Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Sistem Kekebalan Tubuh

Posted on

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Sistem Kekebalan Tubuh – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Buah Sirsak. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan dan system kekebalan Tubuh manusia. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai Manfaat Buah Sirsak berikut ini.

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah sisrsak memiliki nama latin Annona Muricata L adalah salah satu buah yang cukup terkenal. Kebanyakan dari kita mungkin telah banyak mengetahui tentang manfaat buah sirsak. Seperti dapat mencegah kanker, namun masih banyak dari kita yang belum begitu tahu akan manfat lain dari buah ini.

Manfaat dari buah sirsak terkandungan dari nutrisi yang lengkap seperti kalori, fruktosa/karbohidrat, lemak, protein, Vitamin C, Vitamin B1, B2 dan Vitamin B6. Selain itu juga buah ini memiliki kandungan mineral dan senyawa, seperti riboflavin, folat, niasin, asam pantotenant, thiamin dan lainnya.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap yang membuat buah sirsak sangat cocok dikonsumsi secara rutin dapat menjaga kesehatan terutama dalam meningkatkan system kekebalan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan, diantaranya yaitu:

Mencegah Kanker

Berdasarkan dari studi yang dilakukan oleh tim Biochemistry and Molecular Biology di University of Nebraska Medical Center, menunjukkan manfaat buah sirsak bagi kesehatan dapat membunuh kanker dengan cara memasuki metabolisme sel kanker.

Selanjutnya menghentikan perkembangan sel kanter itu secara keseluruhan. Jus sirsak bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker pada kulit pasien yang menderita kanker payudara. Tentunya tidak merusak jaringan payudara yang masih sehat.

Selain itu juga, para ilmuan di Universitas Sebelas Maret Surakata, Jawa Tengah, melakukan penelitian dengan daun sirsak sebagai obat kanker servik dan nasofaring. Dari hasil penelitian itu menunjukkan kalau daun sirsak adalah bahan alam yang mempunyai potensi sebagai agen antikanker. Bahkan, sirsak juga memiliki bahan aktif 1000x lebih kuat dari pada kemoterapi.

Baca Juga:  Pupuk Buat Anggrek

Untuk mendapatkan manfaat tersebut caranya cukup mudah Anda hanya perlu merebus 10 lembar daun sirsak dan tuangkan dalam satu gelas cngkir. Lalu meminumnya tiap pagi selama 3 sampai 4 minggu.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah sirsak bagi kesehatan berikutnya untuk system kekebalan tubuh. Buah sirsak dapat mencegah penyakit yang diakibatkan serangan cirus sperti herpes, flu dan lain sebagainya.

Dari hasil penelitian BioMed Research International menunjukkan bahwa kandungan vitamin C yang terdapat pada buah sirsak dapat meminimalkan flu. Dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat memperbaiki system kekebalan tubuh yang membuat Anda tidak mudah terkena penyakit.

Disamping dengan diringi pola hidup sehat, Anda juga dapat mengkonsumsi buh sirsak secara rutin untuk memperbaiki system kekebalan tubuh.

Mengobati Asam Urat

Selain untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, manfaat buah sirsak lainnya yaitu mengobati asam urat. Hal ini terkandungan dalam daun sirsak yang mana memiliki kandungan annocatalin, acetogenin, annomuricin, asam gentisic, asam linoleat dan calclourin yang bermanfaat sebagai obat asam urat.

Dengan manfaat daun sirsak ini Anda dapat menggunakannya dengan cara meminum air rebusan daun sirsak. Cara penggunaannya yaitu dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilih daun yang agak tua, rebus dengan 3 gelas air bersih. Rebuslah sampai air menyisahkan 1 gelas. Anda dapat meminumnya dalam keadaan hangat atau dingin, dapat diminum tiap pagi supaya manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Pada tiap 100 gr daging buah sirsak terkandung 3,3 gr serat yang bisa memenuhi 13% dari kebutuhan serat per hari. Dengan kandungan serat ini dapat memperlambat pencernaan dan menjaga kadar gula tetap stabil.

Tidak hanya itu saja, manfaat buah sirsak lainnya yaitu dapat membantu melawan penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu juga, jus buah sirsak ternyata bisa dijadikan sebagai obat bila Anda merasakan sakit saat buang air kecil.

Memperkuat Tulang

Manfaat buah sirsak lainnya yaitu dapat memperkuat tulang. Dimana kandungan fosfor dan mineral kalsium dari buah sirsak  dapat mencegah osteoporosis atau tulang keropos. Buah sirsak sangat dianjurkan bagi wanita yang mengalami menopause. Hal tersebut merupakan cara terbaik agar dapat melindungi tulang dari penipisan estrogen.

Baca Juga:  Jenis Biota Pakan Ikan Yang Hidup Di Air Tawar Adalah

Mencegah Penuaan Dini

Biah sirsak juga memiliki kandungan Vitamin C dan askorbat yang tinggi. Kedua kandungan ini memiliki fungis sebagai antioksidan dalam tubuh yang bisa membantu mengurangi berbagai tanda penuaan semisal garis halus, keriput dan pigmentasi pada kulit.

Mencegah Rambut Rontok

Selain dapat mencegah penuaan dini, manfaat lainnya dari buah sirsak yaitu bisa mencegah rambut rontok. Sirsak dengan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi bisa membentu untuk mengatasi dan mencegah rambut rontok. Dengan rajin mengkonsumsi buah ini akan menjadikan rambut Anda lebih kuat dan sehat.

Mengatasi Kutu

Siapa mengira kalau dari daun sirsak dapat memiliki fungsi sebagai obat anti kutu rambut. Untuk mengatasi kutu yang ada pada rambut, Anda dapat menggunakan daun sirsak yang telah dihaluskan untuk creambath. Usapkanlah sampai merata pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk hangat dan diamkan sekitar 30 menit.

Mengurangi Ketombe

Daun sirsak memiliki kandungan bahan yang bersifat anti parasit. Bila dioleskan pada kulit kepala, kandungan anti parasite tadi akan dapat membantu melawan ketombe serta berbagai gejala yang ditimbulkan, termasuk juga kulit kering dan gatal.

Menyembuhkan Gangguan Pada Kulit

Bukan hanya buah sirsak saja, namun daun sirsak juga mempunyai banyak manfaat yakni dapat menyembuhkan gangguan pada kulit. Bila Anda menempelkan daun sirsak segar pada kulit yang bermasalah, maka penyakit kulit akan lebih cepat sembuh.

Membunuh Parasit

Parasite adalah salah satu makhluk hidup yang dapat mengancam nyawa. Bila parasit ada didalam tubuh, maka akan menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab manfaat buah sirsak selanjutnya yaitu dapat membunuh parasite. Hal tersebut sebab kandungan antiparasit dan antibakteri yang ada pada buah sirsak bisa menlindungu tubuh dari infeksi parasit. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah ini bisa membunuh parasit.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Sistem Kekebalan Tubuh, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.