Cara Menanam Daun Sop : Pembibitan, Penanaman, Perawatan Dan Panen

3 min read

Cara Menanam Daun Sop : Pembibitan, Penanaman, Perawatan Dan Panen

Cara Menanam Daun Sop – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Daun Sop.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Daun Sop bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Daun Sop berikut ini.


Cara Menanam Daun Sop


Tumbuhan seledri (Apium graveolens) termasuk dalam keluarga Umbelliferae, tumbuhan yang kerap dijadikan herbal ataupun tumbuhan efektif obat.

Daun seledri disantap sebagai lalapan serta penghias hidangan. Bijinya dijadikan bahan penyedap serta ekstrak minyak seledri dimanfaatkan sebagai obat.

Usaha tani budidaya seledri sangat sesuai dicoba di dataran tinggi dengan ketinggian 1000-1200 m dari permukaan laut.

Tetapi tumbuhan ini masih toleran ditumbuhkan di dataran rendah. Tumbuhan ini kurang tahan terhadap curah hujan tinggi.

Tipe tanah yang dikehendaki dalam budidaya seledri merupakan tanah yang gembur serta memiliki banyak bahan organik.

Tumbuhan ini berkembang baik pada tingkatan keasaman tanah pH 5,5-6,5. Apabila tanah sangat asam hendaknya tambahkan kapur ataupun dolomit.


Metode menanam seledri

  • Persiapan menanam seledri dalam pot ataupun polybag

Persiapan awal yang bisa Kamu jalani buat mengawali budidaya seledri merupakan dengan mempersiapkan peralatan serta perlengkapan yang sekiranya hendak dibutuhkan.

Perlengkapan yang butuh Kamu siapkan merupakan bibit seledri, pot ataupun polybag seperlunya (pilih yang berukuran sedang), tanah, arang sekam, serta kompos.

Kamu dapat membuat kompos organik simpel sendiri buat mendapatkan persediaan kompos yang banyak, supaya nantinya dapat digunakan buat bercocok tanam lagi.

Ketiga bahan terakhir hendak jadi media tanam yang cocok buat seledri, Kamu tinggal mengombinasikan saja 3 bahan tersebut dengan perbandingan sama pada tiap bahannya.

  • Pembibitan awal dalam budidaya seledri

Buat bibit seledri, Kamu bisa memilah 2 metode pembibitan. Metode awal merupakan kala kamu telah mempunyai tumbuhan seledri sendiri sebelumnya.

Baca Juga:  Panduan Cara Menanam Bunga Kamboja Yang Benar

Sehingga kamu bisa mengambil anakan dari tumbuhan seledri ini buat lalu ditanam kembali pada pot ataupun polybag yang sudah disiapkan. Pembibitan yang demikian seringkali diucap dengan pembibitan vegetatif.

Sedangkan pembibitan dengan metode yang kedua merupakan pembibitan generative.

Pembibitan ini menggunakan biji sebagai benih buat meningkatkan seledri baru.

Metode pembibitan dengan metode ini memanglah nampak lebih susah dari pembibitan vegetative, cuma saja triknya gampang buat diikuti.

Awal kamu wajib mempersiapkan biji seledri yang hendak kamu semai. Saat sebelum disemai, rendam dahulu biji dalam air hangat dalam waktu kira-kira 15 hingga 30 menit saja.

Buat tempat persemaian, Kamu bisa memakai baki semai yang sudah diisi dengan tanah serta kompos dengan perbandingan 2:1.

Tebarkan biji yang sudah direndam tadi dalam baki semai, setelah itu tutup dengan media tanam secara tipis. Siram dengan air seperlunya.

Beri proteksi dari terik matahari langsung dengan metode memasang plastik. Supaya biji bisa berkembang dengan baik, jangan lupa melindungi kelembaban media tanam dengan metode menyiraminya tiap pagi serta sore.

