Panduan Cara Menanam Arugula Dalam 10 Hari Bagi Pemula

Panduan Cara Menanam Arugula Dalam 10 Hari Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Menanam Arugula Dalam 10 Hari Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Menanam Arugula. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara menanam arugudal dalam waktu 10 hari lengkap bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Panduan Cara Menanam Arugula Dalam 10 Hari Bagi Pemula

Arugula atau roket adalah salah satu jenis tanaman tahunan yang bisa dimakan dalam keluarga Brassicaceae. Biasanya tanaman ini juga digunakan sebagai sayuran daun untuk rasa segar, asam, pahit, dan pedas. Umumnya nama lain dari tanaman ini yaitu roket taman dan eruca.

Di Indonesia sayuran arugula ini dikenal dengan nama rugula, rucola atau rocket. Sayuran arugula ini merupakan salah satu sayuran yang berdaun hijau serta sering dijadikan sebagai bahan campuran salad. Namun apabila dilihat dengan sekilas, sayuran arugula mirip dengan bentuk sayur selada, sedikit mirip pula dengan sayuran kangkung.

Kandungan Gizi Dalam Arugula

Rasa arugula pedas dan agak pahit. Arugula mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral contohnya vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, asam folat, kalium dan juga fosfor.

Manfaat Arugula

Berikut ini adalah Manfaat arugula, diantaranya seperti:

  • Dapat membantu melawan kanker
  • Dapat membantu tumbuh kembang janin
  • Dapat menjaga kesehatan tulang
  • Dapat memperkuat sistem imun
  • Dapat menjaga kesehatan jantung
  • Dapat meningkatkan gairah seks pada pria
  • Dapat membuat tubuh tetap bugar
  • Dapat menjaga kesehatan mata
Baca Juga:  Cara Ternak Ikan Mas

Cara Menanam Arugula

Berikut ini merupakan panduan cara menanam arugula, diataranya yaitu sebagai berikut:

Alat dan Bahan Menanam Arugula

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam arugula diantaranya yaitu seperti:

  • Wadah (ukuran nampan tanaman 10×20)
  • Tanah pot organik
  • Cahaya (Lampu 4 ′ T5 CFL jika tumbuh di dalam ruangan)
  • Bibit
  • Botol semprot

Penanaman Arugula

Saat menanam benih arugula dusahakan mempunyai permukaan yang rata. Dalam penanaman arugula, terdapat tiga hal yang harus dipastikan, diantaranya:

  • Tanah bebas dari kotoran serta permukaan pada tanah benar-benar rata dan halus.
  • Sudah cukup membasahi tanah.
  • Menggunakan jumlah benih yang tepat.

Jika Anda menggunakan nampan yang ukurannya 10×20, biasanya menanam sekitar 30 ml biji arugula. Namun jika Anda menggunakan wadah yang berbeda, maka lihat perbandingan yang pas supaya tingkat dari kepadatan sesuai.

Setidaknya gunakan 2.5 cm tanah atau media tanam, namun 5 cm disarankan apabila Anda ingin menumbuhkan arugula selama 8 – 9 hari. Yang mana daun sejati mulai terbentuk serta tanaman juga mulai bergantung pada nutrisi di tanah alih-alih nutrisi yang ada di daun benih.

Setelah menanam, tutup wadah dengan sesuatu yang bias untuk menghalangi cahaya yang masuk. Anda dapat menggunakan baki 10 × 20 lainnya pada posisi terbalik atau tutup lainnya. Hal ini bertujuan agar memberikan lingkungan dalam perkecambahan yang optimal untuk biji arugula. Setelah wadah ditutup, letakkan pada tempat yang kurang dari cahaya yang relatif dingin (sekitar 21°C).

Panduan Cara Menanam Arugula Dalam 10 Hari Bagi Pemula

Perawatan dan Masa Panen Arugula

Jauhkan tanaman arugula ini dari cahaya kurang lebih selama 72 jam. Setiap hari, buka wadah serta semprotkan benih sekali atau dua kali dengan botol semprotan, dan usahakan agar menyemprotnya jangan berlebihan. Anda perlu pastikan agar tidak ada cahaya masuk, apabila tanaman terkena cahaya maka bibit ini akan mulai membungkuk ke arah cahaya serta berbaring rata di permukaan.

Baca Juga:  Cara Kerja Hidroponik

Hal ini dapat menyebabkan tanaman akan tumbuh secara tidak baik. apabila dilakukan dengan benar, membutuhkan waktu kurang lebih 72 jam bagi benih arugula untuk berkecambah dan mencapai panjang yang sudah dapat diterima.

Setelah berkecambah, Anda perlu memantau agar media tumbuh dengan lembab sehingga anda perlu rutin untuk menyiraminya. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak air sampai hari ke 8-9. Antara hari 5 dan 6, mikrogreen arugula sudah siap untuk penerangan sertat tanman arugula juga sudah dapat tumbuh dengan panjang mencapai 2.5-4 cm .

Apabila didiamkan di luar ruangan, maka Anda harus sering untuk melakukan penyiraman karena cahaya matahari yang cukup. Jika tumbuh di dalam ruangan, Anda tidak perlu meningkatkan rutinitas penyiramannya.

Anda bias melakukan pemanenan dengan cara memotong tanaman kurang lebih 1.5 cm dari medium dan jangan dicuci ketika hijau dan mencapai tinggi sekitar 8 cm dengan daun terbuka maka saatnya panen.

Demikian penjelasan tentang Panduan Cara Menanam Arugula Dalam 10 Hari Bagi Pemula. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.