Budidaya Manggis : Tahap, Pemilihan, Pengelolaan, Perawatan Dan Pemanenan

3 min read

Budidaya Manggis : Tahap, Pemilihan, Pengelolaan, Perawatan Dan Pemanenan

Budidaya Manggis : Tahap, Pemilihan, Pengelolaan, Perawatan Dan Pemanenan – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Budidaya Manggis.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Budidaya Manggis bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Budidaya Manggis berikut ini.


Budidaya Manggis : Tahap, Pemilihan, Pengelolaan, Perawatan Dan Pemanenan


Buah manggis ataupun Sang Ratu Buah Tropis banyak ditemukan di kawasan hutan ataupun perkebunan.

Di habitat alaminya, tumbuhan manggis banyak ditemui berkembang bersanding dengan tumbuhan durian yang dijuluki Raja Buah Tropis.

Manggis populer bercita rasa eksotik serta mempunyai isi zat antioksidan paling tinggi di antara buah tropis yang lain. Seperti itu mengapa manggis banyak diminati konsumen, baik pasar dalam negeri ataupun ekspor.

Tidak banyak yang ketahui, tidak hanya bernilai ekonomi serta bergizi besar, nyatanya manggis pula ikut berfungsi dalam revisi mutu area.


Syarat Berkembang Manggis

  • Tumbuhan manggis bisa berkembang baik di dataran rendah hingga ketinggian 800 m diatas permukaan laut.
  • Tumbuhan manggis hendak berkembang maksimal pada keadaan tanah latosol, tanah yang produktif, gembur, serta memiliki bahan organik. pH tanah 5,0 – 7,0 dengan kedalaman susunan olah tanah 50 – 200 centimeter.
  • Temperatur udara yang sempurna buat bertanam manggis terletak pada kisaran 22 – 32°C
  • Curah hujan 1500 – 2500 milimeter/tahun menyeluruh sepanjang tahun
  • Kelembaban udara 80%.

Budidaya Manggis

Menanam ataupun berkebun manggis jadi perihal yang mudah mudah susah. Tidak hanya bisa menyalurkan hobi, nyatanya budidaya manggis bisa menaikkan pemasukan lho.

Alasannya tumbuhan manggis memanglah populer dengan harga jualnya yang tinggi. Nah, untuk kamu yang tertarik mau bertanam manggis, berikut ulasannya.

Pemilihan Bibit Unggul

Buat budidaya manggis, hendaknya memilih bibit manggis yang berasal dari hasil sambung pucuk dimana yang sudah berusia minimun 18 bulan.

Panjang tunas minimun 15 centimeter serta sudah mempunyai minimun 4 pasang daun. Bibit manggis wajib terbatas dari hama serta penyakit serta Seleksi bibit yang berasal dari penyedia bibit terpercaya.

Baca Juga:  Ternak Ayam Joper : Keterangan, Analisa Usaha, Cara Ternak, Vitamin, Pakan, Penyakit Dan Panen

Pengelolaan Lahan Tanam

Buat lubang tanam berukuran 50cm x 50cm x 50cm ataupun 70cm x 70cm x 70cm, Perkenankan kurang lebih selama 1 – 2 minggu.

  • Tambahkan pupuk kandang dengan tanah galian bagian atas sebanyak 20 kilogram/lubang tanam.
  • Masukkan tanah kombinasi ke lubang tanam 2 – 3 minggu saat sebelum penanaman.
  • Seminggu saat sebelum tanam, berikan pupuk NPK (15:!5:15) sebanyak 100 gram ke dalam lubang tanam.

Tahap Penanaman

Waktu yang pas buat berkebun manggis ialah pada dini masa penghujan, tetapi apabila air irigasi ada hingga penanaman bibit manggis bisa dicoba kapan saja.

Tahap Perawatan

  • Penyiraman
  • Penyiangan
  • Pemangkasan

Budidaya Manggis : Tahap, Pemilihan, Pengelolaan, Perawatan Dan Pemanenan


Tahap Pemupukan

Ada pula tipe serta dosis pupuk yang diberikan sebagai berikut :

  • Usia tumbuhan 1 – 2: Pupuk Kandang 20kg, Urea 50gram, SP-36 25gram serta KCI 25gram
  • Usia tumbuhan 2 – 4: Pupuk Kandang 20kg, Urea 100gram, SP-36 50gram serta KCI 50gram.
  • Usia tumbuhan 4 – 6: Pupuk Kandang 20kg, Urea 200gram, SP-36 100gram serta KCI 100gram.
  • Usia tumbuhan 6 – 8: Pupuk Kandang 40kg, Urea 400gram, SP-36 800gram serta KCI 800gram
  • Usia tumbuhan 9 – 10: Pupuk Kandang 80kg, Urea 800gram, SP-36 1.500gram serta KCI 1.500gram.
  • Usia tumbuhan 10: Pupuk Kandang 80kg, Urea 1. 000gram, SP-36 2.500gram serta KCI 1.500gram.

