Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

3 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Menanam Kiwi Di Dataran Rendah. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Menanam Kiwi Di Dataran Rendah bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Menanam Kiwi Di Dataran Rendah berikut ini.


Menanam Kiwi Di Dataran Rendah


Tumbuhan kiwi ialah salah satu tumbuhan yang gampang berkembang di wilayah beriklim tropis semacam halnya di Indonesia.

Ketahuilah kalau tumbuhan kiwi bisa berkembang merambat dengan umur dapat mencapai 25 tahun.

Dalam budidaya tumbuhan kiwi butuh perlakuan khusus jika mau memperoleh hasil yang baik serta memuaskan.

Buah Kiwi berupa bundar lonjong dengan kulit buah bercorak coklat kekuningan serta ditumbuhi oleh bulu–bulu halus di sekelilingnya.

Daging buah Kiwi ini bercorak hijau muda serta didalamnya mempunyai banyak biji–biji kecil yang bercorak gelap.

Pada biasanya, pola penyebaran buah–buahan serta bermacam tipe tanaman menjajaki pola persebaran iklim.

Daerah Indonesia termasuk wilayah yang sebagian besar terkategori wilayah yang beriklim basah sehingga hendak sangat bagus buat pengembangan penciptaan buah–buahan budidaya dengan menjajaki pola persebaran tersebut.

Indonesia mempunyai 4 daerah persebaran buah–buahan budidaya, dimana buat budidaya buah Kiwi bisa dicoba pada dataran tinggi beriklim basah.

Berikut ini dipaparkan lebih lanjut menimpa daerah persebaran buah–buahan budidaya beserta contoh buah budidayanya, ialah:

  • Dataran rendah (0–800 mdpl, 25–35°C) beriklim basah. Contoh tipe buah–buahan yang bisa dibudidayakan antara lain rambutan, jambu biji, sirsak, serta lengkeng
  • Dataran rendah (0–800 mdpl, 25–35°C) beriklim kering. Contoh tipe buah–buahan yang bisa dibudidayakan antara lain jeruk siam, anggur, mangga serta srikaya.
  • Dataran besar (800–3000 mdpl, 12–21°C) beriklim basah. Contoh tipe buah–buahan yang bisa dibudidayakan antara lain leci, pisang, markisa, alpukat serta kiwi.
  • Dataran besar (800–300 mdpl, 12–21° C) beriklim kering. Contoh tipe buah buahan yang bisa dibudidayakan antara lain persik, pir serta apel.

Ketentuan Berkembang Tumbuhan Kiwi

Tumbuhan kiwi bisa berkembang dengan baik apabila terletak pada iklim yang basah.

Sebaliknya ketinggian yang optimum buat tumbuhan ini merupakan 800-3000 meter diatas permukaan laut dengan temperatur antara 12 sampai 24 derajat celcius.

Buat tipe tanah merupakan tanah yang produktif semacam humus yang mempunyai sistem drainase yang baik.

pH yang baik merupakan 5,5 sampai 6,5. Tumbuhan ini memerlukan cahaya matahari yang penuh dengan naungan yang sedikit.

Baca Juga:  √ Cara Merawat Burung Jalak Nias Agar Gacor dan Jinak

Metode Budidaya Tumbuhan Kiwi

Metode budidaya tumbuhan Kiwi gampang buat dicoba, sebagian tahapan yang butuh dicermati serta dapat dilakukan.

Pembibitan

Dalam proses pembibitan tumbuhan kiwi ada 2 metode ialah dengan memakai biji serta pula dapat memakai stek batang. Berikut ini merupakan langkah- langkah pembibibitan dengan memakai biji:

  • Langkah awal, memilih buah kiwi yang mempunyai mutu yang baik dapat dilihat dari dimensi serta tingkatan kematangannya
  • Setelah itu belah buah tersebut, pisahkan biji yang terdapat didalamnya
  • Sehabis itu rendam dengan memakai air cuma selama 24 jam, setelah itu taruh pada handuk maupun tisu basah. Kemudian masukan kedalam plastik serta taruh pada temperatur yang hangat.
  • Cek keadaan biji tiap hari sampai biji berkecambah.
  • Sehabis biji berkecambah yang wajib dicoba merupakan mempersiapkan pot ataupun polybag yang sudah di isi oleh tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos.
  • Setelah itu taruh kecambah kiwi kedalam pot hampir 3 hingga 5 kecambah. Kemudian taruh didaerah yang yang banyak cahaya matahari tetapi upayakan jangan terserang secara langsung.

Sebaliknya metode yang kedua ialah dengan memakai stek. cara-caranya merupakan bagaikan berikut:

  • Metode membuat bibit kiwi dengan stek ada 2 tipe batang ialah batang lunak serta batang keras. sajikan batang lunak yang mempunyai 3 mata tunas dengan diameter dekat 1 centimeter.
  • Setelah itu potong batang lunak tersebut sepanjnag antara 13-20 cm
  • Pastikan kamu mensterilkan seluruh daun yang terletak dibatang basa kecuali tunas. Jangan lupa memberikan hormon perkembangan pangkal pada pangkal yang sudah dipotong.
  • Setelah itu siapkan polybag yang sudah terisi tanah yang sudah dicampur pupuk kompos kemudian tancapkan batang pada tanah tersebut.

