Manfaat Buah Takokak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Buah Takokak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

Manfaat Buah Takokak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Buah Takokak. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa manfaat buah takokak bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun tentang manfaat buah takokak berikut ini.

Manfaat Buah Takokak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat buah takokak bagi kesehatan sangat banyak, contohnya seperti mengobati diabetes sampai dapat mencegah kanker. Tidak hanya sampai disitu, pada bagian lain dari tanaman ini mempunyai khasiat yang baik bagi tubuh.

Buah takokak memiliki nama ilmiah Solanum Torvum ini berasal dari kawasan Amerika Selatan.yang mana di yakini bisa mengobati berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, asam urat sampai kanker.

Manfaat buah takokak untuk kesehatan

Manfaat Buah Takokak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Buah takokak memiliki ukuran buah kisaean 1 sampai 1,5 cm, menyerupai leunca yang biasa disajikan sebagai lalapan. Untuk di Indonesia sendiri, buah dengan memiliki cita rasa pahit sering ditemukan diantara semak belukar.

Siapa sangka, walaupun dibudidayakan dalam skala kecil dan sering ditemukan pada tempat yang tidak lazim. Manfaat buah takokak ini bagi kesehatan begitu banyak, seperti:

Mencegah risiko kanker

Manfaat buah takokak juga untuk mencegah terkena resiko kanker. Dimana dalam buha takokak terdapat kandungan antioksidan solanin, solamargin dan solasodin yang mana dapat mengurangi resiko kanker dengan menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal yang ada dalam tubuh.

Antioksidan yang terkandung didalam buah takokak disebut ampuh untuk meredakan gejala paru-paru, kanker servik, kanker lambung, kanker payudara sampai kanker usus.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah takokak memiliki kandungan antioksidan yang terkandung didalamnya yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan system imun atau daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Budidaya Burung Puyuh

Mencegah stroke dan penyakit jantung

Selain itu juga, buah takokak juga mengandung antioksidan alkaloid, saponin, flavonoid, tannin dan glikosida. Beberapa senyawa itu dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, penyebab penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

Mengatasi diabetes

Dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada buah takokak juga memiliki fungsi menurunkan gula darah penyebab diabetes.

Kandungan metil caffeate yang ada pada Buah takokak, yakni suatu zat fenolik yang mempunyai efek antihiperglikemik. Pada tikus percobaan dengan penyakit diabetes yang diinduksi streptozotocin, metil caffeate bisa menghasilkan penurunan yang signifikn dalam glukosa darah dan peningkatan berat badan.

Hal tersebut membuktikan bahwa kandungan metil caffeate mempunyai efek hipoglikemik yang bisa dikembangkan menjadi obat antidiabetik oral yang manjur.

Mengatasi nyeri sendi

Salah satu manfat buah takokak yaitu mengatasi nyeri sendi. Kandungan senyawa antibakteri dan antiradang pada buah takokak memiliki fungsi mengatasi berbagai macam ganguan kesehatan akibat nyeri sendi. Seperti radang sendi dan asam urat.

Mengobati disfungsi ereksi

Manfaat buaah takokak berikutnya yakni dapat mengibati disfungsi ereksi. Kandungan nutrisi  yang terdapat dalam buah ini berfungsi memperlancar  aliran darah menuju keseluruh tubuh, tak terkecuali pada p3n1s.

Aliran darah yang menuju ke p3n1s tentunya dapat memperbaiki kerusakan saraf pada konektor neuron yang menghubungkan system kerja otak pada p3n1s. dengan demikian ereksi pun akan kembali menjadi normal.

Mengatasi peradangan

Kandungan senyawa antiradang yang terkandung dalam buah ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang diakibatkan peradangan.

Mencegah osteoporosis

Buah takokak juga kaya akan kalsium yng sngat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan tulang seperti osteoporosis.

Mengobati penyakit ginjal

Kandungan senyawa antiradang dalam buah takokak sangat bermanfaat untuk mengembalikan fungsi nekrosis tubular dan glomerulus serta menghindari terjadinya penyakit ginjal.

Melancarkan pencernaan

Manfaat buah takokak yang selanjutnya yakni untuk melancarkan pencernaan. Kandungan nutrisi yang ada didalam buah ini dapat berfungsi untuk melancarakan system pencernaan dan mengobati wasir.

Tidak hanya itu saja, buah takokak juga bermanfaat untuk menetralkan asam lambung penyebab tukak lambung dan dapat mencegah perkembang biakan cacing yang ada dalam usus.

Baca Juga:  Budidaya Pisang Ambon

Mengatasi anemia

Buah takokak juga memiliki banyak zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin dan mengatasi anemia. Selain itu juga, buah ini sangat bermanfaat untuk melancarkan siklus menstruasi.

Mengobati flu

Buah takokak sangat bermanfaat untuk menyembuhkan dan mencegah flu juga dapat membersihkan lendir radang paru-paru dan penyebab asma.

Kandungan nutrisi buah takokak

Selain memiliki kandungan antioksidan, karbohidrat, protein, serat dan air. Buah takokak kaya akan manfaat yang jug memiliki sejumlah kandungan nutris, diantaranya :

Vitamin A             : 0.078 miligram / 100 gram

Vitamin C             : 2,68 miligram / 100 gram

Mangan                 : 19,46 miligram/kilogram

Zat besi                  : 76,86 miligram/kilogram

Zinc                        : 21,46 miligram/kilogram

Kalsium                 : 221,58 miligram/kilogram

Bagian lain tanaman takokak

Tanaman herbal ini sejak dahulu sudah dimanfatkan oleh masyarakat Amerika Selatan sebagai tanaman pengobatan. Tidaak hanya buahnya yang kaya akan manfaat, bagian tanaman takokak lainnya yang memiliki manfaat antara lain daun dan akar.

  • Daun takokak : Rebusan daun takokak bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti diabetes, jerawat, penyakit kulit, hingga demam. Kandungan antimikroba dalam daun takokak dipercaya efektif mengobati berbagai penyakit tersebut.
  • Akar takokak : Selain daunnya, akar takokak juga berguna bagi kesehatan, yaitu untuk melancarkan pencernaan, mengobati sakit perut, nyeri ulu hati, rematik hingga gangguan siklus haid.

Rimbang merupakan tanaman nightshade yang masih berkerabat dengan terong dan kentang. Sering juga disebut takokak atau tekokak di Indonesia, rimbang menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Namun, manfaat dari rimbang masih perlu dikaji lebih lanjut untuk menguatkannya.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Buah Takokak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.