Hidroponik NFT

2 min read

Hidroponik NFT

Hidroponik NFT – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Hidroponik NFT.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Hidroponik NFT Masbagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Hidroponik NFT berikut ini.


Hidroponik NFT


Sistem Hidroponik NFT dianggap sistem yang sangat sesuai buat skala industri sebab sebagian keunggulan dibanding sistem lain.

Saat sebelum kita mengulas keunggulannya, terdapat baiknya kita bahas dahulu apa itu Sistem Hidroponik NFT.

NFT ialah kepanjangan dari Nutrient Film Technique, konsep dasar sistem ini merupakan mengalirkan nutrisi hidroponik ke pangkal tumbuhan secara tipis (film).

Tujuan dari pengaliran secara tipis ini merupakan biar pangkal tumbuhan dapat mendapatkan konsumsi Air, Oksigen serta Nutrisi yang lumayan.

Kebutuhan pokok dari sistem ini merupakan Gully yang dipakai sebagai penopang netpot serta buat mengalirkan air nutrisi, tetapi dapat ditukar memakai talang air.

  • Netpot langsung menyentih dasar Gully/talang sehingga pangkal ataupun media tanam langsung teraliri air nutrisi.
  • Gully dipasang miring supaya air nutrisi dapat mengalir secara terus menerus tanpa terdapat genangan di dalam gully. Kemiringan dari gully umumnya antara 5–10 derajat.
  • Air nutrisi dalam sistem NFT ini dialirkan terus menerus secara tipis serta tidak terdapat genangan air di dalam gully/talang serta ini merupakan yang membedakan dengan sistem hidroponik yang lain.
Baca Juga:  Cara Merawat Tanaman Tomat Agar Berbuah Lebat

Semacam yang telah di informasikan diawal, kalau sistem NFT ini sangat banyak dipakai buat skala perkebunan besar ataupun skala Industri.


Kelebihan Sistem NFT

Perkembangan tumbuhan lebih kilat dibanding dengan sistem lain.

Perihal yang sangat utama yang menimbulkan perkembangan lebih cepat merupakan kebutuhan pangkal tumbuhan hendak Air, Nutrisi serta Oksigen tercukupi.

Netpot serta media tanam yang langsung menyentuh ke dasar gully menimbulkan pangkal dapat langsung terserang aliran nutrisi.

Tidak hanya itu, dasar gully yang datar membuat pangkal lebih bebas buat menyebar sehingga penyerapan nutrisi dapat lebih optimal.

Sangat gampang buat mengendalikan kondisi nutrisinya.

Kunci utama dalam hidroponik terletak pada nutrisinya, apabila pemberian serta pengaturan nutrisi dapat terkendali hingga proses pertumbuhannya hendak sesuai dengan yang diinginkan.

Kontrol nutrisi dapat dicoba dibak penampungan ataupun di dalam gully sehingga dapat ditentukan apakah nutrisi terdistribusi dengan baik.

Efek pengendapan kotoran di dalam gully sangat sedikit.

Semacam yang telah disebutkan diawal kalau air dialirkan secara terus menerus tanpa mengendap di dalam gully.

Perihal ini sangat menguntungkan sebab kotoran maupun residu nutrisi sangat sedikit sekali yang melekat pada gully.

Perkembangan tumbuhan dapat seragam

Nutrisi serta aliran air yang didapatkan tiap-tiap tumbuhan yang sama membuat perkembangan tumbuhan di seluruh bagian jadi rata serta seragam.

Perihal ini pula hendak sangat menguntungkan, sebab keseragaman ini membuat tumbuhan hendak berkembang secara maksimal sehingga tidak terdapat tumbuhan lebih dominan yang bisa mengusik tumbuhan yang lebih kecil.

Hidroponik NFT


Tidak hanya 4 kelebihan di atas, sistem hidroponik NFT mempunyai sebagian kekurangan:

Sistem NFT sangat bergantung dengan listrik.

Air nutrisi wajib selalu dialirkan ataupun disirkulasi ke gully, maka pemakaian pompa listrik wajib terus dicoba buat memompa air nutrisi ke atas.

Baca Juga:  Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Berbeda dengan sistem lain yang terdapat genangan airnya, bila listrik mati sehingga tumbuhan hendak kekurangan air serta nutrisi.

Maka sistem ini sangat tidak sesuai buat wilayah yang kerap terdapat pemadaman listrik.

Penyebaran penyakit yang diakibatkan oleh jamur pada air hendak sangat cepat.

Air nutrisi yang disirkulasi hendak membawa dan menyebarkan jamur ke tiap-tiap tumbuhan dengan cepat. Jadi kala salah satu terserang jamur, hendak meluas ke tumbuhan yang lain dengan sangat kilat.

Investasi buat pembuatan instalasi terkategori mahal.

Sistem hidroponik NFT ini mewajibkan mengenakan penopang/gully yang permukaan bawahnya rata. Harga gully buat pembuatan instalasi ini masih terkategori mahal serta masih sulit didapatkan.

Demikian penjelasan kami tentang Hidroponik NFT dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.