Cara Menanam Okra : Metode, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

2 min read

Cara Menanam Okra : Metode, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

Cara Menanam Okra : Metode, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Okra.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Okra bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Okra berikut ini.


Cara Menanam Okra : Metode, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan


Okra nama polong sayuran dari Asia Barat. Nama ilmiahnya adalah Abelmoschus esculentus. Orang Jepang menyebutnya Okura. Okra mudah ditemukan di supermarket. Tapi, Anda tidak mencari di pasar tradisional. Tidak tersedia!

Okra adalah sayuran buah yang dapat diolah menjadi berbagai makanan lezat dan bergizi untuk kesehatan. Okra termasuk dalam keluarga genus Hibiscus dari keluarga Malvaceae (kapas – kapas).

Tanaman ini memiliki julukan Lady’s Finger karena buahnya yang panjang dan meruncing di ujungnya seperti jari -jari wanita yang meruncing. Panjang buah bisa mencapai 12 – 15 cm.

Orang Jepang menyukai okra sebagai sup sayuran yang merupakan menu pembuka. Anda juga dapat menikmati okra dengan menumisnya dalam berbagai menu menggoda.

Seperti tumis tahu okra, tumis sayur okra, tumis sosis okra, tumis okra ayam pedas, dan berbagai resep lainnya.


Metode Menanam Okra

Persiapan lahan

Tanah yang sudah gembur dan bersih dari gulma, kemudian dibuat bedengan dengan lebar 90-100 cm, tinggi 20 – 30 cm dan panjang bedengan yang menyesuaikan lahan.

Antara ranjang dibuat jarak sekitar 50 – 70 cm. Jika pH tanah di bawah 5,5, pengapuran harus dilakukan dengan menabur di bedengan. Tempat tidur dibiarkan selama 10 – 15 hari kemudian ditutup dengan mulsa plastik.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Gurame : Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Persiapan bibit/benih

Biji dapat dibuat sendiri atau dibeli di toko pertanian. Biji okra buatan sendiri diperoleh dari biji okra tua yang warnanya menghitam. Benih direndam selama 4-6 jam, kemudian benih direndam selama pencelupan.

Setelah bijinya diperoleh, maka bijinya bisa ditabur di polybag yang telah diisi media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2: 1.

Setelah biji okra memiliki ketinggian sekitar 15 -20 cm, maka benih bisa dipindahkan ke tanah.

Penanaman

Biji okra dapat ditanam langsung ke ladang dengan merendam 2 – 3 biji dalam lubang tanam dan kemudian menutupinya dengan tanah.

Namun, jika benih berasal dari bibit, benih perlu dimasukkan dengan hati-hati ke dalam lubang tanam yang telah dibuat dan kemudian ditumpuk dan dipadatkan. Menanam okra di sore hari.

Cara Menanam Okra : Metode, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan


Perawatan

Dalam proses perawatan, ada beberapa jenis perawatan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tanaman Okra Anda. Perawatan ini adalah penyiraman, aplikasi pupuk, dan pengendalian hama.

Penyiraman

Tanaman okra termasuk tanaman yang hanya bisa tumbuh secara maksimal jika kebutuhan airnya terpenuhi.

Penyiraman untuk tanaman Okra dapat dilakukan 2 kali sehari untuk menjaga kelembaban tanah. Tetapi jika hari sedang hujan, penyiraman bisa ditunda hingga hari berikutnya.

Pengendalian Hama Tanaman Okra

Salah satu kelebihan tanaman Okra dibandingkan dengan tanaman lain adalah daya tahannya. Tanaman okra dikenal sebagai tanaman yang tahan terhadap serangan hama.

Tetapi bahkan jika seperti itu, itu tidak berarti bahwa tanaman Okra tidak memiliki hama lain. Hama pengganggu yang biasa ditemukan di tanaman Okra adalah kutu busuk atau jagung.

Langkah – langkah untuk menangani pengendalian hama dapat dilakukan secara manual. Yaitu dengan mengambil kutu dan menyingkirkannya atau menyemprot tanaman dengan larutan sabun.

Baca Juga:  Cara Menanam Sawi Dengan Mudah dan Hasil Melimpah

Langkah ini berfungsi untuk mengontrol populasi kutu busuk di pabrik Okra. Karena jika dibiarkan, maka bug yang busuk akan semakin banyak. Salah satu tanda tanaman Okra yang terserang hama ini adalah adanya lubang di daun.


Panen Buah Okra

Panen okra dapat dimulai saat tanaman berumur 60 – 70 hari. Okra dipanen saat masih muda, panjangnya sekitar 10-12 cm.

Buah okra yang panjangnya lebih dari 12 cm atau sudah tua tidak cocok untuk panen dan dikonsumsi sebagai sayuran. Karena rasanya tidak enak dan agak sulit.

Panen dapat dilakukan setiap 2 atau 3 hari, dan berlangsung hingga 2 – 3 bulan sejak panen pertama. Masa panen tergantung pada kondisi tanaman dan perawatan tanaman.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Okra dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.