Cara Menanam Bunga Bird of Paradise Agar Cepat Berbunga

√ Cara Menanam Bunga Bird of Paradise Agar Cepat Berbunga

Diposting pada

Cara Menanam Bunga Bird of Paradise Agar Cepat Berbunga – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Bunga Bird of Paradise. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara menanam Bunga Bird of Paradise agar cepat berbunga. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Cara Menanam Bunga Bird of Paradise Agar Cepat Berbunga

Bunga Bird of Paradise merupakan salah satu jenis bunga yang berasal dari Afrika Selatan. Tanaman ini bisa hidup dalam iklim 10-23 derajat celcius. Nama lain bunga bird of paradise adalah strelitzia reginae.

Bunga ini memiliki daun yang tebal serta keras dan memiliki bentuk menyerupai bentuk kepala burung, yakni burung cendrawasih. Dimana burung tersebut memiliki julukan bird of paradise. Sehingga bunga ini dijuluki dengan bunga bird of paradise.

Bunga bird of paradise adalah bunga yang mampu hidup di cuaca yang terbilang panas. Selain, dapat di tanam langsung di tanah, bunga bird of paradise ini juga dapat di tanam di dalam pot.

Persiapan Bibit Bunga Bird of Paradise

Untuk menanam bunga ini pilihlah benih bunga bird of paradise yang dibeli berkualitas bagus. Tapi jika menggunakan benih, akan memerlukan waktu kurang lebih sekitar tujuh tahun agar tanaman ini bisa berbunga. Maka kami menyarankan membeli tanaman bunga bird of paradise yang telah dewasa.

Apabila menggunakan benih, benih kemudian langsung direndam dengan air biasa. Rendaman benih kurang lebih selama 3 hari, jangan lupa untuk selalu mengganti air rendaman selama 3 hari.

Baca Juga:  √ Mengenal Jenis-Jenis Kopi Budidaya (Terengkap)

Penanaman Bunga Bird of Paradise

Jika sudah direndam selama tiga hari, siapkan lahan untuk menanam benih. Jika memutuskan untuk menanam di luar rumah, maka pastikan temperatur suhu lingkungan tidak terlalu kurang dan terlalu melebihi 10-23 derajat celcius.

Jika suhu melebihi atau bahkan kurang dari suhu tersebut, lebih baik gunakan pot dalam menanamnya dan meletakkannya di dalam rumah. Tujuannya agar bunga bird of paradise bisa atau dapat tetap bertahan hidup.

Karena tanah yang subur dapat mempengaruhi pertumbuhan bunga. Maka perlu disiapkan media tanam berupa tanah yang lembap dan subur lalu campur dengan pupuk kompos.

Tanah yang sudah ditentukan untuk lokasi penanaman digali dengan kedalaman sekitar 35 cm. Karena bunga ini akan dapat tumbuh lebih besar jika ditempatkan di tanah. Pertumbuhannya bisa mencapai lebar sekitar 4,5 meter dengan ketinggian kurang lebih 6 meter.

Jika menggunakan pot sebagai media tanam, sebaiknya gunakan pot berbahan tanah liat. Kemudian isi pot dengan tanah lempung yang memiliki kandungan nutrisi yang bagus. Sehingga meski tanah berlempung masih memiliki kesuburan untuk dijadikan media tanam. Tapi tanaman tidak akan tumbuh membesar seperti jika ditanam di tanah langsung.

Cara Menanam Bunga Bird of Paradise Agar Cepat Berbunga

Perawatan Bunga Bird of Paradise

Lakukan penyiraman selama dua minggu sekali, pada musim dingin bisa dikurangi intensitas penyiraman. Jika tanaman berada didalam pot, pastikan rutin membuang air yang menggenang pada bagian di bawah pot.

Lakukan pemberian pupuk pada dasar tanaman setiap dua kali dalam seminggu. Untuk mengatasi hama ulet pada tanaman bisa dilakukan dengan cara mengambil dan memusnahkannya. Karena penggunaan pestisida bisa menyebabkan kerusakan pada tanaman

Bunga bird of paradise yang sudah tumbuh besar, bisa dibagi menjadi beberapa bagian, selain untuk membuatnya lebih indah, agar pot yang digunakan bisa sesuai dengan besar tanaman. Pada saat pembagian, lakukan secara hati-hati agar tidak merusak struktur akarnya.

Baca Juga:  √ Panduan Cara Budidaya Kacang Panjang Dalam Polybag

Demikian penjelasan tentang Cara Menanam Bunga Bird of Paradise Agar Cepat Berbunga. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.