Cara Memupuk dan Perawatan Sawit Pada Lahan Gambut

√ Cara Memupuk dan Perawatan Sawit Pada Lahan Gambut

Diposting pada

Cara Memupuk dan Perawatan Sawit Pada Lahan Gambut – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Perawatan Sawit. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara memupuk dan perawatan kelapa sawit pada lahan gambut dengan secara singkat dan jelas. Agar lebih jelannya simak artikel perawatan sawit berikut ini.

Cara Memupuk dan Perawatan Sawit Pada Lahan Gambut

Hampir kebanyakan di Indonesia yang memiliki kondisi tanah gambut sering digunakan sebagai lahan petani sawit. Bagi Anda yang memiliki lahan seperti lahan gambut tentu sangat membutuhkan cara yang efektif dalam mengatasinya. Oleh karena itu perlu mengetahui cara memupuk sawit pada lahan gambut dan juga cara perawatannya yang baik dan benar.

Dalam pemanfaatannya biasanya dilakukan oleh pada perusahaan kelapa sawit yang tentunya menjadikan hasil lebih optimal dan efisien. Hal ini dapat dilakukan apabila pengolahan lahan yang baik dalam menanam dilahan gambut.

  • Pengolahan Lahan Gambut

Sama halnya melakukan pemupukan pada tanaman lainnya, tentu agar dapat lebih optimal terlebih dahulu harus mengolah lahan agar dapat menghasilkan tanaman sawit yang subur. Dalam hal ini dapat Anda lakukan pengukuran ketebalan gambut terlebih dahulu pada lahan tersebut.

Bilamana ketebalan gambut di ukur hanya mencapai 50 cm, maka dapat ditanami langusng dengan menggunakan bibit sawit terebut. Akan tetapi bila ketebalannya lebih dari itu maka perlu melakukan pemadatan hana agar dapat ditanami kelapa sawit.

Dalam hal ini dapat melakukan pemadatan secara  optimal, dan dapat menggunakan bantuan alat berat agar pengelolaan lahan lebih baik. Dengan menambahkan olahan mineral pada lahan gambut juga dapat berguna pada pertumbuhan bibit kelapa sawit nantinya yang mana meminimalisir tumbuhan yang tumbuh secara  miring.

Baca Juga:  Bunga Krokot : Cara Menanam dan Merawat Bagi Pemula
  • Pengelolaan Pengairan

Bukan hanya melakukan pengolahan lahan saja, sudah tentu mengatur bagaimana manajemen air yang dibutuhkan. Dalam hal ini dilakukan agar kebutuhan air pada kelapa sawit tidak kebanyakan atau kekurangan air nantinya.

Sebab pada dasarnya lahan gambut dapat dengan mudah mengalami kebanjiran pada musim penghujan dan akan langsung kering pada musim kemarau. Tentunya dengan menggunakan manajemen air yang tepat dapat membuat tanaman pada lahan tersebut dapat tumbuh dengan baik.

Cara Memupuk dan Perawatan Sawit Pada Lahan Gambut

  • Frekuensi Pemupukan

Sama halnya dengan cara memupuk pada tanaman lain, pada pemupukan biasanya dapat dilakukan 2- 3 kali dalam 1 tahun. Hal ini bergantung pada kondisi lahan dan perkembangan atau pertubuhan dati kelapa sawit sendiri.

  • Teknik Pemupukan

Dalam pemupukan memerlukan dosis pemupukan yang tepat sesuai dengan usia dari kalapa sawit sendiri. Bukan hanya dari segi usia saja dapat juga dilihat dari kondisi tanah dan tanaman pada lahan gambut tersebut.

Agar lebih jelasnya, berikut adalah tata cara pemupukan sawit pada lahan gambut:

  • Pergunakan pupuk ZA atau Urea yang ditapur setinggi 30 cm dari bagian pangkal batang lapa sawit;
  • Gunakan dolomit unutk mengurangi pH pada sekitaran tanaman;
  • Pergunakan pupuk boron pada bagian pelepah daun kelapa sawit;
  • Penggunaan pupuk dalam selang waktu 2 minggu lamanya.

Demikian penjelasan tentang Cara Memupuk dan Perawatan Sawit Pada Lahan Gambut, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.