Ikan Tombro Merah
Ikan Tombro Merah

Ikan Tombro Merah

Posted on

Ikan Tombro Merah – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Ikan Tombro Merah. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Ikan Tombro Merah bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Ikan Tombro Merah berikut ini.


Ikan Tombro Merah


Ikan tombro ialah ikan air tawar yang sangat kerap disantap nyaris segala golongan, khususnya para pecinta kuliner tanah air.

Kesempatan pemasaran dari ikan tombro ini yang sangat menjanjikan. Pemeliharaannya pula termasuk gampang.

Ikan tombro sendiri merupakan salah satu ikan bercita rasa gurih serta lezat. Tidak hanya itu, ikan ini mempunyai isi protein yang besar.

Ketentuan hidup ikan tombro

Buat melaksanakan budidaya ikan tombro, Kamu wajib menguasai habitat asli ikan ini.

Pada habitat aslinya ikan tombro hidup di perairan sungai, waduk, serta danau dengan ketinggian dekat 150-600 mdpl dengan keadaan temperatur air hampir 20-25 derajat Celsius.

Ikan tombro digolongkan bagaikan ikan pemakan segalanya ataupun omnivora. Oleh sebab itu, ikan tombro bisa memakan lumut, dedaunan, cacing, serangga, serta lain sebagainya.

Umumnya ikan tombro dipelihara di kolam beton, kantong jaring apung, kolam air deras, kolam tanah, ataupun pula bergantung pada ketersediaan posisi.

Yang butuh dicermati merupakan mutu dari air itu sendiri yang memerlukan pH air hampir 7-8 serta kandungan oksigen lumayan tanpa terdapatnya pencemaran dari isi zat kimia beresiko.


Ternak Ikan Tombro

Ikan tombro ialah tipe ikan tawar yang acapkali dijual di pasaran, sebab ikan ini mempunyai cita rasa yang gurih dikala disantap.

Maka jangan heran bila tipe ikan ini dapat jadi kesempatan bisnis yang lumayan menjanjikan. Apalagi, banyak pendatang baru yang berupaya buat membudidayakan ikan ini.

Tetapi terdapat sebagian perihal yang senantiasa wajib dicermati, buat lebih jelasnya berikut ini ialah panduan gampang membudidayakannya:

Baca Juga:  Ikan Mas Sinyonya

Persiapan Kolam

Pada dasarnya ikan tombro tumbuh di perairan waduk, danau, serta sungai dengan ketinggian 150-600 mdpl, dengan temperatur dekat 20-25 derajat Celcius.

Buat membudidayakannya, wajib siapkan kolam yang cocok dengan tipe ikan tersebut. Kedalaman kolam ikan ialah hampir 0,75 meter, dapat membuat kolam beton, kolam air deras, serta kolam kantong

Mutu air dicermati supaya tidak gampang terkontaminasi dengan zat kimia, ikan ini memerlukan pH air 6-8 dengan kandungan oksigen yang lumayan serta temperatur hampir 24-30 derajat Celcius.

Air yang terletak pada kolam ikan tombro wajib tenang serta tidak deras, dan mempunyai perputaran air yang baik.

Pemijahan Ikan Tombro

Pemijahan tipe ikan tombro dicoba dengan metode memicu ikan secara alami, kemudian membentuk habitat yang cocok dengan area perairannya.

Pemijahan dapat dicoba di kolam ataupun bak yang berisi air hampir 75-100 centimeter. Ada pula sebagian perihal yang wajib dipersiapkan buat pemijahan ikan antara lain bagaikan berikut:

  • Pasang hapa yang telah diberi beban berat supaya tidak mengapung pada kolam dengan ukuran 4 meter x 3 meter x 1 m
  • Pasang kakaban semacam ijuk yang dijepit bambu di posisi pemijahan dengan ukuran 1,5 meter x 0,4 m
  • Masukkan induk ikan betina serta jantan dengan perbandingan 3:1
  • Sehabis pemijahan dicoba, pindahkan induk ikan ke kolam yang berbeda.

Telur yang telah berusia 4 hari hendak menetas jadi larva, Kamu wajib memberikan santapan berbentuk pelet, kutu air, serta kuning telur yang direbus. Sehabis 5 hari, larva siap dipindahkan ke dalam kolam pembenihan.

Ikan Tombro Merah


Proses Pemeliharaan

Pada ikan ini hendak bisa hidup pada temperatur yang berkisar 24 sampai 30 C dengan pH 6 sampai 7, buat bisa hidup dengan hasil yang maksimal.

Dalam pemeliharaan dicoba di air yang tenang ataupun tidak sangat deras tetapi pula mempunyai perputaran air yang lumayan sering. Dalam pemeliharaan bisa dicoba sepanjang 3 sampai 4 bulan.

Buat bisa melaksanakan pembesaran pada bibit ikan yang baik yakni dengan perhatikan keadaan mutu air di kolam sebab ini hendak berkaitan dengan nafsu makan ikan.

Baca Juga:  Cara Menanam Jagung Manis Bagi Pemula

Bila keadaan air di kolam sangat bagus, maka nafsu makan ikan hendak jauh lebih baik dibanding dengan keadaan air yang kurang baik.

Keadaan air yang bagus diisyarati dengan corak air yang bercorak bening kehijauan/kecoklatan, tidak berbau, tidak berminyak serta tidak mempunyai endapan pada permukaan kolam.

Buat metode memelihara yang lain yakni hendaknya di tengah kolam diletakkan pancuran ataupun filterisasi.

Perihal ini bisa menolong membetulkan keadaan air yang kurang baik serta pula tingkatkan kandungan oksigen di dalam kolam.


Sesi Pemberian Pakan

Untuk bisa mengoptimalkan metode budidaya ikan tipe ini, pakan pula sangat berarti buat dicermati. Biasanya ikan ini cenderung bersifat rakus serta pemakan seluruh.

Ikan ini termasuk tipe hewan omnivora, ikan ini dapat meresap seluruh santapan baik yang berbentuk hewani serta nabati, semacam lumut, ganggang, sayur-mayur, serangga serta cacing.

Santapan utama ikan ini yakni tanaman serta fauna yang ada di dasar serta tepi perairan. Dalam metode budidaya itu sendiri, ikan ini bisa diberi pakan dalam 3 kali satu hari.

Tetapi dikala yang baik buat berikan pakan dalam dicoba pada dikala pagi hari sebab cahaya matahari bisa tingkatkan kandungan oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan air sebagai akibat dari fotosintesis oleh matahari.

Buat kesehatan ikan ini dapat dilihat dari nafsu makannya, ikan yang hadapi stress hendak bisa menimbulkan sebagian penyakit pada ikan semacam jamur, bintik merah, gatal serta penyakit yang lain.

Perihal itu bisa menimbulkan akibat menyusutnya nafsu makan pada ikan.

Hasil Panen

Sehabis melaksanakan pembibitan selama 3-4 bulan, Kamu telah dapat memperoleh hasil panen ikan tombro.

Demikian penjelasan kami tentang Ikan Tombro Merah dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.