Fungsi Sulfur Bagi Tanaman

1 min read

Fungsi Sulfur Bagi Tanaman

Fungsi Sulfur Bagi Tanaman – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Fungsi Sulfur Bagi Tanaman. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Fungsi Sulfur Bagi Tanaman bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Fungsi Sulfur Bagi Tanaman berikut ini.


Fungsi Sulfur Bagi Tanaman


Unsur Sulfur dalam Pupuk

Apabila kita memahami pupuk ZA, maka di dalamnya ada isi faktor N serta S. Faktor Nitrogennya sebesar 21% serta Sulfur (belerang) sebesar 24%. Maksudnya apa? isi Sulfurnya kok dapat lebih besar dari N nya.

Tidak hanya dalam pupuk ZA, faktor belerang ada dalam pupuk Ponska (15 15 15 10). Maksudnya di dalam pupuk ponska terdapat dekat 10% faktor sulfurnya.

Fungsi Sulfur Untuk Tanaman

Oleh karena itu, marilah kita memahami fungsi Sulfur ini untuk tumbuhan. Faktor Sulfur yang lebih diketahui dengan nama Belerang diserap tanaman dalam wujud ion sulfat (SO4=).

Zat ini ialah bagian dari protein yang ada dalam wujud cystein, methionin, thiamine.

Ada pula fungsi umum sulfur sbb:

  • Menolong pembuatan butir hijau daun sehingga daun jadi lebih hijau.
  • Menaikkan isi protein serta vit hasil panen.
  • Meningakatkan jumlah anakan yang menciptakan (pada tumbuhan padi).
  • berfungsi pnting pada proses pembulatan zat gula.
  • Membetulkan corak, aroma, serta kelenturan daun tembakau (khusus pada tembakau omprongan).
  • Membetulkan aroma, kurangi penyusutan selama penyimpangan, memperbesar umbi bawang merah serta baeang putih.

Sebagian besar sulfur di dalam tanah berasal dari bahan organik yang sudah hadapi dekomposisi serta sulfur elemental (bubuk/batu belerang) dari kegiatan vulkanis.

Baca Juga:  Cara Mengawinkan Ikan Mas

Sulfur yang larut dalam air hendak lekas diserap tumbuhan, sebab faktor ini sangat diperlukan tumbuhan paling utama pada tanaman-tanaman muda.

Fungsi Sulfur Bagi Tanaman


Fungsi Sulfur Untuk Tumbuhan Padi

Belerang (sulfur) pada padi dibutuhkan buat sintesis asam amino sistin, sistein, serta metionin, yang berikutnya membentuk protein. Tidak hanya itu belerang sangat menolong pertumbuhan pucuk, pangkal serta anakan.

Padi sawah yang hadapi kekurangan belerang usianya lebih panjang dengan persentase kehampaan gabah yang besar.

Buat menanggulangi kekuatan belerang pada padi, butuh dicoba upaya revisi mutu serta produktivitas tanah lewat pemberian pupuk anorganik serta pupuk organik.

Salah satu sumber S anorganik yang baik buat padi sawah merupakan pupuk amonium sulfat [(NH4) 2SO4] sebab bisa memasok S yang ada untuk tumbuhan, ialah sulfat (SO42-).

Apabila Tumbuhan Kekurangan Faktor Hara Belerang, Maka:

  • Penciptaan protein tumbuhan menyusut, perkembangan sel tumbuhan kurang aktif.
  • Terjadi penimbunana amida bebas serta asam amino hingga batasan yang beresiko untuk tumbuhan, terjadi kehancuran aktifitas fisiologis serta gampang terserang hama serta penyakit.
  • Penciptaan butir hijau daun menyusut, proses asimilasi serta sintesis karbohidrat terlambat, tumbuhan hadapi klorosis/kekuningan, serta hasil panen rendah.

Oleh karena itu, pupuk ini diberikan pada tumbuhan padi dalam masa vegetatif ataupun tumbuhan yang hasil panennya di daun semacam bayam, sawi dll.

Demikian penjelasan kami tentang Fungsi Sulfur Bagi Tanaman dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.