Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Paling mudah

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Paling Mudah

Posted on

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Paling mudah – Pada kesempatan ini akan membahas Menanam Bunga Wijaya Kusuma. Yang mana dalam pembahasan kali ini akan menjelaskan cara menanam bunga wijaya kusuma paling mudah dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun tentang menanam bunga wijaya kusuma berikut ini.

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Paling Mudah

Sang Ratu Malam atau lebih dikenal dengan Bunga Wijaya kusuma. Kenapa disebut dengan demikian? Karena bunga ini beraktifitas hanya pada satu waktu yakni malam hari. Misalnya, bunga dari wijaya kusuma ini hanya bisa mekar saat malam hari, setelah itu bunga akan memiliki aroma yang sangat kuat dan bisa tercium sampai sekitaran bunga itu.

Sebagai bunga yang aktif pada malam hari, tentunya menjadi hal yang sulit dilakukan dan ditunggu-tunggu yakni bagaimana cara melihat bunga itu mekar saat malam hari. Karena, umumnya bunga akan bermekaran saat pagi atau siang hari dimana matahari menerangi bumi.

Bunga wijaya kusuma memiliki ciri khas yaitu tanaman ini mempunyai bung yang terbilang besar, putih seperti gading dan akan tampak seperti tanaman yang eksotis. Tanaman yang masai kerabat dengan kaktus, ciri fisik dari tanaman ini memiliki daun yang berwarna hijau, berbentuk pipih, keras dan bagian ujung disekitaran daun terdapat lekukan kecil. Sebab itulah, dengan unuknya pertumbuhan tanaman ini banyak orang yang ingin menaman bunga wijaya kusuma.

Sebelum Anda menanam bunga ini, sebaiknya perlu mengetahui beberap hal yang perlu dipersiapkan dalam menanam bunga wijaya kusuma, diantaranya:

Baca Juga:  Cara Mengatasi Hama Wereng

Bibit Tanaman Wijaya Kusuma

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Paling mudah

Saat proses pembibitan tanaman ini, pertama yang dapat Anda lakukan yakni proses pemisahan. Dalam proses ini bertujuan memisahkan rumpun bibit dari rumpun akar.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan memisahkan bibit dari tanaman indukan dan memilah mana indukan yang bisa dijadikan untuk berkembang biak.

Agar dapat mengetahui bibit indukan yang bagus, Anda bisa mengetahuinya dengan melihat kelebatan dari tumbuhan yang ditanam. Selain itu juga bisa melihat dari postur tanaman yang terlihat bagus. Setelah melakukan proses pembibitan, lalu lakukan penyiapan media tanam.

Media Tanam

Untuk media tanamn hal yang perlu disiapkan yaitu tanah. Namun untuk dapat menghasilkan tanaman wijaya kusuma yang bagus dan baik. Maka Anda perlu mempersiapkan media tanam dengan campuran pupuk organic, tanah, pasir dan humus dengan perbandingan 1 : 3 : 2 : 1 (pupuk organic : tanah : pasir : humus) yang dicampur secara merata.

Bila melakukan penanaman dalam pot, Anda dapat menanamnya dengan memakai alternative lain seperti memakai pasir batang paku tiang dan lumut sphagnum.

Langkah Menanam

Karena tanaman wijaya kusuma tergolong keluarga kaktus. Hal yang perlu Anda perhatikan agar tanaman ini bisa hidup dan tumbuh dengan baik, perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

  • Anda dapat memasukan benih tanaman yang telah dipilah sebelum dimasukan kedalam tanah. Lalu tutup kembali bibit itu dengan memakai tanah.
  • Taruhlah bibit itu dengan kedalaman 5 cm.
  • Setelah itu lakukan penyiraman dengan memakai air agar bibit yang sudah ditanam dapat melakukan pertumbuhan.

Teknik Perawatan

Tanaman wijaya kusuma ini sangat tidak tahan akan air. Bila Anda terlalu banyak memberikan air pada tanaman ini, maka tanaman ini akan menjadi cepat membusuk. Bila Anda kurang memberikan air pada saat Anda menanam tanaman ini, maka ada kemungkinan perkembangan pertumbuhan tanaman ini akan menjadi terhambat. Lalu hal tersebut dapat mengakibatkan tanaman wijaya kusuma akan menjadi cepat layu.

Baca Juga:  Budidaya Porang : Manfaat, Nilai ekspor, Budidaya, Pemupukan dan Tahap Panen

Penyiraman Bunga

Jadi sebagai penanam tanaman Anda harus mengatahui kadar dosis air yang dibutuhkan untuk menanam tanaman wijaya kusuma ini dengan keadaan lingkungan yang ada. Ada baiknya bila Anda menanamnya pada musim kemarau, dan sebaiknya Anda lakukan juga penyiraman secara berkala dan teratur sesuai kebutuhan tanaman.

Pemberian Pupuk

Anda juga harus memberikan pupuk untuk menanam dan membudidayakan tanaman wijaya kusuma ini. Dalam hal ini, pupuk yang akan diberikan yaitu pupuk organic, baik yang memakai bahan dasar dari binatang atau tumbuhan.

Anda juga bisa memberikan tanaman wijaya kusuma pupuk buatan. Dalam pemberian pupuk buatan ini, hal yang perlu diperhatikan yaitu interval pemberian pupuk sendiri. Ada baiknya Anda memberikan pupuk pada periode waktu 2 waktu sekali. Hal ini bertujuan agar tanaman wijaya kusuma bisa hidup tumbuh debfab kondisi yang baik.

Cara Penyiangan

Tidak lupa untuk melakukan penyiangan pada tanaman wijaya kusuma. Pada tahapan ini, penyiangan termasuk ke dalam cara pencegahan terhadap serangan hama dan parasite pada tanaman yang sudah dirawat.

Cabut beberapa tanaman atau gulma dan hama yang ada pada sekitaran tanaman wijaya kusuma. Nda juga dapat memberikan fungisida dan insektisida secara teratur dengan mamakai dosis sesuai dengan yang tertera pada obat. Bersihkan tanaman wijaya kusuma dari daerah yang terkena penyakit.

Demikian penjelasan mengenai Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Paling mudah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.