Pemeliharaan serta Perawatan

Sehabis penanaman, kamu pasti wajib melakukan perawatan serta pemeliharaan teratur secara intensif semacam cara budidaya pepaya california.

Perihal ini harus dicoba supaya tumbuhan bisa berkembang maksimal serta menciptakan buah yang baik serta bermutu. Karenanya beberapa tahapan pemeliharaan ini tidak boleh kamu lewati.

  • Penyiraman

Penyiraman ialah perihal yang harus dilakukan paling utama dikala awal masa tanam. Sampai tumbuhan berusia 2 tahun sehabis tanam.

Penyiraman dicoba tiap 2 kali dalam satu hari. Bergantung pada keadaan cuaca serta tanah. Bila tanah kering, hendaknya siram tumbuhan sampai jenuh.

Serta jangan perkenankan air menggenang, sebab hendak bernahaya untuk pangkal tumbuhan.

  • Pemupukan

Pemupukan dilakukan pada dikala tumbuhan berusia 1 tahun sehabis tanam. Pemberian pupuk bisa dicoba dengan cara di tebarkan ke bagian tajuk tumbuhan.

Tetapi jangan sangat dekat dengan pangkal. Berikan pupuk NPK serta pupuk kandang bergantian serta intensif minimun tiap 6 bulan sekali.

  • Penyiangan

Penyiangan dicoba buat menghilangkan gulma yang terletak disekitar tumbuhan. Aktivitas ini pula bertujuan supaya tumbuhan bisa meresap unsur hara dengan optimal.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Koi, Pemeliharaan, Jenis, Ciri dan Analisanya

Sehingga perkembangan tumbuhan manggis kamu bisa berkembang maksimal. Lakukan penyiangan secara teratur minimun tiap 2 minggu sekali.

  • Pemangkasan Cabang

Pemangkasan pada cabang bermanfaat supaya tumbuhan tidak berkembang sangat lebat. Tidak hanya itu pula perihal ini untuk membuat tumbuhan lebih cepat berbuah.

Pemangkasan wajib dicoba 1 bulan saat sebelum masa berbuah datang, paling utama pada saat timbul bunga pada tumbuhan.

Pangkas cabang serta daun yang terletak sangat dekat dengan dasar tumbuhan serta tinggalkan cabang yang menghadap ke atas ataupun ke arah matahari.

Pencegahan Hama serta Penyakit

Hama serta penyakit pada tumbuhan manggis bisa dikendalikan dengan cara penyemprotan memakai insektisida serta fungisida.

Penyemprotan ini dilakukan secara teratur tiap 6 bulan sekali dengan dosis yang direkomendasikan.

Penyemprotan fungisida paling utama dicoba sehabis pemangkasan pada cabang buat menghindarkan serbuan jamur pada cedera sisa pangkasan pada cabang.


Sesi Panen

Umumnya buah manggis dipanen kala berusia 104 – 110hari sehabis bunga mekar. Ada pula ciri – ciri buah manggis yang siap panen sebagai berikut :

  • Kulit buah bercorak merah kecokelatan sampai merah keunguan (berusia 106 – 108 hari sehabis bunga mekar) untuk pasar ekspor serta bercorak ungu kemerahan (berusia 110 hari sehabis bunga mekar) buat pasar dalam negeri.
  • Buah telah mulai lunak dikala ditekan kulitnya.
  • Telah mulai ada bintik coeklat pada tangkai/kelopak buah.

Panen hendaknya dilakukan pada pagi ataupun sore hari dikala sinar matahari tidak sangat terik.

Pemanenan buah manggis bisa memakai gunting ataupun perlengkapan berbentuk galah yang dilengkapi dengan pengait serta jaring buat buah yang susah dijangkau.

Buah dipetik dengan mengaitkan pengait ke tangkai buah setelah itu perlengkapan tersebut ditarik kebawah. Sertakan pula 2 daun diatas buah supaya kesegaran buah bisa bertahan lebih lama.

Berikutnya buah dipindahkan dari jaring kedalam karung ataupun keranjang buah yang sudah dialasi dengan daun piang ataupun jerami kertas.

Demikian penjelasan kami tentang Budidaya Manggis dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Menanam Bambu

Farming
2 min read

Bonsai Pucuk Merah

Farming
4 min read

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read