Racun Lalat Buah Cabe : Fakta, Mengatasi, Contoh Dan Penjelasanya
Racun Lalat Buah Cabe : Fakta, Mengatasi, Contoh Dan Penjelasanya

Racun Lalat Buah Cabe : Fakta, Mengatasi, Contoh Dan Penjelasanya

Posted on

Racun Lalat Buah Cabe : Fakta, Mengatasi, Contoh Dan Penjelasanya – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Racun Lalat Buah Cabe. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Racun Lalat Buah Cabe bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Racun Lalat Buah Cabe berikut ini.

Racun Lalat Buah Cabe : Fakta, Mengatasi, Contoh Dan Penjelasanya

Mari simak penjelasaannya berikut ini.

Racun Lalat Buah Cabe

Terdapat beberapa kendala yang dihadapi petani dalam membudidayakan komoditas tanamannya. Lalat buah (Drosophila melanogaster) yang merupakan jenis hama tanaman yang sering menyerang berbagai jenis tanaman buah-buahan, salah satunya cabai. Hama lalat buah dapat menyebabkan cabai membusuk dan memiliki kualitas buah yang buruk, serta menyebabkan buah rontok.

Fakta Yang Terjadi Pada Cabe Yang Diganggu Lalat Buah

Faktanya, hanya lalat betina yang menyebabkan cabai rontok dan membusuk sebelum matang. Lalat buah akan menyerang cabai dengan cara memasukkan ovipositor ke dalam cabai hijau (muda) untuk menyimpan telurnya. Telur yang disimpan dalam cabai akan menetas dan menjadi larva sehingga menyebabkan cabai membusuk dan rontok sebelum matang.

Serangan lalat buah paling sering terjadi pada cabai hijau (muda). Gejalanya bisa dilihat pada tangkai buah, ujung buah dan bagian tengah cabai muda (hijau) menguning. Jika serangan terjadi pada pangkal buah (dekat tangkai buah) biasanya tangkai akan menguning dan buah gugur sebelum telur lalat buah menetas.

Serangan pada ujung buah dan bagian tengah buah menyebabkan cabai menguning dan membusuk serta sedikit basah. Jika diperhatikan dengan seksama pada buah cabai yang terserang, terdapat titik-titik hitam atau lubang-lubang kecil yang telah ditusuk oleh lalat. Putih. Ada beberapa cara yang bisa kita terapkan dalam mengatasi lalat buah cabai ini. Diantaranya akan kita bahas lebih lanjut sebagai berikut:

Mengatasi lalat buah cabe dengan racun Kimiawi

Biasanya serangan cabai merah keriting tidak separah cabai rawit dan cabai merah besar, namun hama ini tidak boleh dianggap remeh karena hama lalat buah dapat menyebabkan produksi menurun bahkan dapat menyebabkan gagal panen jika dibiarkan.

Untuk mengendalikan lalat buah, gunakan insektisida berbahan aktif profenofos dan metomil. Banyak merek insektisida yang secara aktif dibuat dari Profenofos dan Metomil, tetapi yang paling umum digunakan adalah Curacron yang dicampur dengan Metindo.

Berikut cara penggunaan Curacron dan Metindo untuk mengendalikan lalat buah pada cabai: Curacron takaran 7,5 ml dicampur dengan 2 sendok makan Metindo untuk satu tangki semprot (+/- 14 liter). Penyemprotan dilakukan pada pagi atau sore hari. Penyemprotan insektisida di atas sebaiknya fokus pada cabai dengan interval 5/7 hari atau tergantung serangan hama ini

Racun Lalat Buah Cabe : Fakta, Mengatasi, Contoh Dan Penjelasanya

Mengatasi buah lalat Tanpa Racun Kimiawi

  • Menggunakan Lem Perangkap Lalat Buah

Lem lalat buah khusus yang digunakan cukup mudah dan praktis. Lem dioleskan secara merata pada botol atau kertas bekas lalu taruh beberapa buah di kebun cabai. Lem perangkap lalat buah biasanya berwarna kuning, sehingga lalat buah akan tertarik dan menempel pada lem perangkap tersebut.

Selain untuk mengendalikan lalat buah, perangkap lem juga dapat digunakan untuk mengendalikan serangga perusak tanaman lainnya, seperti kutu daun. Contoh produk perangkap lalat buah antara lain : Lem Methylate, Sainindo 10 VP atau Supernet.

  • Menggunakan Perangkap Menarik Metil Eugenol

Ini adalah perangkap lalat buah berumpan, bentuk atraktan dari metil eugenol telah terbukti efektif dalam memutus siklus hidup lalat buah. Sasaran dari perangkap ini adalah lalat buah jantan, mereka akan tertarik dan masuk ke dalam perangkap. Sehingga lalat buah jantan mati dan tidak dapat membuahi lalat buah betina. Meski banyak berkeliaran di sekitar tanaman cabai, lalat betina hanya menyerang cabai saat bertelur.

Dengan menjebak lalat buah jantan, lalat buah betina tidak akan bertelur dan tidak akan menyerang cabai. Pemasangan perangkap metil eugenol harus dilakukan karena tanaman cabai masih kecil, atau minimal sejak tanaman berumur 1 bulan setelah tanam. Beberapa produk metil eugenol yang banyak beredar di pasaran antara lain petrogenol, ocimol atau melanol.

  • Membasmi Rumput di Bidang Budidaya cabe

Meskipun cara di atas sudah kita lakukan, namun di sekitar tanaman cabai yang banyak ditumbuhi rumput, masih banyak lalat buah yang menyerang, sehingga membersihkan rumput di sekitar cabai sangat penting. Pada umumnya dalam membasmi rumput yang ada di sekitar cabe dengan menggunakan herbisida kontak seperti gramason namun metode tersebut harus dilakukan secara hati-hati. Membersihkan rumput dengan menggunakan herbisida lebih cepat dibandingkan dengan memakai metode manual yang mana bisa menghemat waktu dalam pertumbuhan rumput terlalu lama.

Demikian penjelasan kami tentang Racun Lalat Buah Cabe dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.