Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Secara Sederhana

2 min read

Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Secara Sederhana

Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Secara Sederhana – Bagi Anda yang ingin menjadikan rumah sehat dan nyaman ditempati. Rumah yang sehat adalah rumah yang dapat memberikan kenyamanan dan terdapat beraneka ragam tanaman yang dapat memberikan kesan sejuk.

Dengan begitu, peran dari pada adanya tanaman sangat penting terlebih lagi saat mempertimbangkan untuk cara membuat taman kecil di depan rumah dengan secara sederhana.

Walaupun luas lahan Anda terbatas, Anda dapat menerapkan berbagai cara untuk membuat taman kecil di depan rumah agar dpat menciptakan tempat tinggal yang sehat dan menyejukan. Berikut ini Kebun akan membagikan beberapa cara membuat taman kecil di depan rumah yang mudah dan sederhana.

Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Secara Sederhana

Untuk menawali dalam membuat taman kecil di depan rumah, Anda dapat merencanakan dan memilih desain taman terlebih dahulu. Anda dapat membuat taman di depan rumah dengan meyesuaikan fungsi taman yang akan dibangaun. Diperuntukan untuk kebun bunga, sayur atau taman mini untuk bumbu dapur.

Disamping itu, sesuaikan juga dengan ukuran lahan yang terdapat pada rumah Anda yang idealnya terpisah dengan jalur akses penghuni rumah. Hal ini agar meminimalisir kerusakan atau dengan membuatjalur khusus untuk pijakan kaki supaya dalam membuat taman keci di depan rumah dapat lebih optimal dilakukan.

Pilih Lokasi Terbaik untuk Pembuatan Taman

Menentukan titik lokasu pada halaman rumah bisa menjadi cunci kesuksesan Anda dalam merawat tanaman. Karena, hampir setiap jenis tanaman membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung agar dapat tumbuh secara optimal.

Baca Juga:  Masalah Penyakit Bercak Daun pada Tanaman

Oleh sebab itu, cara membuat taman keci di depan rumah ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan titik lokasi yang terkena paparan sinar matahari langsung. Bila tidak menemukan titik ideal untuk difungsikan sebagai taman.

Anda dapat memilih area tertentu yang terkena paparan sinar matahari dan berdekatan dengan sumber air. Saat menerapkan cara ini, Anda pastikan juga bahwa area itu dapat diakses dengan mudah dalam efisiensi perawatan taman.

Dengan mempertimbangkan lokasi untuk ditanam tanaman yang akan dipilih. Anda juga harus menyesuaikan dengan luas tanah yang akan dijadikan taman.

Persiapan Lahan untuk Taman

Untuk cara membuat taman di depan rumah berikutnya yaitu proses persiapan lahan yang akan Anda pakai untuk menanam tumbuhan. Dalam melakukan cara membuat taman keci di depan rumah, Anda dapat membersihkan ilalang atau sampah pada area yang akan digunakan untuk taman dari. Kemudian gemburkan atau lebutkan tanah dengan memakai pacul atau sekop kecil.

Buatlah persiapan lahan dengan menggunakan pot atau media lainnya. Anda juga dapat menggunakan lahan terbatas yang ada pada rumah Anda. Kondisikan media tanam dan tanaman yang akan ditanam pada media tersebut.

Maksimalkan Kualitas Tanah

Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Secara Sederhana

Tidak semua jenis tanah yang bisa digunakan secara maksimal dalam melakukan penanaman. Pada cara membuat taman ini, Anda dapat menambahkan nutris atau unsur hara pada tanah dengan menggunakan pupuk organik yang terbuat dari kotoran hewan, daun yang membusuk atau dan sisa buah.

Untuk proses ini, Anda pastikan dalam pemberian pupuk dilakukan dengan secara merata serta lakukan pencangkulan pada tanah supaya oksigen dan air bisa terserap dengan mudah oleh akar.

Pilih Tanaman untuk Taman

Bila tanah pada halaman rumah Anda telah siap, maka saatnya kita ke tahap selanjutnya yaitu membuat taman kecil di depan rumah dengan memilih beberapa jenis tanaman yang akan Anda rawat.

Baca Juga:  Media Tanam Bunga Mawar

Untuk peroses ini, Anda dapat memilih tanaman apa aja yang cocok dengan kondisi cuaca dan iklim pada lingkungan dan sesuaikan ukuran dan dimensi tanaman dengan luas taman. Beberapa tanaman yang telah jadi langganan di taruh pada taman kecil adalah bunga sepatu, sri rejeki dan bunga kertas.

Anda juga perlu tahu, terdapat beberapa bibit yang dapat langsung Anda tanam ke dalam tanah, namun terdapat juga bibit yang hanya bisa ditumbuhkan secara terpisah menggunakan media pot atau lainnya. Oleh karena itulah, Anda pastikan mempelajari karakter dari tanaman yang akan Anda rawat agar cara membuat taman kecil di depan rumah idapat dilakukan dengan baik.

Rawat Tanaman Secara Rutin

Tentu saja, dalam membuat taman kecil di depan rumah ini tidak hanya berhenti sampai penanaman bibit saja. Selanjutnya Anda harus konsisten untuk melakukan perawatan semisal menyiram tanaman, memberikan pupuk, membersihkan gulma dan tanaman liar dan membersihkan hama.

Dengan melakukan cara ini, Anda dapat membuat area depan rumah yang luasnya terbatas menjadi sebuah taman indah yang bisa membuat kesan asri dan sejuk.

Demikian penjelasan mengenai Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Secara Sederhana, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.