√ Cara Menanam dan Merawat Bunga Wisteria (Bunga Fuji)

2 min read

Cara Menanam dan Merawat Bunga Wisteria (Bunga Fuji)

Cara Menanam dan Merawat Bunga Wisteria (Bunga Fuji) – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Bunga Wisteria. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara menanam bunga wisteria dan merawatnya dengan singkat dan jelas. Unutk lebih lengkapnya simka atikel berikut ini.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Wisteria (Bunga Fuji)

Bunga wisteria merupakan salah satu jenis bunga dalam keluarga kacang polong (Fabaceae). Bunga yang hanya dapat ditemui di daerah Cina, Korea, Jepang dan Amerika Serikat tapi kini sudah bisa ditemukan di Indonesia.

Bunga wisteria adalah tanaman yang akan berbunga pada musim semi (jika berada di Negara dengan 4 musim) yaitu sekitar pada bulan April-Juni. Tanaman bunga wisteria dapat tumbuh sekitar 20 – 30 meter dengan kapasitas usia maksimal 100-150 tahun.

Bunga wisteria termasuk salah satu tanaman hias yang cantik, tapi akan sangat berbahaya jika tertelan. Karena dapat menyebabkan mual, muntah, sakit perut, diare sebab keracunan. Dalam bahasa Jepangnya, bunga wisteria disebut dengan bunga Fuji.

Terdapat beragam corak warna bunga wisteria diantaranya biru, kuning, merah muda dan putih. Bunganya yang berwarna merah, ungu, putih, kuning dan biru yang tergantung memenuhi tempat rambatannya yang dibuat seperti atap lengkung di suatu jalan. Bunga ini sering digunakan sebagai sarana untuk berfoto selfie, karena bunganya yang indah itu terlihat luar biasa jika jumlahnya banyak.

Pemilihan Bibit Bunga Wisteria

Bibit bunga wisteria yang ditanam harus dipastikan bisa tumbuh dan berakar. Pilihlah bibit bunga wisteria yang memiliki kualitas bagus. Bibit bunga diambil dari biji yang sudah kering. Sebenarnya, pilih biji bunga yang sudah kering sebelum jatuh dari pohonnya.

Baca Juga:  Cara Ternak Lovebird Cepat Bertelur Khusus Pemula

Penanaman Awal Bunga Wisteria

Seperi biji lainnya, pada penanaman awal diperlukan media tanam bukan media tanah secara langsung. Tanaman kecil seperti biasa memiliki banyak musuh yang bisa membuatnya mati. Penanaman di media tanam khusus membuat kontrol terhadap bibit akan lebih mudah dilakukan.

Sebelum bisa ditanam, bibit kering bunga wisteria direndam dalam air selama 1 hari. Disarankan untuk menghilangkan kulit luarnya terlebih dahulu. Kulit luar ini dapat dihilangkan dengan dengan alat penghalus kuku.

Penghilangan kulit luar tidak perlu terlalu banyak atau terlalu dalam hanya sekedar biji berganti warna sudah cukup. Setelah direndam selama 24 jam, air rendaman dibuang secara perlahan kemudian biji dipindahkan ke media kapas. Kapas dibuat cukup lembab saja, tidak perlu terlalu basah dan jangan terlalu kering. Jika ragu, pelembapan dapat dilakukan dengan menyemprot kapas dengan air.

Penyimpanan Biji Bunga Wisteria Dalam Kulkas

Apabila media kapas tadi ada di gelas plastik, langkah selanjutnya harus ditutup media tersebut. Biasanya tutup juga menggunakan plastik. Setelah ditutup bisa disimpan dalam kulkas. Waktu yang diperlukan agar biji bunga wisteria tumbuh tunas yaitu sekitar 2-3 bulan. Cukup lama jika dibanding biji tanaman lain.

Apabila ditanam di pot kecil dengan media tanah, perlakuan penyimpanan di kulkas juga perlu dilakukan. Tapi, biasanya biji tumbuh saat waktu penyimpanan biji 2 minggu. Sebelum 2 minggu, lakukan pengecekan rutin pertumbuhannya. Jika sudah tumbuh akan kelihatan tunas.

Apabila ditanam dengan kapas, pengecekan rutin juga diperlukan. Apabila ada jamur, maka perlu dibersihkan dengan kapas atau tissue.

Pemindahan Tanam Bibit Bunga Wisteria

Jika tunas atau akar telah tumbuh, sebaiknya tunggu 1 hari lagi disimpan dalam kulkas sebelum bibit dipindahkan ke pot. Ini juga berlaku untuk bibit yang ditanam di media kapas.

Baca Juga:  Panduan Cara Menanam Bunga Melati Dengan Benar

Jika bibit sudah ditanam di pot, kemudian bungkusnya dibuka dan bibit segera dipindah ke tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Wisteria (Bunga Fuji)

Pemberian Media Rambat Bunga Wisteria

Bunga histeria merupakan tanaman rambat, jadi perlu dibuatkan tempat untuk rambatannya. Jika tunas tingginya sudah mencapai 1 meter, maka perlu tempat untuk dahannya agar bisa merambat. Media rambat dapat dibuat sesuai keinginan.

Perawatan Bunga Wisteria

Sebenarnya, tanaman hias ini membutuhkan sinar matahari sekitar 5-6 jam setiap hari. Dengan suhu maksimal sekitar 20 derajat celcius dan minimal 10-15 derajat celcius.

Lakukan penyiraman dengan menyemprot air hangat hingga media cukup basah. Akan tetapi harus jaga media agar tidak kekeringan atau terlalu basah.

Jika musim kemarau, Anda bisa pastikan airnya mencukupi. Untuk pemupukan, pupuk mineral kompleks bisa menghasilkan rangsangan untuk berbunga.

Setelah berbunga, perlu bersihkan atau potong bunga yang sudah layu dan kering. Tapi jika tidak ingin ribet dengan bibit biji yang bertunasnya lama. Kalian bisa membeli bibit yang sudah cukup besar di toko tanaman.

Demikian penjelasan tentang Panduan Cara Menanam dan Merawat Bunga Wisteria (Bunga Fuji). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.