Sehabis benih seledri berkembang, perkenankan senantiasa di dalam baki semai sampai daunnya berkembang hampir 2 ataupun 3 buah.

Sehabis itu Kamu baru bisa memindahkan benih tersebut pada pot ataupun polybag yang Kamu siapkan.

Pada pertengahan pembibitan, hampir hari ke 20 sampai 25, Kamu bisa menyemprotkkan pupuk daun serta meningkatkan pupuk NPK sebanyak 10 gram/10 liter air supaya perkembangan bibit terus menjadi cepat.

Bila terjadi serbuan hama pada bibit seledri Kamu, hingga Kamu perlu menyemprotkan pestisida dengan dosis anjuran 30% sampai 50%.

Cara Menanam Daun Sop : Pembibitan, Penanaman, Perawatan Dan Panen


Pemeliharaan Serta Perawatan Seledri

Perawatan ialah perihal penting yang wajib dicoba buat melindungi perkembangan seledri supaya senantiasa baik. Berikut metode yang bisa dicoba:

  • Penyiraman

Tumbuhan seledri haruslah teratur disiram buat melindungi kelembabannya. Penyiraman wajib dicoba secara teratur tiap hari pada pagi serta sore.

Apabila masa penghujan sudah datang, mengurangi intensitas air yang digunakan buat menyiram tumbuhan supaya tidak sangat becek.

Baca Juga:  Cara Menanam Seledri Hidroponik : Persemaian, Pemeliharaan Dan Pemanenan

Tetapi, bila masa kemarau itensitas air bisa diperbanyak supaya tumbuhan tidak kekeringan.

  • Penyulaman

Penyulaman ialah metode yang dicoba buat mengubah bibit seledri yang rusak dengan bibit seledri yang baru serta masih baik. Proses ini bertujuan buat mengoptimalkan penciptaan seledri yang ditanam.

Waktu yang baik buat melaksanakan penyiangan merupakan kala tumbuhan berumur ±2 minggu.

  • Penyiangan

Penyiangan wajib dicoba kala disekitar tumbuhan seledri berkembang gulma serta rumput liar yang bisa mengusik perkembangan seledri.

Metode yang dicoba ialah dengan mencabutnya secara hati-hati supaya tidak mengganggu seledri yang ditanam.

Sehabis dicoba penyiangan, tanah kembali dipupuk supaya seledri senantiasa memperoleh nutrisi yang lumayan.

  • Pengendalian Hama Serta Penyakit

Hama serta penyakit yang melanda seledri pastinya bisa mengusik perkembangan seledri. Sebagian hama yang biasa melanda seledri ialah keong, kutu, ulat tanah, serta tungau.

Sebaliknya penyakit yang melanda seledri antara lain bintik serta virus yang melanda tumbuhan.

Dengan menyemprotkan fungisida serta bakterisida pastinya perkembangan hama serta penyakit yang melanda seledri bisa dikendalikan.


Panen Tumbuhan Seledri

Sehabis merawatnya dengan baik mulai dari metode menanam seledri ini, terakhir barulah kalian dapat memanen hasilnya.

Umumnya tumbuhan seledri ini bisa dipanen pada usia 60-70 hari sehabis tanam. Panen bisa dicoba bila besar tumbuhan sudah mencapai 20-30 centimeter.

Hendaknya panen dicoba pagi pagi hari jam 7-9 pagi ataupun sore hari pada jam 4-6 sore.

Bila cuma buat di mengkonsumsi sendiri maka hendaknya panen dicoba dengan memotong bagian batangnya saja serta sisakan bagian bonggolnya.

Supaya bisa memicu pembuatan tunas baru sehingga kamu tidak perlu lagi melakukam penanaman ulang.

Sebaliknya bila buat di jual ke pasaran maka panen dicoba dengan metode mencabut tumbuhan dari pot.

Setelah itu bilas bagian akarnya serta buang daun yang rusak. Seperti itu metode menanam seledri dalam pot yang gampang diiringi.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Daun Sop dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.