Masalah Penyakit Bercak Daun pada Tanaman

2 min read

Penyakit Bercak Daun

Masalah Penyakit Bercak Daun pada Tanaman – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Penyakit Bercak Daun. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Penyakit Bercak Daun bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Penyakit Bercak Daun berikut ini.


Masalah Penyakit Bercak Daun pada Tanaman


Penyakit bintik daun merupakan salah satu tipe penyakit yang umum melanda sebagian tipe tumbuhan budidaya. Penyakit ini lumayan meresahkan petani. Bukan cuma sebab merugikan secara ekonomi, tetapi pula sangat gampang menyebar.

Seperti biasanya tipe penyakit yang diakibatkan oleh jamur, penyakit bintik daun pula sangat gampang meluas ke tumbuhan sehat yang lain. Oleh karena itu, bila tidak dikendalikan secara pas, maka penyakit ini hendak sangat merugikan.

Umumnya penyakit ini mulai timbul dikala masa hujan serta keadaan kelembaban lumayan besar.Pemicu penyakit bintik daun merupakan jamur Cercospora capsici. Jamur Cercospora capsici menginfeksi tumbuhan dengan metode menyebar.

Lewat angin, air hujan, hama vektor serta perlengkapan pertanian dikala jamur masih berbentuk spora. Setelah itu spora ini pula dapat melanda benih ataupun biji apalagi saat sebelum ditanam.


Indikasi Penyakit Bercak Daun

Penyakit bercak daun dapat menyebar lewat media apa saja, termasuk perlengkapan pertanian, vektor hama, air hujan, serta angin. Yang lumayan mengkhawatirkan, jamur nyatanya pula melanda biji yang belum ditanam. Pada tumbuhan yang telah terserang bercak daun, hendak timbul indikasi semacam:

Daun

Satu karakteristik bila daun telah terserang bintik ialah wujudnya semacam menggulung serta lambat-laun jadi kering. Bila daun ditekan umumnya hendak sirna semacam daun yang telah mengering.

Baca Juga:  √ Cara Menanam Bunga Freesia Refracta Agar Cepat Berbunga

Berkurangnya daun menimbulkan tanaman tidak maksimal perkembangannya.

Daun muda

Daun muda yang terkena bintik diisyarati dengan indikasi yang timbul semacam bintik di seluruh bagian serta nampak tidak beraturan. Daun pula berganti corak jadi cokelat di bagian tengah serta corak kuning di bagian pinggir. Penyakit ini dimulai dari bagian tulang daun ataupun ujung daun yang menyebar luas sampai mematikan daun.

Daun tua

Pada daun yang lebih tua, bintik daun diawali dari tepi daun yang terus menyebar sampai hingga ke tulang daun. Corak daun kemudian berganti jadi cokelat tua, lagi di bagian pinggir jadi kuning ataupun cokelat kehitaman. Bila dibiarkan, bintik daun dapat menyebar ke seluruh daun sehingga merugikan tumbuhan.

Tunas

Bagian tunas tumbuhan yang hadapi bercak daun hendak hadapi bintik dengan bermacam wujud. Sehabis bintik timbul di zona tunas, bintik setelah itu menginfeksi ke bagian pinggir daun kemudian membuat kering. Dikala tunas tumbuhan telah terserang bintik, hasilnya dapat merugikan sebab tidak tumbuh secara maksimal.

Penyakit Bercak Daun


Faktor-faktor yang Pengaruhi Penyakit

Biasanya penyakit bintik daun cercospora tumbuh lebih baik pada masa kemarau. Walaupun belum dikenal secara tentu varietas-varietas yang tahan serta rentan terhadap penyakit ini, namun realitas di lapangan kerap menampilkan respon yang sangat bermacam-macam.

Penyakit sangat dipengaruhi oleh tipe padi. Varietas Ciherang, IR 64 serta turunannya dilapangan kerap kali menampilkan respon sangat rentan terhadap bintik cercospora. Isi faktor hara paling utama nitrogen serta kalium sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan penyakit ini.

Tumbuhan padi yang kekurangan faktor nitrogen serta kalium lebih rentan terhadap penyakit bintik daun cercospora.


Pengendalian Penyakit

Selama ini pengendalian penyakit bintik daun cercospora cuma bisa dicoba dengan penyemprotan fungisida.

Pengendalian dengan 3 kali penyemprotan ialah pada fase anakan maksimum, dini pembungaan serta dini pengisian dengan fungisida benomil, mankozeb, carbendazim, ataupun difenoconazol dengan dosis 1 cc per 1 liter air.

Baca Juga:  Burung Serindit : Panduan Cara Budidaya Bagi Pemula

Dengan volume semprot 500 liter per ha, bisa menekan pertumbuhan penyakit bintik daun cercospora serta menekan kehabisan hasil padi hingga dengan 30%.

Demikian penjelasan kami tentang Masalah Penyakit Bercak Daun pada Tanaman dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read

Kandungan Bayam

Farming
4 min read