Hidroponik Rumahan

2 min read

Hidroponik Rumahan

Hidroponik Rumahan – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Hidroponik Rumahan.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Hidroponik Rumahan bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Hidroponik Rumahan berikut ini.


Hidroponik Rumahan


Hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa media tanah serta memakai air. Walaupun demikian, memiliki tumbuhan hidroponik tidak memerlukan banyak air semacam saat menanam memakai media tanah.

Tumbuhan hidroponik sesuai untuk kalian yang mau mengirit air, ataupun tinggal di wilayah yang tidak mempunyai banyak pasokan air.

Bukan cuma membuat halaman vertikal, membuat kebun berisi tumbuhan hidroponik juga tidak sesulit yang dibayangkan.

Bahan-bahannya gampang ditemui di pasaran, misalnya saja pralon serta gelas plastik. Buat kalian yang tertarik, langsung saja ikuti metode yang hendak Kami jelaskan berikut ini!

Hidroponik Rumahan


Cara Membuat Hidroponik Rumahan

  • Mempersiapkan perlengkapan serta bahan buat kebun tumbuhan hidroponik

Untuk membuat kebun tumbuhan hidroponik, kalian memerlukan pipa paralon dengan diameter 3 inci, gelas plastik, penyambung paralon, penutup paralon, gergaji, selang, pompa aquarium, perlengkapan solder, perlengkapan bor, air, spons, serta biji tumbuhan hidroponik.

  • Melubangi pipa paralon buat tumbuhan hidroponik

Pakai bor untuk membuat lubang dipanjang pipa paralon yang telah disiapkan buat tumbuhan hidroponik. Sesuaikan lubang pipa dengan ukuran gelas plastik yang hendak kalian pakai.

Hendaknya, beri jarak antar lubang hampir 20 centimeter supaya tumbuhan tidak saling terjepit. Lakukan perihal serupa dengan 1 buah pipa paralon lagi.

Baca Juga:  Kalkun : Pengertian Kalkun, Jenis Dan Sistem Budidaya Ayam Kalkun

Tutup salah satu ujungnya dengan penutup paralon serta hubungkan lubang yang lain dengan pipa paralon lain memakai penyambung pipa. Sehabis itu, kunci ujung pipa dengan penutup paralon.

  • Lubangi gelas plastik

Langkah berikutnya ialah lubangi gelas plastik buat tumbuhan hidroponik yang hendak dibudidayakan.

Alat yang sangat gampang buat melubangi gelas plastik tersebut merupakan solder. Apabila Kamu tidak memilikinya, dapat pula memakai pisau ataupun cutter buat melubanginya.

Setelah itu, letakkan gelas plastik tersebut ke dalam paralon yang telah disiapkan sebelumnya. tinggalkan satu lubang paralon untuk tempat memberikan nutrisi yang berupa cair pada tumbuhan.

  • Memasang pompa air buat kebun tumbuhan hidroponik

Gunakanlah beberapa selang serta pompa air buat mengairi tumbuhan yang hendak dibudidayakan.

Metode kerja perlengkapan ini nyaris sama dengan sistem irigasi pada biasanya. Perihal ini pula berlaku untuk Kamu yang memakai metode hidroponik jenis drip system.

Apabila Kamu memakai metode jenis sumbu, pompa air ini tidak perlu dipasang. Pompa air ini pula tidak peru dinyalakan tiap saat.

Cukup nyalakan pada pagi hari saja. Setelah itu, perhatikan tingkat ketinggian air. Jangan sampai air penuhi paralon. Perihal ini dapat menimbulkan tumbuhan mati sebab kekurangan oksigen.

  • Meletakkan bibit tanaman

Apabila tempat buat menanam telah siap, sajikan spon yang telah dipotong dengan ukuran separuh gelas plastik. Setelah itu, letakkan biji tumbuhan di atas spon tersebut.

Pemakaian spon ini sangat diajarkan sebab spon sanggup meresap air lebih lama. Sehingga, tumbuhan tersebut tidak gampang kekeringan.

  • Berikan larutan nutrisi pada tanaman

Nah, supaya tumbuhan dapat berkembang produktif berilah larutan nutrisi secara teratur. Larutan nutrisi ini dapat Kamu beli di toko ataupun dapat pula buat sendiri.

Baca Juga:  Alternatif Budidaya Tanaman Sayuran

Metode membuat larutan nutrisi ini Kamu dapat melarutkan beberapa bahan. Antara lain merupakan gula merah, bekatul, dedaunan, kotoran hewan ternak, air serta bioktivator.


Tumbuhan yang sesuai buat kebun tumbuhan hidroponik

Tidak semua tumbuhan dapat berkembang produktif dengan metode hidroponik. Biasanya yang kerap ditanam secara hidroponik merupakan sayur serta buah.

Tumbuhan hidroponik yang dapat kalian tanam di kebun serta berkembang produktif merupakan sawi hijau, kailan, selada hijau, buncis, pare, pokcoy, bayam, serta stroberi.

Sesuaikan ukuran pipa serta jarak antar lubang dengan besarnya tumbuhan hidroponik yang hendak kalian tanam ya.

Demikian penjelasan kami tentang Hidroponik Rumahan dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read

Kandungan Bayam

Farming
4 min read