Cara Menanam Selasih

2 min read

Cara Menanam Selasih

Cara Menanam Selasih – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Selasih. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Selasih bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Selasih berikut ini.


Cara Menanam Selasih


Basil ataupun Selasih ataupun tlasih (Ocimum basilikum) ialah tumbuhan kuno yang dibudidayakan di mesir kurang lebih semenjak 3000 tahun yang lalu.

Kata Basil berasal dari Yunani yang berarti Raja. Di Indonesia, basil/selasih disamakan dengan tumbuhan kemangi, sementara itu keduanya berbeda tetapi masih saudara.

Kemangi ialah anggota keluarga basil yang berbau semacam lemon ataupun kerap diucap dengan lemon basil.

Tetapi tidak seluruh basil merupakan kemangi, terdapat yang berbentuk holy basil, basil sweet genovese serta banyak lagi kultivar serta spesies genus ocimum.

Orang Eropa secara tradisional memahami O.basilicum (basil ataupun sweet basil) bagaikan rempah yang diwariskan dari tradisi Yunani Kuno.

Di India, selasih yang sangat diketahui merupakan tlasi ataupun tulasi (holy basil, O.tenuiflorum syn. O.sanctum).

Di Thailand serta negara lain setempat selasih diketahui dengan horapa (Thai basil, O.basilicum convar. Thyrsiflorum) serta manglak (Thai lemon basil, O.×citriodorum)

Di sebagian wilayah di Indonesia, Basil ataupun tumbuhan selasih mempunyai banyak nama lain antara lain semacam solasih (sunda), selaseh (melayu) luluru/ruku-ruku (sulawesi).

Basil banyak dimanfaatkan buat membuat minyak atsiri, buat penyedap makanan (sebagian santapan Italia serta Perancis), digunakan dalam minuman.

Bagaikan bahan aroma pengobatan, bagaikan bahan parfum serta kosmetik, tumbuhan obat serta bagaikan pengusir nyamuk.

Baca Juga:  Budidaya Manggis : Tahap, Pemilihan, Pengelolaan, Perawatan Dan Pemanenan

Morfologi Tumbuhan Basil

Tumbuhan basil bisa berkembang optimal dengan ketinggian 30 centimeter, tetapi terdapat sebagian tipe basil yang bisa berkembang dengan ketinggian 100 centimeter.

Tumbuhan basil mempunyai banyak cabang dengan corak hijau sampai ungu serta nampak berbulu bila masih muda.

Daun basil terdapat yang bercorak hijau maupun ungu, permukaan daun halus maupun sedikit berbulu, berkembang tunggal berhadapan dengan wujud menyamai wujud bundar telur ataupun elips.

Tepi daun bergerigi serta runcing pada bagian ujung. Panjang daun basil hampir 5-7,5 centimeter serta lebar hampir 1,5-2,5 centimeter.

Tumbuhan basil pula mempunyai bunga bercorak putih keunguan, bersifat majemuk serta berbulu pada bagian luarnya.

Dari bunga tersebut setelah itu hendak timbul biji basil ataupun biji selasih. Buah basil ataupun biji selasih tersebut mempunyai cangkang berdimensi 1-2 milimeter dengan corak gelap sampai cokelat tua.

Wujud biji selasih kecil mirip dengan biji wijen tetapi apabila direndam hendak nampak selaput putih membungkus biji selasih tersebut.

Cara Menanam Selasih


Metode Menanam ataupun Budidaya Basil ataupun Selasih

Persiapan Bibit Basil ataupun Selasih

Perbanyakan bibit tumbuhan basil ataupun selasih ini bisa dicoba lewat biji ataupun stek batang.

  • Metode memperbanyak bibit selasih ataupun basil lewat biji bisa dicoba dengan mengecambahkan benih basil ataupun selasih terlebih dulu pada kapas/tisu/handuk basah ataupun lembab. Tetapi, biji tersebut bisa langsung ditanam ke media tanam tanpa perlu penyemaian.
  • Metode perbanyakan bibit selasih ataupun basil lewat stek batang dicoba dengan memotong batang yang lumayan besar serta kokoh, kemudian masukkan ke toples ataupun wadah lain yang berisi air serta letakkan ditempat yang teduh, umumnya pada hari keempat pangkal hendak timbul serta bisa dipindah tanamkan.

Penanaman Tumbuhan Basil ataupun Selasih

Metode menanam basil ataupun basil yang berasal dari biji benih. berikut sepenuhnya:

  • Awal, siapkan terlebih dulu media tanam berbentuk kombinasi tanah, sekam serta pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1:1:1 kemudian beri air sampai lembab.
  • Berikutnya, masukkan media tanam tersebut dalam pot/polybag semai serta letakkan biji benih selasih tersbut kemudian timbul kembali.
  • Tutup media semai tersebut ataupun letakkan di tempat yang hitam/sejuk. Jaga kelembaban media tanamnya, jalani penyiraman dengan air seperlunya.
  • Sehabis 1-3 minggu, biji telah mulai berkecambah. Berikan cahaya matahari kurang lebih hampir 1 jam pada pagi hari secara teratur sampai tumbuhan berkembang setinggi 10 centimeter serta bisa dipindahkan ke media tanam sesungguhnya. Pemindahan tersebut dicoba dengan hati-hati jangan sampai mengganggu tumbuhan tersebut.
Baca Juga:  √ Cara Menanam Tanaman Christia Obcordata Bagi Pemula

Metode menanam basil ataupun selasih dari bibit stek batang, berikut sepenuhnya:

Bila bibit stek batang selasih/basil telah mempunyai banyak pangkal, berikutnya pindah tanamkan ke pot/ =polybag tanam yang sudah berisi media tanam berbentuk kombinasi tanah, sekam serta pupuk kandang/ =pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1.


Metode Merawat serta Panen Tumbuhan Basil ataupun Biji Selasih

Supaya tumbuhan basil/selasih berkembang dengan baik jalani penyirman serta pemberian cahaya matahari secara teratur, tidak hanya itu jalani pula pemberian pupuk cair dengan takaran standar 1:1.

Apabila tumbuhan basil telah setinggi 25 centimeter, basil ataupun selasih telah dapat dipanen. Seleksi daun yang telah besar buat dipetik. Daun dipetik di bagian ujung tangkai.

Sehabis pemanenan, senantiasa jalani perawatan supaya tumbuhan bisa bertahan serta pucuk daun terus berkembang.

Supaya daun kilat berkembang serta lebat, dikala mulai berbunga, hendaknya bunga dipotong supaya nutrisi yang diperlukan cuma tertuju pada daun.

Tetapi bila mau mengambil biji selasihnya maka bunga senantiasa dipertahankan sampai timbul biji baru dari bunga.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Selasih dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.