Manfaat Buah Juwet (Jamblang) Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Juwet (Jamblang) Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Buah Juwet (Jamblang) Bagi Kesehatan Tubuh – Pada kesempatan ini akan membhas mengenai Manfaat Buah Juwet. Yang mana dalam pembahasan ini akan menjelaskan beberapa manfaat buah juwet atau jamblang bagi kesehatan tubuh dengan. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai manfaat buah juwet berikut ini.

Manfaat Buah Juwet (Jamblang) Bagi Kesehatan Tubuh

Ada yang tahu dengan buah jamblang alias juwet? Buah jamblang merupakan salah satu buah yang memiliki warna hitam dengan rasa yang manis. Buah ini sangat mirip dengan buah anggur hitam. Akan tetapi, bentuk dari buah jamblang lebih lonjong. buah jamlang dengan nama latin Syzgium Cumini, selain memiliki rasa manis buah ini sangat banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Berikut ini beberap manfaat buah juwet yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain:

Obat diabetes

Para ahli kesehatan alternatif mengatakan Buah juwet atau jamblang dapat dipakai sebagai obat diabetes. Secara ilmiah, buah ini mengandung indeks glikemik rendah. Hal tersebutlah yang membuat buah ini menjadi salah satu pilihan yang pas bagi para penderita diabetes. The Complement Ther Med yaitu sebuah studi yang menerbitkan mengenai efek anti diabetes buah juwet.

Dalam studi tersebut membuktikan bahwa buah juwet sangat berpotensi sebagai bahan obat diabetes. Studi laainnya juga menunjukkan bahwa dengan biji dari buah juwet dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 30%. Manfaat buah juwet berkaitan dengan menurunkan resiko kompilkasi yang diakibatkan diabetes.

Meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang

Manfaat Buah Juwet (Jamblang) Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak heran, bahwa buah juwet memiliki berbagai kandungan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh seperti, kalium, Vitamin C, kalsium dan zat besi. Dengan kandungan itu membuat buah juwet sangat efektif dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kekuatan tulang.

Baca Juga:  Manfaat Batang Brokoli

Mencegah penyakit jantung

Disamping memiliki kandungan nutrisi tersebut, buah juwet juga kaya akan sarat dengan kandungan Anthocyanins, ellagitannins (asam ellagic) dan anthocyanidins yang memiliki fungsi sebagai anti flamasi. dengan kandungan senyawa itu yang sebgai anti oksidan sehingga dapat mencegah oksidais kolesterol dan formasi flak yang dapat memicu penyakit jantung. Selain itu juga buah juwet adalah sumber kalium. Pada tiap 100 gr  buah juwet mengandung 55 mg kalium yang dapat membantu mencegah hipertensi yang mana menjadi pemicu penyakit jantung.

Obat infeksi

Pada bagian lain dari buah juwet ini semisal kulit, batang, daun serta biji buh juwet. Secara tradisional biasa digunakan sebagai obat infeksi karena bakteri. Tanaman juwet ini memiliki berbagai kandungan senyawa seperti asam galat, asam oksalat, tanin dan asam malat. Dengan kandungan seyawai itulah yang memiliki fungsi sebagai sift antibakeri, anti malaria dan gastroprotektif.

Melancarkan pencernaan dan kesehatan mulut

Daun pohon juwet di dunia pengobatan tradisionl terkenal dipakai dalam mengobati penyakit maag dan diare. Daun dari tanaman juwet ini memiliki sifat antibakteri yang membuat dapat dipakai sebagai bahan obat dalam mengatasi ganguan kesehatan mulut.

Mencegah kanker

Dalam beberapa studi sudah menyelidiki sifat dari chemoprotective dari buah juwet ini. Menurut tim peneliti Jagetia GC dalam sebuah studi menunjukan bahwa kandungan ekstrak dari buah juwet dapat menghambat radiasi yang disebabkan dari radikal bebas penyebab kanker.

Buah juwet ini mungkin saat ini telah jarang dijumpai dan sesekali ditemukan dipasar dimana memiliki berbagai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kita. Anda dapat menjadikan buah juwet ini sebagai salah satu bahan resep minuman dan makanan Anda, misalnya Smoothies.

Baik bagi pencernaan sekaligus mengatasi sembelit

Siapa yang mengira, bahwa buah juwet ini memiliki kandungan serat yang dapat mengatasi sembelit. Anda dapat menemukan kandungan setar 0.9 gr pada tiap 100 gr dari buah juwet ini. Bahkan kandungan jus buah juwet dan kulit juwet dapat dijadikan sebagai obat tradisional saat mengalami pendarahan usus.

Baca Juga:  Jarak Tanam Kelapa Sawit

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Pada tiap 100 gr buah juwet yang memiliki warna putih dan ungu ini memiliki berbagai kandungan nutrisi. Anda dapat menemukan zat besi sebesar 1.7 mg, kalsium 16 mg, fosfor 16,7 mg dan magnesium 36 mg. Dimana sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.

Membantu pembentukan sel darah merah

Kandungan zat besi yang ada pada buah juwet ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang mengalami anemia. Cukup dengan mengkonsumsi 100 gr buah juwet sehari cukup untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah yang ada ditubuh Anda.

Alternatif untuk kesehatan mata

Anda juga dapat menemukan 81 IU vitamin A pada tiap 100 gr buah juwet. Mungkin bagi Anda yang kurang suka wortel, Anda dapat menjadikan buh juwet ini sebagai alternatif untuk mengurangi minus pada mata Anda.

Sebagai obat pusing dan sakit kepala

Kandungan zat astrigen yang terdapat di dalam buah juwet ini sangat efektif dalam menyembuhkan sakit kepala. Anda dapat menjadikannya sebgai buaah segar sebgai kudapan agar pusing yang Anda derita dapat segera hilang.

Meningkatkan nafsu makan

Bila kondisi perut Anda terasa tidak nyaman dan begah, tentu akan mempengaruhi nafsu makan. Dalam hal ini, agar nfsu makan Anda dapat ulih kembali. Anda dapat mengkonsumsi 50 gr buah jamblang secara yang dicampur dengan air dan madu. Racikan ajaib ini akan sanagat efektif yang membuat perut Anda dapat kembali nyaman tentunya meningkatkan nafsu makan.

Menjaga kesehatan jantung dan limpa

Tiongkok dan India juga menggunakan ramuan jus buah jamblang dengan madu, pasalnya ramuan ini ampuh mengatur hormon sehingga limpa berfungsi dengan benar. Selain itu, kamu juga bisa membuat ramuan lain dengan 50 gram buah jamblang (pisahkan dari bijinya) yang dihaluskan dengan 3 sdm madu.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Buah Juwet (Jamblang) Bagi Kesehatan Tubuh, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.