Cara Menanam Wortel Di Kebun

3 min read

Cara Menanam Wortel Di Kebun

Cara Menanam Wortel Di Kebun – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Wortel Di Kebun.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Wortel Di Kebun bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Wortel Di Kebun berikut ini.


Cara Menanam Wortel Di Kebun


Wortel ataupun Daucus Carrota ialah salah satu sayur-mayur kesukaan warga Indonesia yang kaya hendak vit A.

Ada bermacam-macam metode buat mengeloahnya jadi makanan yang lezat.

Awal mulanya, sayur-mayur tersebut berasal dari Asia Timur serta mungkin dibawa oleh para orang dagang yang masuk ke Indonesia.

Berikutnya, wortel dibudidayakan di Indonesia dengan pusat budidaya terbesarnya terletak di daerah Jawa, Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Makasar, Ambon, Papua, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, sampai Sumatera Barat.

Dikala ini, kalian dapat dengan gampang memperoleh bibit wortel di toko pertanian terdekat.


Jenis Wortel

Seperti biasa saat sebelum lanjut pada ulasan metode menanam, maka terlebih dulu mengidentifikasi jenis tanamannya. Ada pula tipe wortel ialah sebagai berikut:

  • Imperator ialah jenis wortel yang mempunyai wujud bundar memanjang dengan ujung meruncing semacam kerucut. Wortel ini sedikit tipis, dan mempunyai umbi bercorak oranye. Wortel tipe ini kurang disukai oleh orang sebab rasa yang dipunyai wortel jenis ini kurang manis.
  • Chantenay. jenis wortel ini mempunyai wujud tebal meruncing dengan ujung yang tumpul. Jenis wortel Chantenay mempunyai panjang hampir 12 centimeter dan banyak disukai orang sebab mempunyai rasa yang manis. Dibanding jenis wortel yang lain wortel tipe ini mempunyai tekstur lebih agresif. Umumnya, wortel tipe ini kerap dimasak dengan di potong berupa dadu.
  • Mantes. Wortel jenis ini ialah gabungan dari wortel tipe Imperator serta tipe Chantenay. Wortel jenis ini mempunyai ukuran sedang, mempunyai corak oranye hitam, berupa bundar tumpul serta mempunyai diameter dari atas sampai dasar sama. Isi air pada wortel mantes lebih besar dari tipe wortel yang lain sehingga bila dimasak rasa manis pada wortel tipe ini hendak berkurang

Syarat Berkembang Tumbuhan Wortel

Secara universal ketentuan berkembang wortel merupakan sebagia berikut:

  • Temperatur optimum buat perkembangan tumbuhan wortel merupakan 15-21 dearajat celcius. Temperatur demikian sesuai buat perkembangan pangkal serta bagian atas tumbuhan sehingga corak serta wujud pangkal bisa maksimal.
  • Tanah yang sesuai buat perkembangan wortel merupakan tanah yang drainasinya baik, kaya bahan organik serta produktif dengan ketinggian 1200-1500 mdpl. Tanah lempung berpasir sesuai buat budidaya wortel sebab gampang buat penetrasi pangkal sehingga pertumbuhannya bisa menggapai ukuran panjang serta besar yang maksimal.
  • Wortel bisa berkembang dengan baik pada tanah dengan pH 5-8. Kelembaban tanah ialah perihal yang sangat berarti buat perkembangan tumbuhan wortel, termasuk dikala pesemaian supaya diperoleh bibit dengan perkembangan yang seragam serta pertumbuhannyacepat sehabis ditanam di kebun.
Baca Juga:  √ Cara Sukses Budidaya Ikan Sidat Untuk Pemula Untung Berlimpah

Metode Menanam Wortel Di Kebun

Sehabis mengenali tipe wortel serta ketentuan tumbuhnya. Maka langkah berikutnya merupakan mengawali persiapan metode menanam wortel.

Ada pula langkah-langkah yang wajib dicoba dalam budidaya tumbuhan wortel merupakan sebagai berikut:

Pemilihan Bibit Unggul

Pemilihan benih wortel merupakan salah satu perihal yang berarti. Benih wortel hendak memastikan umbi unggul yang sanggup dihasilkan oleh tumbuhan wortel.

Benih wortel gampang didapatkan dengan membeli ditoko-toko pertanian terdekat ataupun secara online.

Pemilihan bibit wortel hendaknya memakai bibit berbentuk kemasan yang telah terdaftar ataupun telah mempunyai merek. Perihal ini sebab kualitas bisa dikenal dengan gampang serta telah tentu terjamin kualitasnya.

