Cara Menanam Durian : Menyemai, Proses, Perawatan, Masa Panen Dan Kesimpulan

3 min read

Cara Menanam Durian : Menyemai, Proses, Perawatan, Masa Panen Dan Kesimpulan

Cara Menanam Durian : Menyemai, Proses, Perawatan, Masa Panen Dan Kesimpulan – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Durian. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Durian bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Durian berikut ini.


Cara Menanam Durian : Menyemai, Proses, Perawatan, Masa Panen Dan Kesimpulan


Membicarakan durian, buah yang satu ini ialah salah satu tipe tumbuhan berbentuk pohon. Tumbuhan ini berasal dari hutan di Malaysia, pulau Sumatera, serta Kalimantan di Indonesia.

Persebaran durian melebar ke arah Barat di negeri Thailand, Birma, India serta Pakistan. Buah ini telah diketahui di daratan Asia tepatnya di Asia Tenggara semenjak abad ke 7 Masehi.

Saat ini, kelezatan durian telah diketahui hingga mancanegara, tetapi banyak pula yang tidak suka buah durian ini. Kelezatan rasa ditambah daging buah yang lembut menjadikan daya tarik utama untuk buah durian.

Tumbuhan ini mempunyai banyak sekali khasiat berbentuk isi gizi yang cukup besar serta mempunyai manfaat yang besar untuk badan.

Isi yang terdapat pada durian yakni karbohidrat, energi, protein, lemak, zat fosfor, kalium, asam, vit, folat serta memiliki serat yang besar.

Tidak hanya mempunyai isi gizi tersebut, buah durian pula memiliki antioksidan yang baik untuk badan buat bisa mencegah radikal bebas pemicu kanker.


Cara Menanam Durian Biar Cepat Berbuah

Kenali Perbandingan Bibit serta Benih

Saat sebelum memutuskan buat mulai menanam durian montong, tidak maukan kala kita mengharapkan buah durian montong, ehh nyatanya sehabis ditanam serta bertahun – tahun menunggu nyatanya buah durian yang dihasilkan jenis lain dengan mutu yang kurang baik.

Kita wajib tahu lebih dahulu perbandingan bibit durian serta benih durian. Langkah awal ini sangat pengaruhi hasil panen buah dari tumbuhan durian yang ditanam.

Sederhananya, bibit durian merupakan tumbuhan durian montong yang telah berupa tumbuhan tetapi masih muda.

Bibit durian montong yang baik serta siap buat ditanam di lahan wajib mempunyai ukuran dengan besar minimun 70 centimeter. Bibit durian montong ini dapat kita miliki dengan cara membeli di toko penjual bibit tumbuhan buah secara online maupun memilah langsung di toko bibit.

Baca Juga:  Budidaya Belut Dalam Tong

Lain halnya dengan benih. Benih durian montong merupakan bahan baku awal buat proses perbanyakan tumbuhan. Buat tumbuhan buah durian montong benihnya berbentuk biji. Biji buah durian montong apabila ditanam hendak menciptakan buah yang sama sekali berbeda dengan yang kita makan.

Penyebabnya benih tersebut telah hadapi pernikahan yang dicoba oleh serangga dikala fase bunga. Untuk itu sangat tidak dianjurkan menanam tumbuhan durian dari biji buah durian montong yang belum lewat proses penyambungan apabila mau memperoleh buah yang bermutu.


Pemilihan Lokasi Penanaman

Tidak hanya bibit, posisi buat menanam durian montong pula pengaruhi hasil perkembangan tumbuhan durian. Supaya tumbuhan durian montong bisa berkembang dengan maksimal, tumbuhan durian montong wajib memperoleh cahaya matahari langsung minimun 10 jam dengan ketinggian posisi dari permukaan laut minimun 700mdpl.

Sistem perakaran tumbuhan durian montong yang tunggang sangat menggemari jenis tanah yang gembur dengan isi bahan organik yang besar. Jenis tanah buat menanam durian montong apabila keras serta berbatu bisa membatasi perkembangan tumbuhan durian montong dengan signifikan. Buat itu tanah kebun ataupun sawah sangat sesuai buat menanam durian montong.

Menyemai Biji Durian

Pakai media tanam berbentuk tanah serta pasir dengan perbandingan 1:1. Siram media tanam setelah itu tanam biji dengan posisi miring sehingga calon pangkal bisa langsung mengarah tanah, timbun sampai sedikit bagiannya masih nampak dari permukaan.

