Ternak Kambing : Petunjuk, Persiapan, Pakan, Merawat Serta Panen
Ternak Kambing : Petunjuk, Persiapan, Pakan, Merawat Serta Panen

Ternak Kambing : Petunjuk, Persiapan, Pakan, Merawat Serta Panen

Diposting pada

Ternak Kambing : Petunjuk, Persiapan, Pakan, Merawat Serta Panen – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Ternak Kambing.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Ternak Kambing bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Ternak Kambing berikut ini.


Ternak Kambing : Petunjuk, Persiapan, Pakan, Merawat Serta Panen


Peternakan kambing adalah salah satu bidang produksi yang dibutuhkan oleh pasar kuliner dan industri makanan untuk memasok bahan makanan olahan.

Kambing adalah salah satu dari banyak jenis ternak yang menguntungkan untuk bisnis. Dagingnya disukai oleh berbagai kelompok, bahkan dari tingkat lokal hingga internasional.

Sebenarnya beternak kambing sudah menjadi kegiatan publik yang dilakukan oleh masyarakat, terutama di masyarakat pedesaan.

Kambing Jawa adalah salah satu ternak kambing yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat pedesaan. Namun, mereka melakukannya hanya sebagai bisnis sampingan.


Petunjuk Beternak Kambing

Siapkan Kandang

Sebelum Anda menjadi peternak kambing, tentu saja, yang harus Anda persiapkan adalah kandang kambing.

Kandang yang digunakan juga harus sesuai dengan keadaan kambing yang akan di ternak. Kandang juga merupakan faktor utama dalam membuat kambing menjadi gemuk dan berkembang biak.

Kandang harus bersih, terkena sinar matahari yang cukup dan jarak kandang dari rumah sejauh 5 meter. Ini dilakukan agar kambing tidak stres karena interaksi yang berlebihan jika terlalu dekat dengan rumah.

  • Ukuran kandang yang ideal
    • Ukuran untuk satu orang tua dan dua anak: 120 cm x 120 cm / ekor
    • Kambing hamil atau tidak: 100 cm x 125 cm / kepala
    • Kambing jantan: 110 cm x 125 cm / ekor
    • Domba siap dipotong: 100 cm x 125 cm / ekor
Baca Juga:  Budidaya Melon, Panduan Cara Menanam Hasil Maksimal

Pemilihan Benih Kambing

Pilihan bibit kambing juga disesuaikan dengan tujuan ternak kambing. Misalnya untuk memotong kambing maka pilihlah kacang kambing.

Karena kambing ini mudah berkembang biak dan gemuk sehingga menghasilkan banyak daging. Selain itu, jika tujuannya adalah untuk susu, biji kambing yang dipilih adalah kambing etawa.

Ternak Kambing : Petunjuk, Persiapan, Pakan, Merawat Serta Panen


Memberi Pakan Kambing

Pakan kambing bisa dalam bentuk rumput atau tanaman hijau dan pakan tambahan yang mendukung lemak kambing cepat dan juga berkembang biak dengan baik.

Makan kambing harus 2 kali sehari, di pagi dan sore hari. Selanjutnya, untuk pakan tambahan diberikan 3 kg setiap hari.

Merawat Kambing

Perawatan ternak diperlukan untuk memastikan keberhasilan upaya penggemukan kambing modern.

Ini sedikit berbeda dari ternak tradisional yang pemeliharaan ternaknya kurang diperhatikan. Perawatan ternak dapat berupa pencukuran bulu, pemotongan kuku, dan perawatan lainnya.

Memandikan Kambing

Mandi kambing minimal 2 kali setahun. Ternak yang kotor karena tidak pernah dimandikan lebih rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Tujuan memandikan ternak atau memotong kukunya adalah agar penyakit yang berasal dari parasit dan jamur yang bersarang di kuku atau bulunya dapat dicegah/diberantas.

Selain itu, ternak yang terlihat bersih akan terlihat lebih sehat dan lebih menarik, sehingga mereka memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Penambahan Suplemen Ternak Kambing

Cara ternak kambing yang paling penting dan harus diperhatikan adalah penambahan suplemen organik cair. Suplemen untuk kambing harus aman dan tidak menimbulkan efek samping jangka panjang.

Fungsi suplemen ini adalah untuk meningkatkan kekebalan hewan sehingga tidak rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur berbahaya. Dengan begitu, kematian ternak juga bisa diminimalisir.

Baca Juga:  √ Cara Budidaya Pisang Agar Subur dan Berbuah Banyak

Selain itu, suplemen juga berfungsi sebagai stimulan dalam mempercepat pertumbuhan ternak, sehingga penggemukan sapi bisa lebih menguntungkan.


Panen

Setelah melalui beberapa waktu dan kambing siap dipanen. Untuk kambing, kambing berusia 1-1,5 tahun. Dan untuk kambing perah ketika kambing telah menghasilkan susu.

Selain daging kambing untuk dipotong, dan susu kambing untuk pemerahan, peternak kambing juga memiliki kelebihan lain, yaitu kotoran kambing dapat digunakan untuk kompos.

Sehingga pemasukan dari kambing bisa dilibatkan dua kali lipat.

Demikian penjelasan kami tentang Ternak Kambing dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.