Manfaat Buah Melon Sistem Pencernaan dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Melon Sistem Pencernaan dan Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Buah Melon Sistem Pencernaan dan Kesehatan Tubuh – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Buah Melon. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh dan system pencernaan. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai Manfaat Buah Melon berikut ini.

Manfaat Buah Melon Sistem Pencernaan dan Kesehatan Tubuh

Buah melon mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi didalamnya. Seperti contoh asam folat, kalium, vitamin, protein, magnesium dan betakaroten. Dengan memiliki cita rasa yang masini dan hampir 95% mengandung air. Kandungan air yang dimiliki buh ini dapat menghilangkan dahaga nda.

Selain itu juga buah melon memiliki kandungan serat yang tinggi, yang sangat baik bagi kesehatan. Buah melon juga dapat dijadikan makanan pencuci mulut atau sebagai camilan segar saat cuaca sedang panas.

Anda dapat berbagai manfaat khasiat bagi kesehatan dengan mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang cukup. Pada 1 buah melon, terkandung 14 gr kandungan gula alami dan 60 kalori. Lemak pada buah ini juga terbilng rendahm jadi dapat dinikmati kapanpun.

Berikut ini beberapa manfaat buah melon bagu kesehatan, antara lain yaitu:

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Buah Melon Sistem Pencernaan dan Kesehatan Tubuh

Dengan mengkonsumsi buah melon bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Hal demikian didukung dengan adanya kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah melon juga banyak vitamin A, dengan mengkonsumsi buah ini dapat mencegah katarak, menjauhkan mata dari sinar radiasi, degenerasi macula dan menjaga kesehatan mata lainnya.

Selain itu juga, dengan kandungan zeaxanthin dan lutein yang membuat mata lebih sehat dan mencegah mata rabun pada usia dini. Lebih baik Anda konsumsi buah melon yang memiliki jenis honeydew yang abnyak beredar dipasaran.

Baca Juga:  Cara Menyuburkan Tanah Pekarangan

Mencegah Penyakit Jantung

Buah melon juga dipercaya bisa memperlancar aliran darah pada sekitar organ jantung. Dengan kandungan adenosine yang terdapat pada buah ini dapat mencegah penyakit jantung dengan signifikan. Dengan Anda rutin mengkonsumsi buah melon dapat memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kerja jantung.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah melon banyak mengandung serat yang mana adalah komponen penting dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat juga dapat membantu saluran pencernaan supaya dapat bekerja lebih efektif serta merangsang pertumbuhn bakteri baik pada saluran pencernaan.

Dengan mengkonsumsi buah ini bisa membantu menghilangkan sembelit, melancarkan buang air besar dan mengtasi masalah pencernaan (gastrointestinal) lainnya. Namun, kandungan serat yang ada pada melon hanya mencukupi 5% dari kebutuhan harian atau terbilang rendah.

Menyehatkan Tulang

Manfaat buah melon lainnya yaitu dapat menguatkan tulang. Sudah terbukti bahwa kandungan seperti Vitamin K, magnesium dan folat pada buah melon dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Dengan kandungan vitamin K dan kalium pada buah melon sangat penting untuk mencegah pengroposan tulang (osteoporosis).

Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Buah melom memiliki kandungan karotenoid yang sangat tinggi. Pada suatu penelitian menyatakan bahwa nutrisi dan senyawa organic yang ada pada buah melon sangat baik untuk mencegah kanker usus, payudara, paru-paru dan kanker mulut. Kandungan karotenoid bisa mencegah berkembangnya sel kanker dan dapat membunuh bibit kanker yang akan menyerang tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Buah melon juga bisa membuat Anda akan merasa kenyang lebih lama. Kandungan serat yang terdapat didalamnya dapat membantu mengatur pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan. Buah ini bebas kolesterol dan lemak, selain itu juga melon adalah buah yang rendah kalori.

Maka tidak heran bahwa buah melon ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai menu diet. Sebab dapa membantu tubuh untuk menjaga kestabilan berat badan. Serta dapat menghindari tubuh dari berbagai penyakit tertentu seperti kanker sampai tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi ibu hamil tentunya dengan mengkonsumsi buah melon selam kehamilannya bisa meningkatkan system kekbalan tubuh. Dengan konsumsi 100gr melon bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian ibu hamil. Sebab dengan kandungan vitamin C yang ada pada buah melon dapat membantu memperkuat kekebalan. Sehingga ibu hamil tidak rentan terhadap penyakit dan infeksi selama kehamilan.

Baca Juga:  Cara Menanam Coklat

Baik untuk Kesehatan Janin

Buah melon juga mengandung asam folat yang cukup tinggi untuk meningkatkan kseshatan ibu hamil dan janin. Seperti yang telah diketahui, asam folat adalah vitamin penting yang diperlukan wanita hamil untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan jani nyang ada didalam rahim.

Tidak hanya kandungan asam folat yang tinggi, melon juga mengandung zinc yang sangat penting untuk perkembangan jaringan tubuh janin. Dalam suaut studi menyatakan bahwa risiko cacat tabung saraf pada janin bisa dikurangi sampao 50%, bila wanita hamil mengkonsumsi sam folat dan zinc yang direkomendasikan.

Mendukung Perkembangan Kognitif Janin di dalam Rahim

Buh melon juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi untuk meningkatkan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Dengan vitamin A merupakan persediaan penting yang mendukung pertumbuhan fungsi kognitif pada bayi yang sehat dan mecegah cacat bawaan. Vitamin ini juga sangat mendukung perkembangan jantung, mata, paru-patu, ginjal dan tulang bayi. Sehingga dalam jumlah yang cukup bisa mendukung perkembangan janin yang ada pada rahim.

Mencegah Anemia

Konsumsi melon selama kehamilan juga dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Hal ini karena melon mengandung sejumlah zat besi. Fungsi zat besi untuk wanita hamil tidak hanya dapat mencegah anemia selama kehamilan, tetapi juga membantu membangun otot janin, terutama ketika ibu mencapai trimester kedua dan ketiga. Asupan zat besi yang cukup dapat mengurangi risiko keguguran dan kelahiran prematur.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Buah Melon Sistem Pencernaan dan Kesehatan Tubuh, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.