Cara Menanam Daun Pandan Di Pot Dengan Benar

2 min read

Cara Menanam Daun Pandan Di Pot Dengan Benar

Cara Menanam Daun Pandan Di Pot Dengan Benar – Pada kesempatan ini Kebun akan membahas mengenai Cara Menanam Daun Pandan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara menanam daun pandan di pot dengan benar bagi pemula. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel Kebun berikut ini.

Cara Menanam Daun Pandan Di Pot Dengan Benar

Hampir semua orang telah mengetahui tentang daun pandan, terutama bagi kaum hawa yang sangat suka memasak. Tentunya sangat familiar dengan daun pandan, karena sering digunakan untuk membuat masakan agar lebih harum aromanya.

Daun pandan juga sering dibutuhkan untuk keperluan membuat kue manis atau kolak terutam pada saat bulan puasa yang disajikan sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Sebenarnya daun padan dapat dipakai unutk kebutuhan lain yang memang tentunya tujuan untuk membuat sesuatu agar lebih wangi. Mungkin karena terlalu seringnya digunakan daun ini maka ada rasa keinginan untuk menanamnya sendiri. Lalu bagaimana cara menanam daun pandan?

Bagi Anda yang terbilang masih pemula dengan tanam menanam akan beramsumsi bahwa cara menanam pandan itu sulit. Pada kenyataannya, untuk menanam daun pandan sendiri cukup mudah sebab tanaman ini tergolong kedalam jenis tanaman yang mudah tumbuh. Tanaman ini dapat tumbuh dipekarangan dengan memakai pot atau juga pada area depan rumah Anda. Sebab tanaman ini tidak memerlukan tempat yang luas sebagai media tumbuhnya.

Cara Menanam Daun Pandan

Cara Menanam Daun Pandan Di Pot Dengan Benar

Untuk menanam daun pandan yang mana sangat cocok pada daerah dataran tinggi, sebab tanaman ini suka dengan suhu dingin dan memiiki kelembapan yang tinggi. Pandan yang berdaun banyak, lebar dan panjang sehingga tingkat penguapannya cukup tinggi maka tanaman ini memerlukan banyak air. Namun bukan berarti Anda yang tinggal pada daerah dataran rendah tidak dapat menanamnya.

Baca Juga:  √ Panduan Cara Budidaya Pohon Jenitri Agar Cepat Berbuah

Anda tetap dapat menanam daun pandan, asalkan dengan perawatan yang benar dan selalu diperhatikan intensitas pengairannya. Anda juga harus rajin menyirami tanaman ini setiap harinya agar kondisi tanah tetap lembab. Berikut ini beberapa tahapan dalam menana daun pandan, diantaranya:

Persiapan Media Tanam

Pertama dalam menanam pandan tahapan yang dilakukan cukup berbeda, Anda harus menyiapkan media tanam terlebih dahulu, dengan cara:

  • Menggemburkan tanah dengan dicangkul dan Anda berikan pupuk dengan campuran kompos dan pupuk kandang.
  • Lalu buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 22 sampai 27 cm dan jarak tanam yaitu 1 meter pada tiap lubang tanamnya.
  • Anda juga harus memberikan pupuk kandang sekitar 2 kg
  • Maka media tanam siap untuk ditanam dan diolah.

Siapkan Bibit Tanaman

Setelah persiapan media tanam telah siap Anda dapat segera menanam bibit pandan bibit pandan bisa didapatkan dari tunas tunggal pandan lain yang telah menghasilkan dan berakar gantung. Bila tidak berakar gantung, pandan tidak akan dapat tumbuh dengan baik. Bibit pandan sebaiknya ditanam ke arah tegak lurus, kemudian timbun bibit tersebut dengan tanah yang telah dipersiapkan tadi. Anda juga perlu memadatkan tanah supaya tanaman tidak mudah roboh seteah selesai ditanam.

Untuk menanam pandan Anda bisa melakukannya kapan pun, hal terpenting  yaitu tananam yang akan ditanam tidak kering dan layu selama masa pertumbuhan. jangan lupa untuk menyiram tanaman ini secara teratur pada pagi dan sore hari. Selama satu minggi ada baiknya pandan yang baru ditanam agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung saat siang hari yang terik.

Teknik Pemupukan

Setelah tiga bulan masa penanaman, sebaiknya Anda memberikan pupuk buatan dengan dosis campuran 20 gr KCL dan 50 gr Urea ZA. Pemupukan dapat Anda lakukan setelah penyiangan rumput liar yang dapat menghambat pertumbuhan pandan. Setelah padan berumur satu tahun, Anda dapat memberi pupuk kandan dan pupuk buatan dengan dosis yang sama banyaknya dari sebelumnya.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Gurame : Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Teknik Perawatan

Tanaman pandan bisa terserang penyakit atau hama penggerek pucuk. Bila pucuk tanaman terdapat lubang kereknya sehingga terdapat kotoran ulat, segera Anda obati dengan menyuntikan insektisida pada pucuk yang dihinggapi ulat, insektisida ini biasanya dipakai yaitu Dimecron atau Diazinon sebanyak 2 cc saja untuk tiap tananam pandan yang terjangkit. Pandan biasanya terserang hama penggerek pucuk yang lebih dikenal dengan sebutan ulam.

Walau panda suka dengan air, namun pada musim penghujan Anda harus mengurangin intensitas kadar penyiramannya. Bila pada musim kemarau atau kering Anda lakukan penyiraman rutin, maka pada musim penghujan Anda cukup menyiramnya satu kali sehari. Bila terlalu banyak air maka akar pada tanaman pandan bisa mudah membusuk.

Masa Panen

Panen bisa Anda lakukan pada tahun ketiga seusai penanaman pandan yang pertama kali. Seterusnya Anda dapat melakukan pemanenan 1 – 2 bulan. Panen ini dapat terus dilakukan selama 10 hingga 20 tahun. Jangan pernah lupa untuk melakukan peremajaan pada tanaman yang tidak menghasilkan, mati atau layu. Proses penanam pandan cukup mudah untuk dilakukan, namun Anda harus bersabar untuk menunggu betahun-tahun agar dapat memanennya.

Sebaiknya bila Anda menginginkan budidaya pandan, anda tentu harus melakukan budidaya tanaman lainnya. Hal ini supaya Anda tidak bosan menunggu hasilnya, dan sambil menunggu dengan hasil panen tanaman lainnya. Daun pandan yang telah Anda panen harus segera digunakan untuk memasakatau untuk keperluan lainnya sebelum daun pandan menggulung. Daun itu dibelah menjadi kecil atau disuak dengan ukuran 2 – 6 mm. Kemudian Anda ikat dan rebus selama kurang lebih 1- sampai 30 menit. Setelah Anda merebusnya segera rendam kedalam air dingin selama satu malam.

Demikian penjelasan mengenai Cara Menanam Daun Pandan Di Pot Dengan Benar, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Menanam Blimbing Wuluh

Farming
2 min read

Cara Menanam Daun Bidara

Farming
3 min read

Cara Menanam Bambu

Farming
2 min read