Manfaat Buah Bit dan Cara Menanamnya didalam Pot

2 min read

Panduan Cara Mudah Menanam Buah Bit Dalam Pot Bagi Pemula

Manfaat Buah Bit dan Cara Menanamnya didalam Pot – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Buah Bit. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan panduan cara mudah menanam buah bit dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Manfaat Buah Bit dan Cara Menanamnya didalam Pot

Buah Bit merupakan sejenis umbi yang masuk dalam kelas Beta vulgaris dan termasuk dalam subspesies vulgaris Conditiva. Buah bit memiliki warna merah keungguan dan biasanya buah bit digunakan untuk campuran makanan. Pewarna makanan alami serta juga dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Tanaman buah bit berasal dari Swedia dan Britania, dan akan tumbuh baik pada daerah dataran tinggi dengan udara yang dingin. Di Indonesia kebun buah bit dapat di jumpai yaitu di daerah dataran tinggi Jawa Barat.

Pembibitan Buah Bit

Karena Buah bit atau tanaman bit di Indonesia sangat susah berbunga maka bibit harus membelinya di luar negeri. Biji atau benih buah atau tanaman bit bisa di tanam langsung pada lahan tanam. Bisa juga dengan cara stek atau penyambungan. Tapi sebaiknya bibit atau benih buah atau tanaman bit disemai pada tempat penyemaian terlebih dahulu.

Penanaman Buah Bit Dari Biji

  • Siapkan biji bit merah dan pot berdiameter minimal 20 cm dengan kedalaman 20 cm.
  • Isi pot menggunakan media tanam yang kaya akan nutrisi, misalnya seperti campuran tanah dan pupuk kandang (1:1) atau kompos.
  • Apabila menggunakan kompos, padatkan kompos menggunakan tangan dengan lembut.
  • Usahakan tingginya 4 cm di bawah bibir pot.
  • Sebarkan biji bit merah di atas media tanam, lalu tutup kembali dengan media tanam setinggi 2 cm.
  • Lakukan penyiraman secara berkala agar media tetap lembap dan simpan di tempat yang terkena sinar matahari.
  • Jika bit merah sudah tumbuh sekitar 2 cm, maka bisa memindahkannya pada pot baru untuk ditanam secara mandiri.
  • Gunakan pot dengan diameter minimal 20 cm dam kedalaman 20 cm agar bit merah dapat berkembang dengan baik.
Baca Juga:  Cara Menyuburkan Tanah

Masa Panen Buah Bit Dalam Pot

Pemanenan buah bit merah dapat dilakukan jika umbinya kira-kira sudah sebesar bola tenis, atau biasanya sekitar 90 hari setelah penyemaian. Pemanenan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan alat garpu.

Panduan Cara Mudah Menanam Buah Bit Dalam Pot Bagi Pemula

Manfaat Buah Bit

Berderet nutrisi yang terkandung dalam bit tentu membuat umbi yang sering kali disangka buah ini, memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung

Bit kaya akan nitrat. Dalam tubuh, zat ini akan berubah menjadi nitrit oksida yang berperan dalam penurunan tekanan darah. Bahkan, ada bukti yang menunjukkan bahwa jus bit mampu mengurangi tekanan darah, walau hanya sedikit.

Beberapa penelitian sejauh ini menemukan bahwa pigmen merah betasianin dan antioksidan di dalam bit diduga memainkan peran dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

Mencegah pikun

Kandungan nitrit dalam bit juga diduga mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke tempat-tempat yang kekurangan oksigen. Minum jus bit diduga mampu meningkatkan aliran darah ke otak pada lansia dan melawan perkembangan gejala pikun.

Baik bagi penderita diabetes

Manfaat buah bit juga bisa dirasakan oleh penderita diabetes. Bit mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang diduga bisa mencegah kerusakan sel dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada penderita diabetes.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah bit dalam memperbaiki kadar gula darah terlihat lebih signifikan pada mereka yang mengalami obesitas, dibandingkan mereka yang berat badannya ideal.

Meningkatkan kinerja fisik

Ingin lari lebih cepat atau naik sepeda lebih kencang? Minum saja jus bit sebelum berolahraga. Menurut penelitian, minum jus bit diduga mampu meningkatkan kinerja fisik dan stamina kita.

Memiliki sifat antiradang

Proses peradangan sebenarnya merupakan respon alami tubuh untuk melawan benda asing. Tetapi jika peradangan berlangsung lama atau kronis, maka ada dampak buruk bagi kesehatan yang dapat terjadi, seperti kerusakan pembuluh darah dan kerusakan jaringan tubuh. Salah satu manfaat buah bit adalah dapat menekan peradangan dan mencegah kerusakan di dalam tubuh.

Baca Juga:  Cara Menanam Pepaya Mudah Berbuah Lebat

Baik bagi ibu hamil dan janin

Seperti disebutkan di atas, bit kaya akan folat. Zat yang satu ini sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Folat membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin dan menurunkan risiko bayi terlahir prematur. Namun, konsumsi jumlah bit dalam ibu hamil tidak boleh terlalu banyak.

Mencegah kanker

Para peneliti percaya jika manfaat buah bit bisa melindungi tubuh dari berkembangnya sel kanker. Hasil pengujian di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah bit mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Efek ini kemungkinan diperoleh dari kandungan betasianin dan antioksidan di dalam buah bit.

Mendukung kerja saraf dan otot

Mencegah kram otot, kelelahan, dan irama jantung tidak beratur juga menjadi salah satu manfaat buah bit. Bit kaya akan mineral kalium yang membantu saraf dan otot berfungsi dengan baik.

Memelihara kesehatan saluran pencernaan

Buah bit yang mengandung serat dan antioksidan terlihat memiliki efek baik bagi saluran pencernaan. Kandungan nutrisi ini membuat buah bit dapat membantu kelancaran proses pencernaan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat buah bit adalah juga untuk mencegah kerusakan dinding saluran cerna karena proses peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar.

Demikian pembahasan tentang Manfaat Buah Bit dan Cara Menanamnya didalam Pot. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.

Cara Menanam Bambu

Farming
2 min read

Bonsai Pucuk Merah

Farming
4 min read

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read