Berbagai Manfaat Buah Ara Bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai Manfaat Buah Ara Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Berbagai Manfaat Buah Ara Bagi Kesehatan Tubuh – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Buah Ara. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan berbagai manfaat buah ara bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai manfaat buah ara berikut ini.

Berbagai Manfaat Buah Ara Bagi Kesehatan Tubuh

Mungkin bagi sebagian orang masih belum mengenal buah ara dan tidak banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Padahal, ada berbagai manfaat buah ara yang tidak jauh berbeda dengan buah lainnya. Buah ara diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti dapat mengontrol gula darah dan mencegah kanker.

Buah ara dengan memiliki nama lati Ficus Carisa biasa disebut dengan buah tin memiliki rasa yang manis. Bila dilihat sekilas, buah ara ini seperti mirip dengan buah delima. Namun, kulit buahnya memiliki warna ungu atau hijau dan daging buah ini memiliki warna merah. Buah yang berasal dari timur tengah ini sangat umum dikonsumsi di Amerika dan Eropa.

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Ara

Buh ara cukup dikenal sebagai salaah satu buah yang memiliki kandungan nutris yang tinggi. Pada tiap 100 gr buah ara, memiliki kandungan kalori sekitar 75 dan beragam nutrisi lainnya, seperti:

20 gram karbohidrat, 3 gram serat, 0,9 gram protein, 16 gram gula, 35 miligram kalsium, 0,4 miligram zat besi, 230 miligram kalium, 17–20 miligram magnesium, 15 miligram fosfor, 7 mikrogram vitamin A dan  2 miligram vitamin C

Tidak hanya itu saja, buah ini juga mengandung vitamin B, Vitamin E, Vitamin K, Folat, Selenium dan kolin walau dengan jumlah sedikit. Buh ara juga memiliki kndungan antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, asam felonik dan quercetin.

Manfaat Buah Ara untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Buah Ara Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan kandungan nutris dan antioksidan yang ada pada buah ini. Buah ara memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain:

Baca Juga:  Persiapan Kolam Lele Tembok

Melancarkan saluran pencernaan

Buah ara sudah lama dikenal dan digunakan sebagai obat traadisional untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, semisal sembelit. Dengan kandungan air dan serat yang ada pada buah ara diketahui baik untuk melembutkn tinja serta merangsang pergerakan usus. Buah ini juga diketahui memiliki kandungan prebiotik.

Dalam suatu penelitian, dengan mengkonsumsi 1 sampai 2 porsi buah ara secara rutin tiap harinya selama 8 minggu, terbukti dapat mengatasi masalah buang air besar.

Tidak hanya dapat melancarkan buang air besar, dengan mengkonsumsi buah ara tiap harinya juga bisa meringankan gejala gangguan pencernaan. Semisal irritable bowel syndrome, kembung dn nyeri perut.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Manfaat dari buah ara yang lain yaitu dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini bukan tanpa sebab, karane buah ara bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Selain itu juga buah ini bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL).

Dengan manfaat buah ara ini, sangat baik dikonsumsi untuk mencegah terbentuknyaa penyumbatan yang ada pada pembuluh dara sebab penumpukan kolesterol (aterosklerosis).

Meningkatkan kekuatan tulang

Buh ara juga memiliki kandungan kalium, antioksidan dan kalsium. Kandungan nutrisi itu sudah terbukti bermaanfat untuk menjga kesehatan dan kekuatan tulang. Bila dikonsumsi secara bersama dengan makanan tinggi kalsium dan vitamin D. buah ara akan sangat bik mencegah terjadinya pengroposan tulan atau osteoporosis.

Mencegah kanker

Buah ara merupakan salah satu dari sumber antioksidn yang baik. Zat yang telah diketahui bisa mengurangi kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan radikal bebas, sehingga dapat mengurangi akan resiko kanker. Pada suatu penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun dan buah ara bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

Mengontrol berat badan

Kandungan serat yang tinggi terdapat pada buah ara menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Diet tinggi serat dapat memperlambat pencernaan dn menghilangkan rasa lapar.

Mencegah Risiko Kanker Payudara setelah Menopause

Pada suatu penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah ara secara teratur bisa mengurangi resiko kanker payudara setelah menopause sampai 34%. Sebab itulah, banyak dokter yang menyarankan agar meningkatkan asupan buah ara pada wanita menopause.

Baca Juga:  Cara Menanam Bawang Bombay Di Gelas

Mengobati kelemahan seksual

buah ara memiliki sifat afrosodiak yang bisa mengobati kelemahan seksual. Dimana kandungan buah ini dapat merangsang pelepsan hormone seks yang tepat sehingga dapat berfungsi sebagai obat melawan disfungsi seksual.

Mengatasi Anemia

Manfat buah ara lainnya yaitu dapat membantu mengatasi gejala anemia. Anemia atau kekurangan darah merupakan salah satu kondisi kekurangan sel darah merah dalam tubuh yang disebabkan berbagai sebab. Salah satu cara dalam mengatasi anemia yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi. Kandungan zat besi dan multivitamin dalam buah ara bisa meningkatkan prosuksi sel dara merah yang membuat kadar eritosit meningkat.

Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat buah ara yang tidak boleh hilang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Buah ara dapat mencegah degenerasi makula, penyakit yang dapat membuat mengalami penurunan penglihatan. Manfaat ini dapat dicapai melalui kandungan vitamin A dan karotenoid yang dikandungnya.

Pengobatan Radang Tenggorokan dan Amandel

Radang tenggorokan adalah suatu kondisi yang tidak boleh diremehkan karena sangat mengganggu dan dapat menyebabkan gangguan makan. Buah ara yang dibuat menjadi jus dapat menenangkan tenggorokan dan meredakan rasa sakit di tenggorokan yang meradang. Jus ara juga dipercaya bisa menghilangkan peradangan dan pembengkakan amandel.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Buah Ara

Walaupun baik bagi kesehatan, buah ara tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Buah ara yang dikeringkan memiliki kandungan gula yang banyak yang membuat dapat meningkatkan kadar gula dalam darah untuk beberapa saat.

Selain itu juga, buah ara juga dapat menimbulkan efek samping, semisal diare, reaksi alergi, dan mempengaruhi kinerja obat tertentu seperti obat diabetes.

Buah ara juga dapat Anda konsumsi secara rutin atau ditambahkan kedalam menu makan sehari-hari. Akan tetapi hindari mengkonsumsi buah ara secara berlebihan, terutama jika Anda mempunyai penyakit tertentu seperti diabetes.

Demikian penjelasan mengenai Berbagai Manfaat Buah Ara Bagi Kesehatan Tubuh, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.