√ Cara Mudah Menanam Carpet Seed dan Merawatnya Bagi Pemula

2 min read

Cara Mudah Menanam Carpet Seed dan Merawatnya Bagi Pemula

Cara Mudah Menanam Carpet Seed dan Merawatnya Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Menanam Carpet Seed. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara mudah menanam carpet seed dan merawatnya bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel tentang menanam carpet seed dibawah ini.

Cara Mudah Menanam Carpet Seed dan Merawatnya Bagi Pemula

Bila Anda penggemar Aquascape tentu sudah sering mendengar bahkan mengetahui beberapa jenis tanaman aquascape. Salah satunya yakni carpet seed yang sudah sering dijumpai dan banyak diperbincangkan.

Di luar negeri carpet seed biasa disebut dengan magic seed yang mana merupakan benih tanaman aquascape yang cepat tumbuh dan mudah serta tingkat adaptasi yang tinggi. Karena mudah dan dapat tumbuh dengan baik dan cepat tidak heran tanaman ini disebut biji ajaib atau magic seed.

Bagi para pecinta tanaman hias air di Indonesia menyebutkan tanaman yang ditumbuhkan dari carpet seed yakni sebagai tanaman mini dwarf atau bisa disebut dengan dwarf seed.

Persiapan Alat dan Bahan Menanam Carpet Seed

Persiapan alat dan bahan untuk menanam carpet seed antara lain yakni:

  • Air
  • Benih carpet seed, bibit dapat Anda dibeli ditoko online atau toko tanaman disekitar kalian
  • Akuarium atau tank
  • Pupuk dasar (pukdas) untuk meningkatkan kesuburan substrat.
  • Lampu akuarium
  • Substrat atau media tanam, berupa pasir atau bisa dicampur dengan batu bata yang telah dihancurkan tapi tidak sampai halus.
Baca Juga:  Panduan Mudah Cara Menanam Bunga Aster Dengan Benar

Penanaman Carpet Seed di Akuarium

Bila persiapan sudah siap dapat segera lakukan penanaman. Hal pertama yang dilakukan yakni menebarkan pupuk dasar yang telah dicampur dengan pasir pada lapisan pertama. Selanjutnya pada lapisan ke dua masukan pasir yang telah dicampur dengan batu bata. Pada setiap lapisan agar diberi dengan ketebalan 2 cm.

Kemudian tuangkan air kisaran 1 cm pada bawah permukaan media tanam, hal ini agar air dapat melembabkan media tanam yang akan ditaburi carpet seed. Dengan tujuan agar tidak menjadi terlalu basah sehingga dapat membuat benih menjadi membusuk.

Langkah selanjutnya buka bibit carpet seed yang masu dalam kemasan lalu taruh pada plastik bening atau kantong plastik biasa. Bungkus dengan menggunakan karet sehingga terlihat menjadi palastik tipis yang ketan dan lubangi plastik sebanyak 4 lubangan.

Taburkan carpeet seed pada permukaan media tanam pada aquascape tadi dan usahakan agar merata secara keseluruhan. Bila sudah dirasa cukup rata, Anda dapat menyiapkan sprayer kemudian semprotkan secara halus pada benih yang bertujuan agar benih menjadi lembab dan jangan sampai tergenang air.

Setelah itu lakukan penyinaran menggunakan lampu aquarium selama 8 jam per harinya dan semprotkan pada pagi dan sore hari selama 1 minggu.

Dalam 3 hari biasanya tanaman akan mulai semai dan tumbuh kecambah dan pada hari ke 7 tanaman sudah mulai tumbuh dan sudah siap untuk digenangi air sepenuhnya. Pada hari pertama aquarium digenangi air agar memberikan pupuk cair pada tanaman.

Cara Mudah Menanam Carpet Seed dan Merawatnya Bagi Pemula

Perawatan Carpet Seed

Dibawah ini adalah beberapa cara perawatan carpet seed yang baik dan benar agar dapat tumbuh subur, antara lain :

Pemupukan Carpet Seed

Berilah pupuk cair secara rutin setiap 1 minggu sekali dan berikan pupuk tancap setiap 2 bulan sekali. Pemupukan dilakukan agar kebutuhan akan nutrisi pada tanaman carpet seed tercukupi yang mana berguna menjaga daun dan batang tidak terlihat kuning atau layu serta menjaga tanaman tetap terlihat hijau.

Baca Juga:  √ Panduan Cara Menanam Lengkuas di Pot (Bahas Lengkap)

Pemangkasan Carpet Seed

Pemangkasan carpet seed dapat dilakukan minimal 1 bulan sekali, atau bila terlihat tumbuh lebat dan panjang. Bila tidak dilakukan pemangkasan maka penampilan akan terlihat kurang bagus dan kurang baik bagi kesehatan tanaman. Sebab cahaya yang masuk akan terhalangi oleh daun yang menutupinya sehingga membuat tumbuh kembangnya tanaman kurang baik.

Kebutuhan Karbondioksida Tanaman Carpet Seed

Pada tumbuhan carpet seed membutuhkan CO2 yang rendah, yang mana tidak diperlukannya injeksi CO2 lagi. Bila ingin tanaman tetap berdaun kebil dan mengarpet lebih baik tidak usah menambahkan CO2.

Demikian penjelasan tentang Cara Mudah Menanam Carpet Seed dan Merawatnya Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.