Bila tempat persemaian besar, Kamu bisa menyemai beberapa biji dengan jarak dekat 2 sampai 3 centimeter. Tutup bagian atas dengan plastik supaya terlindung dari cahaya matahari secara langsung. Biji ini hendak berkembang jadi bibit sehabis 3 minggu, serta bibit ini baru siap digunakan kala daunnya telah menggapai 3 buah.

Proses Penanaman Bibit Durian

Media tanam buat durian haruslah dibersihkan terlebih dulu saat sebelum ditanami bibit durian. Buatlah bedengan sebagai saluran air kala hujan tiba, sehingga air hujan tidak menggenang.

Kamu pula bisa menyemprotkan Basamid sebagai upaya menghindarkan tanah dari jamur yang bisa jadi akan melanda tumbuhan durian. Sehabis itu tentukan jarak penanaman antar bibit, ialah antara 10 – 12 meter.

Buatlah lubang buat memindah bibit, sehabis bibit dimasukkan, tutuplah dengan jerami yang kering. Siram bibit tersebut dengan air seperlunya.

Cara Menanam Durian : Menyemai, Proses, Perawatan, Masa Panen Dan Kesimpulan


Perawatan Tumbuhan Durian

Penyiraman

Buatlah aliran drainase buat jalannya air. Untuk bibit yang baru ditanam, siramlah satu kali dalam satu hari, sedangkan bibit yang telah lebih dari satu bulan bisa disiram 2 – 3 kali dalam seminggu. Penyiraman dicoba dengan tidak kelewatan.

Baca Juga:  Budidaya Tanaman Kentang
Penjarangan

Penjarangan dilakukan guna mendapatkan hasil buah durian dengan rasa yang nikmat serta menghindari supaya tumbuhan durian tidak mati sebab jumlah bunga yang dibuahi sangat banyak.

Penjarangan dilakukan dengan cara menyemprotkan Auxin A guna mematikan bunga yang belum terbuahi, sedangkan bunga yang sudah terbuahi selalu bisa tumbuh jadi buah.

Pemangkasan

Pemangkasan dicoba pada pangkal guna membatasi terbentuknya perkembangan bibit vegetative yang tidak diharapkan. Pemangkasan ini wajib dicoba kala masa awal tumbuhan berbunga supaya hasil panen durian terus menjadi optimal.

Menyiangi serta Memupuk

Lakukan penyiangan terhadap tanaman – tanaman liar di dekat tumbuhan supaya tidak mengusik berkembangan tanaman durian. Tidak hanya itu, berikan pupuk kompos, pupuk hijau serta pupuk buatan yang lain.

Kamu pula bisa meningkatkan pupuk yang lain semacam NPK 200 gram buat tiap pohonnya sehabis 3 bulan masa penanaman durian. Lakukan pula pemupukan teratur dengan NPK ini tiap 4 bulan sekali.

Pengendalian Hama

Saat tumbuhan durian diserbu hama seperti lebah mini, Kamu bisa memakai Hostathion 40 EC sebagai pengendalinya. Sedangkan buat hama lain, telah terdapat pestisida serta insektisida tiap – tiap buat mengendalikannya.


Panen Buah Durian

Langkah terakhir dalam penanaman durian pasti saja panen. Kala seluruh tahap dilakukan dengan baik, telah berjalan sesuai rencana, maka kamu bisa menikmati hasil panen tumbuhan durian dalam waktu 4 sampai 5 tahun sehabis penanaman.

Masa panen dari tumbuhan durian sendiri beragam, bergantung dari jenis buah serta jenis bibit yang kamu pakai. Berikut merupakan tanda dari buah durian yang telah dapat kamu panen:

  • Telah mempunyai corak kecoklatan pada bagian ujung dari duri buah durian.
  • Telah mempunyai ruas tangkai yang besar.
  • Telah mempunyai aroma buah durian yang kokoh dan harum.
  • Apabila kamu memukul buahnya hingga memunculkan suara gema (hati hati cedera).

Kesimpulan

Seperti itu cara menanam tumbuhan buah durian, serta apabila kamu melakukan penanaman buah durian buat di jual kembali, maka opsi tersebut sangat pas.

Harga dari buah durian juga dapat dibilang lumayan besar di pasaran sebab buah durian ialah salah satu komoditas agribisnis yang sangat menguntungkan.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Durian dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Menanam Bambu

Farming
2 min read

Bonsai Pucuk Merah

Farming
4 min read

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read