Cara Budidaya Ikan Palmas : Kriteria, Pemijahan, Pemeliharaan Dan Panduan

2 min read

Cara Budidaya Ikan Palmas : Kriteria, Pemijahan, Pemeliharaan Dan Panduan

Cara Budidaya Ikan Palmas : Kriteria, Pemijahan, Pemeliharaan Dan Panduan – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Budidaya Ikan Palmas.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Budidaya Ikan Palmas bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Budidaya Ikan Palmas berikut ini.


Cara Budidaya Ikan Palmas : Kriteria, Pemijahan, Pemeliharaan Dan Panduan


Palmas merupakan ikan pemangsa (predator), karnivora yang diperkirakan habitat asalnya di Afrika Barat.

Termasuk jenis ikan bersirip banyak serta terkategori ikan primitif serta kerap disebut sebagai snake like fish ataupun ikan ular.

Keunikan lain dari ikan palmas ialah tidak hanya berenang cepat dengan sirip serta ekornya semacam ikan pada umumnya.

Ikan ini bisa berjalan seperti makhluk berkaki walaupun dengan gerak terbatas, ikan ini pula bisa berjalan di atas dasar permukaan air.

Ikan hias ini menyukai keadaan air dengan pH dekat 6,5-7 serta temperatur hampir 16-27 derajat Celcius. Pakan utamanya merupakan daging ikan, udang ataupun ikan hidup.

Sampai saat ini kesempatan usaha ikan palmas masih sangat menjanjikan serta menguntungkan apabila dilakukan dengan rutin, kesabaran serta ketelatenan.


Kriteria Indukan

  • Kedua indukan yang dipilih wajib berumur minimun 1 tahun dengan keadaan sehat serta bebas penyakit.
  • Mempunyai warna serta corak badan yang lembut serta pula menarik.
  • Indukan jantan dicirikan dengan sirip lebar serta ukuran badan sepadan. Indukan betina mempunyai sirip kecil dengan ukuran badan agak gendut serta besar.
  • Kedua indukan mempunyai gerakan yang aktif.
Baca Juga:  Cara Menanam Buncis : Tahapan, Pengolahan, Perawatan Dan Memanen

Pemijahan Indukan Ikan Palmas

Tahapan berikutnya merupakan melakukan pemijahan yang dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan wadah baskom ataupun pula akuarium, tambahkan substrat bisa memakai serabut kelapa ataupun ijuk buat nantinya tempat meletakkan telur ikan.
  • Masukkan indukan kedalam wadah, pemijahan bisa dilakukan secara sendiri-sendiri ialah 2 indukan jantan serta betina dalam satu wadah, dan bisa pula dilakukan secara massal ialah memasukkan 2 indukan jantan serta 3 indukan betina.
  • Bila dilakukan secara masaal maka hendaknya wadah yang digunakan pula berukuran besar, tetapi bila dilakukan sendiri maka pakai wadah kecil saja.
  • Didalam wadah ditambahkan aerator supaya oksigen selalu ada di dalam air.
  • 2-3 hari sehabis proses pemijahan maka umumnya telur telah Terlihat melekat pada substrat, tetapi bila belum ada telur yang melekat dalam di cek keesokan harinya lagi.
  • Bila telur telah melekat di dalam substrat maka hendaknya pindahkan ke wadah penetasan buat selanjutnya supaya telur bisa menetas yang pasti hendak berbeda dengan metode budidaya ikan gurame soang.

Pemeliharaan Anakan Ikan Palmas

Sehabis 2 hingga 3 hari telur ikan menetas maka hendak berganti jadi burayak. Burayak ialah anakan ikan yang masih memiliki benjolan pada bagian perutnya ataupun sebagai sumber santapan.

Oleh sebab itu kita tidak perlu lagi buat memberikan pakan pada anakan ikan. Sehabis benjolan lenyap maka dapat langsung diberikan pakan ikan yang khusus buat anakan.

Apabila ukuran anakan bertumbuh besar maka dapat dipindahkan ke dalam wadah yang lebih besar biar perkembangan ikan dapat maksimal.

Wadah yang digunakan buat pembesaran dapat memakai akuarium ataupun dapat pula kolam terpal. Namun Kamu perlu pastikan kalau betul-betul ideal serta bisa menunjang perkembangan ikan palmas.

Baca Juga:  Budidaya Manggis : Tahap, Pemilihan, Pengelolaan, Perawatan Dan Pemanenan

Cek pH air harus terletak di kisaran angka 5 hingga 8 namun yang sangat sempurna merupakan 7. Sedangkan temperatur air wajib mencapai 26 hingga 28 derajat celcius.

Tambahkan pula aerator di dalam kolam biar ketersediaan oksigen selalu ada serta ikan nantinya tidak hendak kekurangan okisigen.

Disamping itu, Kamu pula dapat meningkatkan tanaman-tanaman hijau semacam misalnya rumput-rumputan biar ikan palmas dapat berteduh serta supaya dapat nampak lebih cocok dengan habitat aslinya.

Cara Budidaya Ikan Palmas : Kriteria, Pemijahan, Pemeliharaan Dan Panduan


Panduan Budidaya Ikan Palmas

Budidaya ikan palmas termasuk jenis budidaya yang memiliki persaingan yang ketat. Maka dari itu kamu wajib betul-betul berjaga-jaga terlebih lagi investasi buat usaha ini pula relatif tidak murah.

Maka buat dapat mencapai keberhasilan hendaknya kamu harus mencermati beberapa perihal berikut ini:

  • Pemberian Pakan

Pakan diberikan secara teratur dengan jatah yang sesuai dengan kebutuhan ikan, jenis pakan yang diberikan dapat berbentuk pellet yang memiliki protein besar, ataupun pula jenis pakan yang lain semacam cacing sutera, daphia ataupun pula udang kecil.

Waktu pemberian pakan dilakukan sebanyak 3 kali dalam satu hari ialah pada pagi, sore serta pula malam hari. Berikan pakan secara sedikit-demi sedikit biar sisa pakan tidak mengotori kolam ataupun akuarium.

  • Penanggulangan Penyakit

Dalam budidaya ikan hias penyakit merupakan musuh utama yang dapat menggagalkan proses budidaya.

Oleh karena itu penanggulangan terhadap penyakit wajib dilakukan secara intensif dengan metode serta tata cara preventif salah satunya merupakan dengan melindungi kebersihan serta sjuga sanitasi disekitar kolam.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Budidaya Ikan Palmas dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.