Arang Sekam : Cara Membuat, Manfaat dan Fungsinya

Posted on

Arang Sekam : Cara Membuat, Manfaat dan Fungsinya – Salah satu alat untuk membuat media tanam menggunakan Arang Sekam. Arang sekam terbuat dari pembakaran kulit padi, di buat menjadi arang sekam sebagai salah satu media tanam sistem hidroponik. Untu lebih jelasnya silahkan simak ulasan Kebun.co.id berikut ini.

Arang Sekam : Cara Membuat, Manfaat dan Fungsinya

Salah satu media yang baik dalam media tumbuh dasar pada tanaman yaitu menggunakan arang sekam. Sekam adalah kulit yang terdapat pada bagian luar dari tanaman padi yang telah terpisah dari beras atau biji padi yang telah melalui proses penggilingan.

Biasanya arang sekam banyak dimanfaatkan untuk digunakan pada berbagai media, bukan hanya digunakan pada tanaman saja bisa juga digunakan dalam berbagai aspek pertanian, peternakan, dan perikanan. Sebab arang sekam mampunyai manfaat yang sangat baik sebagai media tanam, maka sering digunakan sebagai dasar menia tanam.

Disamping tidak kotor seperti halnya tanah, arang sekam dapat lebih baik dalam penyerapan air dan menyimpan cadangan air cukup lama. Selain efisien penggunaannya, cara membuatnya pun cukup mudah.

Bagi sebagian tempat penggilingan padi arang sekam biasanya di jual kepada pembuat bata, genting atau lain sebagainya sebagai media pembakaran. Padahal pemanfaatan sekam bukan hanya itu saja melainkan dapat digunakan sebagai arang sekam dengan pengolahan yang benar.

Pengertian Aram Sekam

Pengertiand dari arang sekam adalah salah satu media tanam yang bahannya terbuat dari hasil olahan sekam padi yang sangat berpori serta dalam penggunaannya di tanah yang padat dapat menggemburkan tanah tersebut.

am media tumbuh pada tanaman alangkah baikya Anda menggunakan tekstur tanah yang gembur dan tidak padat. Sebab tanah yang padat akan mengakibatkan petumbuhan tanaman tidak baik bahkan bisa menyebabkan kematian.
Oleh sebab itu Anda bisa memakai media arang sekam, untuk media tumbuh tanaman baik dengan hidroponik atau dengan menggunakan polybag.

Baca Juga:  √ Panduan Cara Mudah Menanam Terong Di Polybag

Cara Membuat Arang Sekam

Dalam pembuatan arang sekam terdapat 2 metode antara lain dengan menggunakan cerobong dan wajan. Namun metode dengan menggunakan cerobong ini lebih banyak peminatnya.

Cara Membuat Arang Sekam Teknik Cerobong

Dengan menggunakan teknik cerobong pada saat pembuatan arang sekam, Anda akan mendapatkan kualitas arang sekam yang baik. Adapun alat yang diperlukan antara lain yaitu:

  • Pelat seng ukuran 50 cm x 100 cm
  • Sekam padi 2 karung
  • Koran atau kardus bekas
  • Sember air
  • Oli atau bensin
  • Serokan atau sekop

Dari bahan-bahan yang ada diats Anda bisa membuatnya di tempat terbukan yang cukup dalam pembuatan arang sekam. Hindari pembuatan arang sekam dilingkungan yang padat pemukiman, karena dalam proses pembuatannya akan mengeluarkan asap yang mana sangat mengganggu lingkungan.

Berikut adalah proses langkah pembuatan arang sekam, antara lain yaitu:

Langkah awal lubangi pada plat seng dengan memakai paku, buat jarak antara lubang sekitar 5 cm. Sambung kedua sisi tesebut hingga membentuk silinder dalam ketinggian 1 meter. Silinder ini akan digunakan sebagai tempat perapian, apabila ketebalannya lebih tebal maka akan lebih tahan akan panas.

Kemudian letakkan silinder tersebut pada tengah tempat pembakaran. Selanjutnya letakkan sekam pada area silinder, jangan sampai berada mengenai tengah silinder. Lalu buat seperti gundukan gunung agar bisa merata pada saat proses pembakaran.

Letakkan kardus bekas atau koran kedalam silinder kemudian siram dengan bensin atau minyak tanah dan hidupkan dengan api. Atur agar api tetap dalam kondisi menyala dengan menambahkan kayu, koran atau bahan yang dapat digunakan dalam pembakaran.

Anda perlu memperhatikan sekam yang berada di sekeliling silinder akan menghitam, selanjutnya pisahkan dengan sekop yang menghitam lalu pindahkan sekam yang masih berwarna coklat diarea silinder. Terus lakukan berulang-ulang hingga sekam menjadi merata berwarna hitam.

Baca Juga:  Bertani Cabai : Pemilihan, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

Bila sekam sudah menghitam semua, siram menggunakan air secara perlahan atau secukupnya. Hal ini agar dalam proses pembakaran sekam tidak menjadi abu, walaupun dalam proses pembakaran tidak menjadi abu tetapi masih miliki panas yang berakibat lama kelamaan akan menjadi abu.

Siapkan wadah unutk menyimpan arang sekam, untuk digunakan sebagai media tanam.

Cara Membuat Arang Sekam dengan Teknik Wajan

Apabila Anda butuh arang sekam tidak terlalu banyak, maka metode menggunakan wajan lebih efektif. Adapun cara membuatnya dengan wajan antara lain yaitu:

  • Siapkan Wajan
  • Spatula
  • Kompor

Tahapan dalam pembuatan arang sekam dengan metode wajan, yaitu :

  • Anda letakkan wajan pada atas kompor, lalu masukkan sekam didalam wajan, kemudian hidupkan api pada kompor dengan suhu sedang.
  • Aduk sekam dengan secara merata sampai mulai menghitam secara keseluruhan.

Dalam proses pembakaran tersebut dapat meningkatkan unsur hara dan karbon dalam sekam yang mana dapat menghasilkan arang sekam. Jika sekam sudah menghitam secara keseluruhan selanjutnya segera di dinginkan dengan memercikkan air secara merata.

Fungsi dan Manfaat Arang Sekam

Adapun manfaat dari arang sekam sebagai berikut:

  • Dapat mempertahankan kondisi tanah agar tetap gembur, karena mempunyai porositas ringan dan tinggi.
  • Sekam berguna untuk merangsang pertumbuhan mikroorganisme dimana sangat berguna untuk tanaman.
  • Mengatur PH tanah pada kondisi tertentu.
  • Mempertahankan kelembaban tanah.
  • Dapat Menyuburkan tanah dan tanaman.
  • Meningkatkan produksi pada tanaman.
  • Bisa berguna untuk absorban yang dapat menekan jumlah pada mikroba patogen.
  • Sebagai media tanam hidroponik.
  • Dapat meningkatkan kondisi daya serap serta daya ikat tanah pada air.

Demikian penjelasan kita kali ini tentang Arang Sekam : Cara Membuat, Manfaat dan Fungsinya, Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.