Budidaya Maggot : Persiapan, Pengembangbiakan Dan Proses Panen

2 min read

Budidaya Maggot : Persiapan, Pengembangbiakan Dan Proses Panen

Budidaya Maggot : Persiapan, Pengembangbiakan Dan Proses Panen – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Budidaya Maggot.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Budidaya Maggot bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Budidaya Maggot berikut ini.


Budidaya Maggot : Persiapan, Pengembangbiakan Dan Proses Panen


Maggot black soldier fly (BSF) ialah salah satu penemuan yang menggembirakan serta menguntungkan untuk para peternak, petani, serta warga secara luas.

Maggot lalat ini sukses membantu kasus sampah organik yang menggunung. Sampai 750 kilogram maggot BSF sanggup mengurai dekat 2 ton sampah organik dalam kurun waktu 2 – 3 minggu.

Tidak hanya itu, budidaya ikan mengkonsumsi pula kembali menggeliat lewat pemakaian pakan dari maggot yang dipadukan dengan pakan ikan pabrikan.

Sebab harga maggot yang relatif murah, bayaran pakan juga bisa lebih ditekan. Maggot BSF pula dapat digunakan sebagai pakan ternak, apalagi dapat memesatkan peningkatan bobot ternak.

Kesempatan usaha budidaya maggot juga jadi relatif menjanjikan. Terlebih masa panennya relatif kilat, sampai 15 hari.

Terdapat banyak alasan kenapa budi energi maggot BSF butuh dicoba oleh siapa saja, paling utama para petani serta peternak.


Persiapan Ternak Maggot BSF

Kandang

Kandang merupakan kebutuhan tiap hewan ternak, tetapi sebab pakan yang digunakan pula termasuk makhluk hidup, pastinya kita memerlukan perihal yang sama.

Fungsi kandang berlaku sebagai tempat Black Soldier Fly buat memproduksi telur – telur sebagai bibit maggot BSF. Pikirkan terlebih dulu berapa besar kandang yang diperlukan.

Baca Juga:  √ Cara Beternak Hamster Panda Mudah Bagi Pemula

Seluruhnya bergantung dengan banyak serta sebesar apa bisnis maggot BSF yang hendak dijalani. Wajarnya, ukuran kandang sebesar 2,5 meter x 4 meter x 3 meter telah cukup buat bisnis budidaya maggot BSF kelas kecil menengah.

Dengan ukuran di atas, kalian bisa menampung sebanyak puluhan ribu larva.

Media Penetasan Telur

Siapkan media buat telur BSF menetas, dapat terbuat dari boks kardus kecil ataupun dibuat dari tripleks. Sehabis telur menetas, pindahkan larvanya langsung ke biopond bagaikan media pembesaran.

Pisahkan media penetasan serta pembesaran di dalam kandang. Pembelahan ini sangat berarti sebab bila menyatu, telur – telur hendak gampang rusak tertekan oleh larva.

Apa itu Biopond?

Biopond merupakan tempat pembesaran larva lalat BSF yang umumnya dirangkai dari kayu, PVC, serta dipadati oleh tanah gembur.

Pada dasarnya biopond mempunyai 2 jenis, ialah biopond biasa yang tidak dilengkapi ramp (digunakan sebagai media buat memproduksi larva kecil) dan biopond yang mempunyai ramp/bidang miring sebagai jalur migrasi prepupa.

Sama semacam media penetasan, ukuran biopond baiknya disesuaikan dengan jumlah telur yang menetas.

Budidaya Maggot : Persiapan, Pengembangbiakan Dan Proses Panen


Tahap Pengembangbiakan Maggot BSF

Cara Menarik Lalat BSF

  • Siapkan air sebanyak 1 litter serta gula pasir dekat 5 sendok
  • Masukan air serta gula ke dalam ember
  • Siapkan dedak sebanyak 5 kilogram serta penyedap rasa, kemudian campur dengan air serta gula yang telah di siapkan tadi.
  • Tuangkan EM4 ataupun Yakult (pilih salah satu) ke dalam ember. Buat komposisi EM4 dapat 1 tutup botol EM4. Buat yakult dapat sebagai separuh botol ataupun 1 botol.
  • Aduk seluruh bahan samapi tercampur dengan rata
  • Siapkan kantong plastik yang bisa menampung 5 kilogram ataupun 8 kilogram barang
  • Masukkan dedak yang telah di campur ke kantong plastik tersebut.
  • Berikan sedikit udara pada plastik, jangand diisi penuh.
  • Ikat kantong plastik berisi dedak rapat – rapat
  • Letakkan kantong plastik di wilayah yang sejuk, biakan ditaruh hingga 5 ataupun 6 hari.
  • Supaya terjauh dari hewan pengganggu, berikat tutup ataupun kawat disekitarnya (baunya cukup amis, bisa mengundang kucing).
  • Dalam masa ini, kombinasi dedak hendak berganti jadi cairan berfermentasi.
  • Setelah berakhir, tuangkan kombinasi dedak ke ember serta tutup memakai daun pisang, plastik, ataupun kertas minyak.
  • Simpan ember di dalam kandang dekat dengan media penetasan telur.
  • Sehabis 2 hingga 3 hari, lalat BSF hendak berdatangan serta mulai bertelur di dekat ember serta media penetasan.
Baca Juga:  Kompos : Pengertian, Jenis, Isi, Ciri, Manfaat Dan Metode Aplikasi

Sesi Panen Maggot BSF

Pada umur 1 minggu maggot BSF telah nampak wujudnya. Pada umur 2 ataupun 3 minggu Kamu telah dapat memanennya. Umumnya maggot BSF hendak berkumpul di dasar penutup dedak ataupun di dalam dedaknya langsung.

Demikian penjelasan kami tentang Budidaya Maggot dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.