Cara Mudah Menanam Bunga Crossandra Agar Cepat Berbunga

Cara Mudah Menanam Bunga Crossandra Agar Cepat Berbunga

Posted on

Cara Mudah Menanam Bunga Crossandra Agar Cepat Berbunga – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akam menbahas tentang Menanam Bunga Crossandra. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara mudah menanam bunga crossandra bagi pemula agar cepar berbunga dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel menanam bunga crossandra berikut ini.

Cara Mudah Menanam Bunga Crossandra Agar Cepat Berbunga

Tanaman bunga Crossandra atau yang biasanya disebut juga dengan Firecracker Flower yang termasuk ke dalam keluarga Acantaceae. Bunga yang mempunyai warna kuning cerah dan berbentuk seperti corong serta banyak tumbuh berwarna hijau pada bagian tajuknya.

Bunga Crossandra ini berasal dari Negara Mozambik dan Afrika Timur yang mana tanaman ini dapat tumbuh dengan subur disana. Dalam penanaman bunga crossandra membutuhkan tanah yang cukup lembab dan gembur serta cukup akan cahaya matahari. Dengan sinar matahari hal ini akan dapat membantu untuk merangsang pertumbuhan bunga, yang membuat bunga menjadi tumbuh semakin banyak. Dalam pertumbuhannya bunga crossandra dapat tumbuh sampai lebih 100 cm.

Agar dapat memperpanjang masa berbungan Anda bisa membuang bagian tanaman yang telah habis masa berbunganya atau yang telah berbunga. Disamping itu media tanam pada bunga crossandra harus rutuin untuk diganti dan rajin untuk memberikan pupuk secara berkala supaya tanaman akan tercukupi untuk nutrisinya.

Pada bunga ini dapat tumbuh dari bagian atas pertumbuhan baru yang terdapat banyak tunas dan pada bagian sisinya menghasilkan bunga yang berwarna kuning orange. Jika bunga crossandra mekar maka akan berbentuk seperti kuil pagoda.

Baca Juga:  Cara Menanam Rambutan : Metode, Pemilihan, Pemeliharan dan Pemanenan

Pasa saat bunga ini sedang mekar maka akan sulit untuk menggambarkan warna dari bunga tersebut. Karena kombinasinya yang tidak biasa mulai dari orange, kuning, merah muda dengan perpaduan warna pastel. Biasanya bunga ini mempunyai ukuran dengan diameter sekitar 3 cm dan duduk tegak dalam kelompoknya. Dalam pertumbuhan mekarnya bunga crossandra berkisar antara bulan April sampai Oktober.

Penanaman Bunga Crossandra

Dalam penanaman bunga crossandra Anda bisa menggunakan metode stek yang mana diambil pada batang atau cabang batang bunga indukan yang baik. Dalam hal ini untuk pemotongan yang terbaik bisa dilakukan pada waktu pagi hari, dengan menggunakan gunting yang mana stek batangnya harus dilakukan dengan rapih. Perlu Anda perhatikan bahwa gunting yang digunakan harus tajam agar tidak merusak bagian batang atau menjadi memar pada batangnnya.

Apabila keadaan bartang menjadi memar hal ini akan menimbulkan bibit penyakit yang masuk pada bagian batang sehingga dapat mengakibatkan pembusukkan pangkal stek pada batang. Pada saat sedang melakukan pengambilan stek pada batang , pohon induk harus dalam keadaan sehat dan tidak bertunas.

Cahaya dan Suhu Bunga Crossandra

Cahaya dan suhu yang diperlukan untuk bunga crossandra berkisar antara 25 C yang mana lebih banyak kondisi suhu pada lingkungan tropis. Sebab tanaman ini temasuk dalam tanaman yang berasal dari india yang mana sudah pasti suka pada kondisi suhu panas. Jika tanaman pada kondisi suhu yang cukup tanaman ini bisa berkembang dan tumbuh secara optimal serta warna menjadi lebih baik dan intens.

Cara Mudah Menanam Bunga Crossandra Agar Cepat Berbunga

Penyiraman dan Pemupukan Bunga Crossandra

Dalam penyiraman bunga crossandra perlu anda usahakan untuk menjaga kelembapan pada kondisi musim panas dan kurangi asupan air pada kondisi musim dingin. Penyerapan air dingin ini dapat mengakibatkan tanaman ini akan menjadi mati. Selanjutnya lakukan pemupukkan secara berkala dengan menggunakan pupuk cair pada tanaman hias pemupukan dilakukan setiap minggu mulai bulan April sampai Agustus.

Baca Juga:  Panduan Cara Menanam Mangga Alpukat Di Pekarangan

Jagalah kondisi tanah apabila Anda menanam menggunakan pot agar tidak lembab dan becek. Kurangi penyiraman pada saat bunga hanya mempunyai sedikit kuntum yang tersisa dan jaga tanah agak kering sampai polong pada biji berubah warna menjadi cokelat lalu segera ambil yang sudah matang. Jangan sekali-kali untuk membiarkan dedaunan hingga layu yang disebabkan karena kurang kelembaban selama periode setengah istirahat ini.

Demikian penjelasan tentang Cara Mudah Menanam Bunga Crossandra Agar Cepat Berbunga, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.