Bulan Yang Tepat Menanam Cabe

2 min read

Bulan Yang Tepat Menanam Cabe

Bulan Yang Tepat Menanam Cabe – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Bulan Yang Tepat Menanam Cabe.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Bulan Yang Tepat Menanam Cabe bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Bulan Yang Tepat Menanam Cabe berikut ini.


Bulan Yang Tepat Menanam Cabe


Terdapat banyak aspek yang memastikan keberhasilan budidaya tumbuhan. Salah satunya merupakan ketepatan dalam membaca masa serta cuaca.

Perlu Kamu tahu kalau tiap tumbuhan sesungguhnya mempunyai masa serta cuaca yang sempurna.

Terdapat tumbuhan yang sesuai ditanam dikala masa kemarau serta terdapat pula yang sesuai ditanam di masa hujan.

Tidak hanya itu, ada pula sebagian tumbuhan yang sesuai ditanam pada masa peralihan.

Biasanya petani Indonesia telah sering mendengar dengan masa tanam di daerahnya masing-masing.

Tetapi untuk petani pendatang baru yang belum sangat berpengalaman pastinya senantiasa wajib belajar mengamati serta menghafal masa tanam yang pas.

Salah memastikan tumbuhan dalam satu masa bisa berdampak parah ialah gagal panen.

Untuk seperti itu, kali ini kami berupaya mendalami lebih dalam lagi tentang metode memastikan masa tanam di Indonesia untuk kamu para pendatang baru ataupun petani tua yang mau memperdalam pengetahuan kamu.


Mengenali masa di Indonesia

Kita semua telah dianjurkan sejak sekolah dasar kalau masa di Indonesia dipecah jadi masa hujan, masa peralihan serta masa kemarau. Kami hendak menjelaskannya satu per satu untuk buatnya lebih jelas:

Masa hujan

Dikala masa hujan, angin dari Samudera Pasifik yang kaya uap air hendak masuk ke Indonesia.

Kelembapan di sebagian besar daerah Indonesia hendak tinggi sehingga mulai turun hujan.

Baca Juga:  Panduan Cara Menanam Bunga Cempaka Dengan Benar

Masa hujan di Indonesia terjadi antara bulan September-Maret diawali dari daerah barat dahulu.

Ialah Sumatera pada akhir September kemudian menyusul ke Jawa serta Kalimantan pada bulan November serta terus bergerak ke timur.

Masa kemarau

Masa kemarau diisyarati dengan hembusan angin dari arah Samudera Hindia (dekat Australia) yang kekurangan uap air serta masuk ke daerah Indonesia bawa udara kering. Dikala itu kelembapan sangat sedikit.

Rerumputan mengering. Tetapi dikala masa kemarau temperatur udara hendak terasa sangat dingin di malam hari. Masa kemarau diawali dari bulan April sampai Agustus.

Masa Peralihan (Transisi)

Yang diartikan peralihan dari masa kemarau ke masa hujan ataupun kebalikannya. Masa pancaroba pendek.

Buat peralihan dari masa kemarau ke masa hujan terjadi pada bulan September-November, sebaliknya buat peralihan dari masa hujan ke masa kemarau terjadi pada bulan Maret-Mei.

Pada masa pancaroba, terkadang masih hujan dengan intensitas rendah sampai lagi bergantung keadaan Lanina ataupun Elnino.

Bulan Yang Tepat Menanam Cabe


Tumbuhan buat Masa Hujan

Pada masa penghujan, ketersediaan air sangat melimpah. Daun tumbuhan bercorak hijau produktif sebab isi nitrogen bebas dalam air hujan.

Pada masa penghujan, diajarkan menanam bermacam berbagai tumbuhan semacam sayur mayur serta buah-buahan.

Tetapi, mereka pula wajib secara selektif membiasakan ketinggian daratan di atas permukaan laut serta ketahanan tumbuhan tersebut.

Perlu kamu tahu kalau penyakit tumbuhan pada masa penghujan nyaris seluruhnya diakibatkan oleh jamur (fungi) serta kuman patogen. Sebaliknya hama serangga semacam kutu daun sangat sedikit.

Kelembaban yang besar diiringi dengan isi nitrogen yang melimpah menimbulkan area serta kuman berkembangbiak dengan cepat. Sebaliknya telur kutu hendak gagal menetas dalam keadaan lembab.

Catatan tumbuhan yang sesuai ditanam pada masa hujan: Padi, Sawi, Kubis, Kausin, Bayam, Kangkung, Terong, Kacang Panjang, Mentimun, Semangka, Melon, dll.

Kamu pula wajib memperhitungkan bulan-bulan di mana masa panen datang. pas waktu. Buat tumbuhan yang berbuah hendaknya tidak memanen pada puncak masa hujan (Januari-Februari).

Tumbuhan buat masa kemarau

Sebaliknya tumbuhan buat masa kemarau hendaknya memilih tumbuhan yang mengincar buah serta umbi buat dipanen.

Baca Juga:  Panduan Budidaya Tomat Hidroponik Dengan Mudah

Di masa kemarau, hama tumbuhan lebih banyak melanda serangga semacam kutu daun, yang menularkan virus keriting serta jamur berbulu halus. Di masa kemarau Kamu pula wajib giat melaksanakan pengairan.

Tipe tumbuhan yang sesuai ditanam dikala masa kemarau merupakan: Jagung, Ubi Jalar, Ubi Kayu, Tomat, Kentang, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Labu, dll.

Tipe umbi-umbian ini nyatanya menciptakan umbi-umbian yang bermutu baik apabila dipanen pada dikala kemarau. masa.


Tumbuhan buat Masa Peralihan (Pancaroba)

Sesungguhnya yang sangat ditunggu-tunggu oleh para petani handal merupakan masa Pancaroba. Sebab pada masa pancaroba, nyaris seluruh tipe tumbuhan bisa dibudidayakan secara normal.

Populasi hama serta penyakit pula terletak pada tingkat sedang sehingga gampang buat diatasi. Alhasil, panen di masa Pancaroba ialah panen yang sempurna.

Catatan tumbuhan yang sesuai buat ditanam pada masa Peralihan (Pancaroba) sangat banyak, antara lain sebagai berikut: Padi, Cabai, Tomat, Terong, Timun, Semangka, Melon, Umbi-umbian, sayur mayur serta tipe sereal yang lain pula sesuai buat ditanam di masa pancaroba.

Yang sangat diingat petani merupakan tumbuhan cabai yang fenomenal sebab biayanya yang fluktuatif.

Bila tumbuhan cabai ditanam pada masa hujan, buahnya hendak membusuk sebab penyakit antraknosa.

Sebaliknya apabila ditanam pada masa kemarau, daun hendak menggulung (puret) serta menguning akibat serbuan kutu daun.

Sehingga sesuai ditanam pada bulan Februari- Maret supaya panen pada dikala masa kemarau.

Demikian penjelasan kami tentang Bulan Yang Tepat Menanam Cabe dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.