Kuantitas dari benih juga lebih terjamin dibanding dengan bibit yang diperoleh dalam wujud kemasan eceran yang tanpa merek.

Bibit wortel pula wajib fertil. Fertil merupakan keadaan benih yang bisa dibibitkan kembali.

Pada biasanya, para penggiat tumbuhan sediakan bibit steril yang tidak bisa dibudidayakan kembali.

Hasilnya, petani ataupun orang yang membudidayakannya wajib senantiasa membeli bibit. Jadi, hati-hati serta senantiasa mempertahankan benih lokal.

Pembenihan

Langkah-langkah pembenihan wortel bisa dicoba dengan metode berikut ini:

  • Telah memilih bibit sangat unggul
  • Sikat antar benih dengan memakai telapak tangan supaya antar benih wortel tidak menyatu
  • Merendam benih didalam air dingin sepanjang 1 malam supaya kecambah wortel bisa keluar lebih cepat
  • Meniriskan benih yang telah keluar kecambahnya
  • Benih wortel siap buat dipindah tanamkan

Cara Menanam Wortel Di Kebun


Persiapan Lahan

Mempersiapkan lahan yang hendak digunakan dalam menanam wortel bisa dicoba dengan metode berikut ini:

  • Bilas tumbuhan dari gulma ataupun rumput liar
  • Membiasakan pH tanah jadi 6-7
  • Menggemburkan tanah
  • Mendiamkan tanah sampai 2 minggu
  • Membuat bedengan dengan lebar 150 centimeter serta besar 40 cm
  • Jarak antar bedengan merupakan 50 cm
Baca Juga:  Cara Semai Selada

Penanaman Benih

Metode menanam benih merupakan menabur benih secara menyeluruh ke dalam lahan yang telah dipersiapkan dengan posisi ujung pangkal terletak pada bagian dasar, kemudian menutupnya kembali dengan tanah tipis.

Pemeliharaan

Wortel memerlukan perawatan berbentuk penjarangan supaya menciptakan wortel yang produktif serta maksimal sehingga menciptakan panen yang lebih besar.

Tidak hanya itu, perawatan lain yang diperlukan dalam pemeliharaan ialah pembersihan rumput liar maupun gulma.


Pemupukan Tanaman

Pemberian pupuk perlu dicoba secara berkala supaya bisa membenarkan terpenuhinya kebutuhan nutrisi tumbuhan. Ada pula agenda pemupukan tumbuhan wortel merupakan bagaikan berikut:

  • Umur 7 hari sehabis tanam aplikasikan herbafarm cair dengan dosis 2 tutup botol herbafarm cair ditambahkan dengan air diaplikaikan buat lahan seluas 500M2.
  • Umur 14 hari sehabis tanam aplikasikan herbafarm cair dengan dosis 2 tutup botol herbafarm cair ditambahkan dengan air diaplikaikan buat lahan seluas 500M2.
  • Umur 21 hari sehabis tanam aplikasikan herbafarm cair dengan dosis 3 tutup botol herbafarm cair ditambahkan dengan air diaplikaikan buat lahan seluas 500M2.
  • Umur 28 hari sehabis tanam aplikasikan herbafarm cair dengan dosis 3 tutup botol herbafarm cair ditambahkan dengan air diaplikaikan buat lahan seluas 500M2.
  • Umur 42 hari sehabis tanam aplikasikan herbafarm cair dengan dosis 5 tutup botol herbafarm cair ditambahkan dengan air diaplikaikan buat lahan seluas 500M2.
  • Umur 56 hari sehabis tanam aplikasikan herbafarm cair dengan dosis 5 tutup botol herbafarm cair ditambahkan dengan air diaplikaikan buat lahan seluas 500M2.

Pengendalian Hama

Pengendalian hama dicoba dengan membabat tanaman liar yang berkembang disekitar tumbuhan wortel.

Buat pengaplikasian pestisida dapat dicoba apabila serbuan hama tidak bisa lagi ditanggulagi oleh Bio Protectant yang ada dalam Herbafarm Granul serta Herbafarm cair.

Oleh karena itu sangat berarti buat memantau keadaan tumbuhan dari daun serta batangnya.

Bila hama telah melanda serta mengganggu tumbuhan maka aplikasikan pestisida Nabati 3SL sebagai langkah penanggulangan.


Pemanenan

Wortel bisa dipanen sehabis 12 minggu penanaman. Sebisa mungkin hindarkanlah peristiwa terlambat panen supaya wortel tidak membeku serta sulit dijual dipasaran.

Umumnya wortel yang ditanam dengan metode yang baik dapat menciptakan panen sebesar 25 ton/hektar.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Wortel Di Kebun dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.