Manfaat Daun Pepaya untuk Pupuk serta Cara Menggunakannya

2 min read

Manfaat Daun Pepaya untuk Pupuk serta Cara Menggunakannya

Manfaat Daun Pepaya untuk Pupuk serta Cara Menggunakannya – Pada kesempatan ini Kebun akan membahas tentang Manfaat Daun Pepaya. Yang mana dalam pembahasan ini akan menjelaskan manfaat daun pepaya untuk pupuk serta cara menggunakan daun pepaya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun berikut ini.

Manfaat Daun Pepaya untuk Pupuk serta Cara Menggunakannya

Dalam melakukan cocok tanam, tentu memerluakan suplai air pada masa pertumbuhan tanaman dan menjaga agar tidak mati suatu tanaman sebab layu. Selain itu juga tanaman membutuhkan pupuk agar dapat menjaga pertumbuha dengan baik dan mendapatkan hasil yang berkualitas.

Dari berbagai jenis pupuk, ternyata banyak yang belum mengerti kalau daun pepaya dapat menjadi penyubur tanaman. Mungkin selama ini Kita mengira bahwa pupuk alami berasal dari kotoran hewan saja, padahal dengan menggunakan daun pepaya dapat dilakukan.

Manfaat Daun Pepaya untuk Tanaman

Manfaat Daun Pepaya untuk Pupuk serta Cara Menggunakannya

Banyak yang belum mengetahui akan banyak sekali manfaat daun pepaya untuk pupuk. Pada daun pepaya terdapat kandungan dari berbagai macam zat, seperti Protein 8,0 gram, Vitamin A 18250 SI, hidrat arang 11,9 gram, fosfor 63 mg, vitamin B1 0,15 mg, kalori 79 kal, vitamin C 140 mg, lemak 2 gram, besi 0,8 mg, air 75,4 gram dan kalsium 353 mg. Kemudian apa manfaat daun pepaya untuk tanaman?

Menyuburkan Tanah

Dengan adanya daun pepaya sudah bisa digunkan sebagai pupuk, tentunya bukan berbentuk daun yang akan diletakkan begitu saja pada tanaman. Namun pupuk yang terbuat dari daun pepaya telah dibuat melalui beberapa proses dan tahapan.

Baca Juga:  Cara Menanam Benih Sayuran

Dimana kandungan didalamnya telah berbeda dengan yang masih berbentuk daun. Manfaat daun pepaya juga dapat sekaligus menyuburkan tanah yang sangat berpengaruh pada tanaman sekitarnya.

Mempercepat Proses Pertumbuhan Tanaman

Manfaat daun pepaya selanjutnya yaitu untuk mempercepat proses pertumbuhan tanaman dan perkembangan tanaman tersebut. Bila tanaman bunga maka akan mempercepat tumbuhnya putik dan akan segera berbunga. Sedangkan pengaruh pada tanaman berbuah yaitu tanaman akan tumbuh dan segera berbuah. Manfat ini kurang lebih sama dengan penggunaan pupuk Zinc Sulfat untuk kesuburan tanaman juga.

Jenis Tanaman yang Cocok dengan Pupuk Daun Pepaya

Sedangkan pada beberapa jenis tanaman apa saja yang cocok memakai pupuk daun pepaya? Sebenarnya bila melihat dari kandungan ekstrak pepaya atau pupuk daun pepaya ini telah menjadi vitamin bagi tanaman itu. Namun tetap disarankan agar pupuk ini untuk diberikan pada tanaman berikut ini:

  • Pohon Cabai
  • Pohon Tomat
  • Pohon belimbing
  • Tanaman bunga dirumah

Mengapa hanya beberapa tanaman saja? Bila melihat sedikit dan banyknya dipelihara dirumah, mkarena unutk menjadi pupuk tanaman kebun atau sawah tentunya akan kurang memadai.

Contohnya, bila digunakan untuk pada di sawah Anda membutuhkan pupuk yang jauh lebih banyak dan bagus seperti pupuk kandang atau lainnya. Dikhawatirkan bila memakai pupuk daun pepaya untuk pada justru akan kurang maksimal dan malah akan terbuang waktu dan tenaga yang sia-sia. Sebaiknya pupuk ini hanya dipakai pada tanaman kecil dan sederhana di halaman rumah Anda.

Cara Merawat Tanaman

Manfaat daun pepaya yang digunakan pupuk lainnya, yang mana disampaikan juga mengenai cara perawatan tanaman. Tanaman juga tetap harus diberikan air, asalkan janga terlalu sering atau bahkan sampai kurang diberikan air. Mungkin untuk tanaman mangga yang ada pada sebuah polybag cukup kuat walau hanya dilakukan penyiraman sebayak 3 hari sekali atau jenis pohon yang telah sedikit besar lainnya.

Baca Juga:  Budidaya Pepaya California : Panduan Lengkap Bagi Pemula

Namun bagi tanaman yang berbatang kecil semisal tomat, cabai atau lainnya. Anda tetap harus secara teratur untuk menyirammnya secara rutin. Semisal paling tidak sehari sekali satu gelas besar saja dan rutin dilakukan sambil diberi pupuk pepaya. Untuk cabai ada beberapa jnis pupuk untuk tanaman cabai dan lainnya yang paling direkomendasikan agar dapat tumbuh dengan baik serta ceta berbuah lebat.

Dosis

Pada pemberian pupuk pepaya pada tanaman, ada baiknya dosis yang berikan sebanyak dua kali dan satu minggu. Sebab pupuk daun pepaya ini adalah jenis pupuk buatan yang lebih alami. Jangan Anda berikan terlalu banyak pula, cukup Anda berikan dua kali dalam satu minggu agar tidak berlebihan dalam penggunaan dosisnya.

Demikian mengenai Manfaat Daun Pepaya untuk Pupuk serta Cara Menggunakannya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read

Kandungan Bayam

Farming
4 min read