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah


Persiapan Lahan

Aktivitas penyiapan lahan dimulai dengan mensterilkan lahan, setelah itu gemburkan bagian–bagian yang hendak ditanami.

Setelah itu berikan pupuk kandang seperlunya, sehabis itu atur tingkatan keasaman dengan metode mengapur tanah dengan dolomite.

Dolomit merupakan pupuk yang mempunyai besar kandungan Kalsium (CaO) serta Magnesium (MgO) yang berguna buat pengapuran tanah.

Lubang tanam dibuat pada tiap bagian–bagian tanah yang sudah digemburkan tadi dengan jarak lubang kurang lebih 2 x 2 m.

Aktivitas pembajakan, proses pengapuran serta pemupukan setelah itu pula buat membuat lubang–lubang tanam hendaknya sudah berakhir dikerjakan 2 minggu saat sebelum penanaman bibit buah Kiwi dicoba.

Penanaman Bibit Tumbuhan Kiwi

Proses penanaman ataupun pemindahan tumbuhan kiwi dapat dicoba beberapa metode antara lain penanaman lahan pertanian serta penanaman di pot. Penjelasannya dibawah ini, ialah:

  • Penanaman dilahan pertanian. Diawali dengan membebaskan tumbuhan kiwi dari polybag. Pastikan hati hati dalam melepaskannya supaya pangkal tumbuhan tidak rusak. Secara perlahan masukan tumbuhan kedalam lubang yang sudah dibuat tadinya dilahan pertanian. Setelah itu tutup lubang serta jalani penyiraman.
  • Penanaman dipot. metode yang dicoba nyaris sama dengan penanaman dilahan pertanian. Tetapi yang jadi perbandingan merupakan dibawah pot usahakan diletakan kerikil perihal ini bertujuan supaya drainase ataupun pembuangan air dapat berjalan dengan baik.
Baca Juga:  Cara Menanam Ubi Jalar Agar Berbuah Lebat

Proses Pemeliharaan

Penyiraman Tumbuhan Kiwi

Penyiraman dicoba secara tertib pagi serta sore tetapi sehabis tumbuhan berkembang besar itensitas penyiraman dikurangi serta disesuaikan dengan keadaan tanah.

Penyiraman dicoba pada dikala tingkatan kelembaban menurun saja jangan sampai penyiraman membuat tumbuhan tergenang perihal ini malah hendak mengusik perkembangan tumbuhan.

Penyiangan Gulma

Gulma merupakan salah satu tanaman pengganggu tumbuhan utama yang dapat jadi momok yang sangat sungguh-sungguh buat merendahkan produksi sebab dapat jadi pesaing utama dalam perihal perebutan faktor hara, cahaya matahari serta air.

Oleh sebab itu apabila sudah nampak rumput ataupun gulma lekas membersihkannya. Sehabis pembersihan dicoba usahakan buat menggemburkan tanah perihal ini bertujuan buat senantiasa melindungi tingkatan kesubuhan serta kesehatan tanah.

Pemupukan

Pemupukan lanjutan butuh dicoba buat menaikkan nutrisi yang diperlukan oleh tumbuhan kiwi.

Pastikan pemakaian pupuk sesuai dosis apabila kelewatan malah hendak mengusik perkembangan sebab tumbuhan kiri sangat sensitif dengan pemakaian pupuk yang kelewatan.

Pupuk yang digunakan bermacam-macam disesuaikan dengan keadaan serta tipe tanahnya. bila tanah produktif maka yang butuh ditambahkan merupakan pupuk kompos.

Sebaliknya apabila tumbuhan telah mulai berbunga pastikan memberikan pupuk yang mempunyai isi N yang besar.

Pemangkasan

Pemangkasan dicoba buat mengendalikan arah berkembang tumbuhan kiwi. Perihal ini pula dapat mencegah penyakit tiba sebab tumbuhan sangat lebat serta lembab.

Metode pemangkasannya ialah dengan memotong tunas dengan meninggalkan sebagian tunas saja serta mengarahkannya ke arah yang pas sesuai dengan pola rambatan.


Panen Buah Kiwi

Panen buah Kiwi bisa dicoba sangat cepat umumnya antara 3–4 bulan. Cepat ataupun lambatnya masa panen buah Kiwi dilihat bersumber pada keadaan cuaca yang terdapat serta pertumbuhan perkembangan tumbuhan Kiwi tiap harinya.

Metode melaksanakan panen tumbuhan Kiwi lumayan dicoba pemotongan terhadap buah Kiwi yang sudah berbau khas serta terasa empuk dikala dipegang.

Kemudian gunting pada batang buah Kiwi serta jangan sampai menimpa buahnya. Buat penyimpanan, simpan buah Kiwi yang telah matang pada temperatur yang tidak sangat besar.

Demikian penjelasan kami tentang Menanam Kiwi Di Dataran Rendah dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.