Jenis Burung Peliharaan yang Mudah Perawatan serta Jinak

Jenis Burung Peliharaan yang Mudah Perawatan serta Jinak

Posted on

Jenis Burung Peliharaan yang Mudah Perawatan serta Jinak – Pada kesempatan ini Kebun akan membahas mengenai Jenis Burung Peliharaan. Yang mana dalam pembahasan ini menjelaskan beberapa jenis burung yang mudah dipelihara serta jinak untuk dipelihara dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun berikut ini.

Jenis Burung Peliharaan yang Mudah Perawatan serta Jinak

Binatang yang menjadi salah satu favorit pecinta hewan yakni burung. Burung adalah salah satu hewan yang menjadi popular dan favorit dipelihara bagi pecinta hewan. Terdapat berbagai jenis burung yang cukup mudah dipelihara dan jinak pada manusia.

Ada juga jenis burung yang diperoleh dari alam bebas, namun tidak sedikt juga yang memperolehnya dari hasil penangkaran sendiri atau orang lain. Dari mana pun Anda memperoleh burung peliharaan, setidaknya dalam cara perawatan mereka tentunya tidaklah jauh berbeda. Diperlukan perawatan dan perhatian khusus juga rasa cinta agar dapat memelihara burung itu.

Jenis Burung Peliharaan

Mungkin Anda lebih sering melihat banyak masyarakat yang lebih memilih dalam memelihara burung dibandingkan kucing dan anjing. Hal ini sebab, dalam perawatan dan cara dalam pemeliharaannya lebih mudah bila berbanding dengan hewan peliharaaan lainnya semisal kucing atau anjing.

Bagi Anda yang mungkin sekarang lagi ingin memelihara hewan, berikut ini beberaoa jenis burung peliharaan yang mudah dipelihara dan jinak, antara lain yaitu:

Burung Kenari

Jenis Burung Peliharaan yang Mudah Perawatan serta Jinak

Burung kenari ini banyak memiliki warna kuning yang cukup dominan dengan memiliki bentuk badan yang mungil dan gemar sekali mengoceh atau bersuara. Kenari juga sudah sering dilatih agar dapat dilombakan sebab suaranya yang gacor. Bila melihat dari segi fisik, burung kenari juga menarik untuk dilihat oleh mata. Burung ini juga sering dikembangbiakan dan memiliki potensi pemasaran yang terbilang bagus bagi pecinta burung kicau.

Baca Juga:  Ternak Ayam Potong : Keunggulan, Cara Ternak Dan Vaksin

Burung Lovebird

Burung Lovebird

Burung yang jinak dapat dipelihara pertama yaitu jenis burung lovebird. Jenis burung ini cukup digemari oleh kebanyakan orang  sebab suara dari burung ini yang bagus dan sangat menyenangkan didengar. Selain itu juga burung jenis lovebird ini tergolong burung yang cukup mudah akrab apalagi bila Anda memeliharanya sejak kecil.

Burung lovebird mempunyai variasi warna bulu yang sangat menolok seperti hijau, kuning, merah dan lain sebagainya, namun cukup menarik dilihat oleh mata. Sangat menyenangkan dan enak dipandang  mempunyai burung yang indah ini ada didalam rumah. Lovebird merupakan salah satu jenis burung cantik dan memiliki suara yang merdu.

Burung Pleci

Burung Pleci

Jenis burung pleci mempunyai bentuk fisik yang cukup menarik dan tentunya imut, lucu dan kecil. Disamping itu juga burung pleci adalah salah satu jenis burung yang mempunyai suara kicau yang indah dan enak didengar. Sangat menyenangkan sekai bila Anda mendengar kicauan dari burung pleci ini pada saat pagi hari yang cerah.

Burung Parkit

Burung Parkit

Bila Anda ingin mempunyai burung yang memiliki bulu unik dan indah, mungkin burung parkit menjadi salah satu burung yang direkomendasikan. Burung parkit ini mempunyai warna tubuh dan sayap yang sangat menarik dan enak dilihat.

Banyak orang yang telah jatuh cinta dan menyukai bentuk serta warna yang ada pada burung parkit. Bagi Anda yang ingin memeliharanya cukup mudah dalam perawatan serta dapat dikembangbiakan dan menjadi salah satu peluang usaha Anda.

Burung ini juga tergolong jenis burung yang hidup secara berkoloni atau berkelompok. Anda dapat mempatkannya dengan beberapa burung jenis lain dalam satu kandang agar sifat alami koloni mereka tidak hilang. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar mereka merasa tenang dan nyaman dalam kandang serta mengurangi burung menjadi stress.

Burung Perkutut

Burung Perkutut

Burung perkutut merupakan salah satu dari jenis burung yang jinak dan sangat mudah dipelihara. Apalagi bila Anda memelihara burung perkutuk semenjak kecil, tentunya burung perkutut akan sangat mengenali pemiliknya.

Baca Juga:  Cara Ternak Lovebird Cepat Bertelur Khusus Pemula

Burung yang satu ini mempunyai insting yang kuat, sehingga mereka akan berusaha melindungin pemiliknya bila merasakan ada suatu tanda berbahaya. Hal seperti inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari burung perkutut ini.

Burung Jalak

Burung Jalak

Jenis burung jalak termasuk kedalam salah satu jenis burung besar, namun tidaklah suit untuk menjinakan dan memelihara burung jalak ini. Burung yang satu ini sangat menyenangkan dan sering kali aman bila Anda ajak bermain di luar kandang. Kelemahan dari burung ini yaitu suaranya yang nyaring dank eras yang mana sering dianggap menggangu tetangga disekitar rumah.

Burung Cockatiel

Burung Cockatiel

Burung cockatiel atau sering disebut juga dengan sebutan burung kakaktua mini yang mana menjadi salah satu jenis burung jinak untuk dipelihara. Pada jenis burung cockatiel ini mempunyai rupa tampilan yang sangat menarik dan cantik. Burung ini juga sangat senang disentuh dan sangat mudah akrab dengan manusia. Sehingga menjadi salah satu rekomen untuk dijadikan burung peliharaan Anda.

Burung Merpati

Burung Merpati

Jenis burung merpati merupakan salah satu jenis burung yang banyak dijadikan burung peliharaan sejak dahulu kala. Pada jenis burung ini sangat mudah dijinakan dan bahkan dapat dilepaskan di alam bebas. Burung ini akan tetap kembali menuju sarang pemiliknya yang telah ditempatkan. sehingga menjadi salah satu jenis burung yang cukup banyak dipelihara dan jinak. Ada juga jenis merpati yang digunakan sebagai salah satu jenis burung balap sebagai ajang kompetisi hewan.

Demikian penjelasan mengenai Jenis Burung Peliharaan yang Mudah Perawatan serta Jinak, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.