepat diberikan ialah konsentrat yang dicampur dengan dedak halus ataupun bekatul, ampas ketahui, biji jagung ataupun pula umbi – umbian seperti ketela serta ubi mantang.

  • Pakan Anakan Usia 36 – 60 Hari

Ukuran badan anakan entok hendak terus menjadi besar, pastinya pada umur 36 – 60 hari ini kebutuhan anak entok lebih kepada kebutuhan akan mineral serta vit.

Oleh karena itu, sebagian peternak bisa membagikan pakan yang dicampur dengan ikan runcah, bekatul, menir, keong, ampas ketahui, nasi aking ataupun eceng gondok.

Baca Juga:  Manfaat Buah Pir, Jenis dan Cara Menanamnya Dalam Pot

Ternak Entok : Tips, Mempersiapkan, Melindungi Dan Bertelur


Pemberian Vit serta Vaksinasi

Bukan cuma manusia yang memerlukan vaksinasi, entok ataupun jenis unggas yang lain pula memerlukan vaksinasi supaya kebal terhadap serbuan penyakit yang disebabkan oleh virus sebagaimana cara menanggulangi hama codot.

Vaksinasi umumnya bisa dicoba sendiri, ataupun pula dengan bantuan tenaga handal. Nyatanya jangan sembarangan membagikan vaksin bila kamu tidak paham cara pemberiannya.

Tidak hanya vaksinasi vit pula butuh diberikan, pemberian vit dilakukam buat memesatkan proses entok bertelur.

Melindungi Keadaan Lingkungan

Entok pedaging pula memerlukan keadaan lingkungan yang baik, sama semacam cara budidaya ayam petelur.

Dimana lingkungan tempat beternak entok haruslah kondusif serta bersih bebas dari bermacam – macam jenis hama serta penyakit. Apalagi kamu dapat menterakan suatu kolam supaya entok dapat lebih santai serta tidak stress.

Pengendalian penyakit

Seperti yang dipaparkan pada poin sebelumnya kalau terdapat beberapa jenis penyakit yang mungkin dapat melanda entok kamu.

Maka perihal utama dalam pengendalian penyakit ialah memberikan vaksinasi, pemberian vit ataupun obat serta pula memberikan fokus paling utama pada sanitasi kandang serta perputaran air ataupun udara di dalam kandang.

Kamu wajib secara teratur melakukan pembersihan kandang serta pula wajib melakukan pengecekan terhadap entok tersebut.

Siapa tau terdapat salah satu dari entok yang lagi terkena penyakit musiman semacam flu, maka pisahkan dengan entok sehat yang yang lain supaya tidak terjalin penularan beruntun.


Mempersiapkan Supaya Entok Bertelur

Untuk memesatkan proses anak entok yang baik, maka dibutuhkan kesiapan serta intensitas dalam menjaga serta berikan pakan entok.

Berikan pakan ternak entok yang memiliki protein supaya dapat menciptakan telur yang berkualitas.

Demikian penjelasan kami tentang Ternak Entok dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.