Cara Ternak Ikan Mas

2 min read

Cara Ternak Ikan Mas

Cara Ternak Ikan Mas – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Ternak Ikan Mas.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Ternak Ikan Mas bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Ternak Ikan Mas berikut ini.


Cara Ternak Ikan Mas


Ikan mas (Cyprinus carpio) dihadirkan ke Indonesia dari Eropa serta Cina. Menurut catatan sejarah, sejak tahun 1860 warga Ciamis, Jawa Barat.

Telah memahami metode membenihkan ikan mas dengan dukungan kakaban. Suatu perlengkapan yang dibuat dari ijuk buat meletakkan telur hasil pembuahan.

Budidaya ikan mas idealnya dilakukan pada ketinggian 150-1000 mdpl. Temperatur sempurna buat perkembangan ikan mas terletak pada rentang 20-25oC dengan pH air berkisar 7-8.

Dewasa ini, usaha budidaya ikan mas dibagi dalam 2 segmen, ialah usaha pembenihan serta pembesaran. Usaha pembenihan menciptakan bibit ikan buat dibesarkan lebih lanjut.

Pangsa pasar usaha pembenihan merupakan petani ikan yang menekuni usaha pembesaran. Sebaliknya usaha pembesaran meproduksi ikan ukuran konsumsi, pangsa pasarnya konsumen akhir.


Pembenihan ikan mas

Buat mengawali usaha budidaya ikan mas, perihal awal yang wajib disiapkan merupakan memilih bibit ataupun calon indukan.

Calon indukan ini diusahakan wajib dari generasi yang mempunyai sifat unggul. Sehingga menciptakan benih yang mempunyai produktivitas tinggi.

Calon indukan ikan mas dipelihara dalam kolam pembibitan, dipisahkan antara indukan jantan serta betina. Pembelahan dilakukan sampai kedua indukan siap memijah.

Proses pemijahan ataupun pernikahan ikan mas dilakukan di kolam khusus. Kolam tersebut wajib dilengkapi dengan kakaban, tempat buat melekatkan telur hasil pembuahan.

Baca Juga:  Azolla : Pengertian, Mengenal, Manfaat, Budidaya Dan Panen azolla

Siapkan Kolam

Dalam bisnis budidaya ternak ikan mas, tentu saja kalian wajib memikirkan ketersediaan lahan buat dibuka sebagai kolam ikan.Jenis kolam ikan sendiri ada 3, ialah kolam tanah, kolam semen, serta kolam terpal.

Kolam yang termudah dibuat merupakan kolam terpal. Karena, kalian tidak perlu menggali tanah ataupun membangun kolam dengan bahan baku semen.

Cukup membuat kerangka kolam dari kawat besi, setelah itu membentuk kolam dengan terpal.

Tidak hanya itu, terpal serta kawat besi dapat dijadikan inventaris yang nantinya selalu dapat dipakai buat kebutuhan lain, bila kalian memilih menyudahi melakukan budidaya ternak ikan mas.

Biaya membuat kolam terpal juga lebih murah dibandingkan yang lain. Ada yang perlu dicermati.

Saat sebelum memasukkan ikan ke kolam, bilas dahulu terpal hingga bau plastik lenyap. Kalian pula dapat menggosokkan dedaunan buat mempercepat proses timbulnya plankton di dalam air.

Sehabis itu, isi kolam dengan air serta diamkan selama 2 ataupun 3 hari. Dianjurkan, area kolam terletak di ketinggian antara 150–600 m di atas permukaan laut.

Dengan temperatur air kolam 20–25 derajat Celcius, serta kandungan pH air kolam hampir 7 sampai 8. Was-was pula pencemaran terhadap sumber air dari wilayah rawan banjir.

Cara Ternak Ikan Mas


Pemeliharaannya

Sehabis benih ikan mas tersebar, proses pemeliharaan wajib dilakukan. Berikan pakan yang dicampur dengan prebiotik (dikenal di toko pertanian dengan nama EM-4 perikanan) serta vit ikan pada pagi serta sore hari.

Banyaknya pemberian pakan ini membiasakan dengan ukuran ikan mas, dekat 3–5% dari berat ikan mas dikala itu.

Kualitas air kolam pula wajib dicermati. Air yang kotor membuat ikan mas terkena penyakit serta berujung kerugian pada bisnis budidaya ternak ikan mas.

Baca Juga:  Ayam Buras, Jenis dan Sistem Pemeliharaannya

Pasokan oksigen serta arus air di kolam pula wajib di jaga, Konsisten selama proses budidaya ternak ikan mas berlangsung.

    • Pemantauan Kesehatan Ikan Mas

Hama ikan mas terdiri dari pemangsa ikan, musuh yang melanda ikan, serta pengganggu ataupun ikan berpenyakit (diakibatkan sebab parasit, virus, kuman, ataupun jamur) yang menularkan penyakitnya pada ikan lain.

Kalian wajib memantau kesehatan ikan dengan melaksanakan pengecekan teratur.


Panen Ikan Mas

Buat mencpai hasil panen yang optimal tentu langkah yang dilakukan dalam mencapai hasil bobot ikan mas berkisar 400gr.

Umumnya dalam mencapai pembesaran serta hasil ikan mas yang optimal pasti ukuran yang besar serta beratnya mempengaruhi hasil penjualan dan kemauan pasar secara umum.

Sehingga buat memperoleh hasil yang optimal, diperlukan waktu 2 hingga 3 bulan buat mendapatkan bobot ikan mas siap konsumsi serta mempunyai nilai jual yang bagus.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Ternak Ikan Mas dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.