Manfaat Buah Tomat yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Tomat yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Buah Tomat yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Buah Tomat. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan berbagai macam manfaat buah tomat yng sangat baik bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai manfaat buh tomat berikut ini.

Manfaat Buah Tomat yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah Anda tergolong dari penggemar buah tomat? Bila iya, Anda termasuk salah satu orang yang beruntung. Sebab, buah ini memiliki kaya akan kandungan giji yang melimpah dan tentunya sangat berdampak positif bagi kesehatan. Apa saja kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan dari buah tomat? Lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Kandungan gizi pada tomat

Pada tiap 100 gr tomat, Anda dapat menemukan berbagai unsur kandungan nutrisi yang menyehatkn bagi tubuh, antara lain yaitu:

Air 93 gram, Energi 24 kalori, Protein 2 gram, Lemak 0.7 gram, Karbohidrat 3.3 gram, Serat 1.8 gram, Kalsium 5 mg, Fosfor 27 mg, Zat besi 0.5 mg, Natrium 10 mg, Kalium 210 mg, Tembaga 0.07 gram, Seng 0.2 mg, Beta-Karoten 384 mcg, Karoten total 320 mcg, Thiamin ( Vitamin B1) 0.07 mg, Riboflavin ( Vitamin B2) 0.04 mg, Niasin 0.7 mg, Vitamin C 30 mg

Manfaat tomat bagi kesehatan

Manfaat Buah Tomat yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan Anda mengkonsumsi buah tomat, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat bagi kesehtan seperti berikut ini:

Menjaga kesehatan jantung

Pada suatu penelitian dalam European Journal of Public health menyebutkan bahwa kandungan beta karoten dan likopen dalam tubuh bisa mempengaruhi resiko Anda terhadap serangan jantung. Semakin rendah kadar beta kkaroten dan likopen, maka semakin tinggi resiko Anda mengalami serangan jantung.

Sebab itulah, dengan mengkonsumsi buah tomat yng kaya akan beta karoten dan likopen bisa memberikan manfaat untuk menekan resiko mengalami salah satu penyakit jantung. Tidak hanya itu saja, kandungan likopen juga sangat berkhasiaat dalam menunrunkn kdar kolesterol jahat yang mana menjadi salah satu factor resiko dari penyakit jantung.

Bahkan kandungan likopen yang terdapat pada buah tomat dapat memberikn efek perlindungn terhadap lapisan dalam pembuluh darah. Hal ini membuat berpotensi dalam menurunkn resiko terjadinya pembekuan darah.

Baca Juga:  Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Mencegah kanker

Selain buh jeruk, ternyata buah tomat tergolong salah satu buah terbaik yang memiliki sumber vitamin C dan antioksidan. Kandungan nutrisi yang melimpah terdpat pada buah tomat ini dapat memberikan manfaat dalam melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

Tidak hanya itu saja, kandungan beta karoten dalam tomat juga bermanfaat dalam mencegah pembentukan tumor pada penderita kanker prostat. Hal ini sudah terbukti melalui penelitian pada tahun 2016 dlam jurnal berjudul Molecular Cancer Research.

Belum lagi terdpat kandungn likopen yang ada pada tomat yang memiliki manfaat lebih dari sekedar memberi warna merah pada buah ini. Likopen tergolong salah satu jenis polifenol yang bisa membantu pencegahan terhadap kanker prostat. Walupun demikian para ahli masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut dalam membuktikan manfaat itu.

Mengatasi diabetes

Salah satu manfaat yang dari buah tomat lainny yaitu dpat membantu mengatasi penyakit diabetes. Hal ini dibuktikan pada sebuah penelitian tahun 2017 yang menyatakan bahwa psien diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan kaya serat mengalami penurunan kadar gula dalam tubuh.

Sementara itu pasien diabetes tipe 2 juga mengalami penurunn pada kadar gula sampai kadar gula lemak dalam tubuh. Karean itulah, tidak heran bila buah tomat bis membantu mengatasi penyakit diabetes, sebab dalam secangkir bauh tomat terdpat 2 gr serat.

Bahkan, The American Diabetes Association menganjurkan untuk menkonsumsi 25 gr serat tiap harinya bagi wanita dan 38 gr serat tiap harinya bagi pria bila ingin mengatasi penyakit diabetes ini.

Melancarkan pencernaan

Bila Anda sedang mengalami susah buang air besar tau sembelit, mengkonsumsi buah tomat mungkin bisa membantu dalam mengatasi kondisi itu. Pasalnya, kandungan serat dan air dalam tomat bisa membantu melancarkan pergerakan usus dan membuat buang air besar menjadi lancar.

Selain itu jugam serat bisa membuat kotoran yang terdapat pada usus terdorong keluar yang membantu mengurangi sembelit atau kontipasi. Tidak heran bila buah tomat sering kali mendapat julukan sebagai buah pencahar.

Namun yang unik buah ini juga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah diare. Oleh karena itulahm buah tomat bisa memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan, mengingat buah ini bisaa mengatasi kedua masalah utama pada system pencernaan.

Menjaga kesehatan mata

Beta karoten adalah salah satu kandungan nutrisi yang ada pada tomat. Ternyata tidak hanya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan nutrisi yang satu ini juga bisa membantu Anda menjaga kesehatan mata.

Baca Juga:  Budidaya Rumput Odot : Isi, Metode, Pembibitan, Pola, Pemupukan Dan Pemanenan

Beta karotene, lutein dan likopen merupakan antioksidan yang bisa Anda temukan dalam tomat dan memiliki manfaat dalam melindungi mata dari berbagai kerusakaan mata, termasuk pembentukan katarak sampai degenerasi macula.

Pada sebuah penelitian tahin 2014, membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan kaya zeaxanthin dan lutein karotenoid, anti oksidan yang bisa Anda jumpai pada buah tomat mengalami penurunan resiko terhadap degenerasi macula neovaskula sampai 35%.

Menjaga kesehatan kulit

Pada sebuah penelitian tahun 2011 ditemukan bahwa kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun bisa melindungi kulit Anda dari kerusakan yang diakibatkan paparan sinr matahari. Tidak hanya itu saja, kombinasi itu juga didukung produksi pro kolagen.

Seperti yang telh diketahui, kolagen adalah salah satu komponen penting dalam pertumbuhan kulit, rambut sampai kuku. Namun tidak sampai itu saha dengan kandungan vitamin C pada buah tomat juga memiliki peranan penting dalam pembentukan kolagen dalam tubuh.

Tubuh yang kekurangan vitamin C akan sangat rentan akan kerusakan kulit yang diakibatkan paparan sinar matahari, asap dan polusi. Bila Anda biarkan begitu saja, kulit akan lebih cepat kendur, keriput, muncul bercaak hitam sampai muncul berbgai masalah kesehatan kulit lainnya.

Meningkatkan kesehatan saat hamil

Ketahuilah bahwa buah tomat juga memiliki manfaat bagi kesehatan ibu hamil. Buah tomat memiliki kandungan folat yang sangat baik untuk kehamilan. Dengan kandungan folat dalam buah tomat dapat memberikan manfaat dalam menjaga janin dari cacat tabung saraf.

Sering sekali para dokter menyarankan agar ibu hamil mengkonsumsi suplemen sam folat untuk meningkatkan asupan folat. Walaupun begitu, lebih baik untuk mendapatkannya secara alami dari sayuran dan buah. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah tomat secara rutin.

Tak hanya itu, mengonsumsi buah tomat rupanya juga baik untuk menjaga kesehatan rahim bagi wanita yang sedang merencanakan program kehamilan.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Buah Tomat yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.