Panduan Cara Merawat Tanaman Putri Salju (Dusty Miller)

Panduan Cara Merawat Tanaman Putri Salju (Dusty Miller)

Posted on

Panduan Cara Merawat Tanaman Putri Salju (Dusty Miller) – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Bunga Putri Salju. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara menanam dan merawat tanaman putri salju dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Panduan Cara Merawat Tanaman Putri Salju (Dusty Miller)

Tanaman bunga putri salju (Jacobaea maritima) atau disebut juga dengan Dusty miller merupakan jenis tanaman parennial yang mana asalnya dari genus Jacobaea, famili Asteraceae. Tanaman dengan nama ilmiahnya Senecio cineraria ini interaktif atau menarik perhatian karena memiliki daun yang berwarna perak sehingga menambahkan kesan musim dingin bersalju.

Tanaman dusty miller ini sendiri suka dengan tempat yang teduh, sehingga cocok untuk ditanam indoor yang mana tanaman ini mempunyai bunga yang berwarna kuning. Tak hanya indoor tanaman dusty miller juga bisa menjadi tanaman border atau edging yang sempurna dengan memiliki warna daun yang tidak biasa dan nyentrik serta kontras dengan warna tanaman yang lain yang rata-rata biasanya berwarna hijau.

Sebenarnya, tanaman putri salju atau yang lebih tepat disebut juga dengan silver ragwort atau silver dust, dari pada dusty Miller. Mengingat terdapat tumbuhan spesies lain dengan karakteristik yang sama seperti putri salju ini yang juga dikenal juga dengan dusty miller (Centaurea cineraria). Tak hanya disebut dengan putri salju, oleh penduduk Indonesia tanaman ini juga ada yang menamainya dengan “bunga perak atau tanaman daun perak“.

Untuk penanaman bunga putri salju ini sendiri dapat Anda lakukan melalui stek batang, dengan memakai media tanah humus maupun mengguanakn tanah kompos. Setelah disini anda melakukan penanaman, anda juga perlu melakukan perawatan supata tanaman daun perak ini bisa tumbuh dengan baik. Berikut ini merupakan cara merawat tanaman bunga putri salju, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Perhatikan Intensitas Cahaya Matahari

Perlu Anda ketahui, bahwasannya untuk menanam tanaman putri salju sangat cocok ditanam pada tempat yang sejuk dan juga teduh. Dengan intensitas cahaya yang diperlukan asupaya tanaman ini bisa tumbuh maksimal. Maka disini anda harus menempatkannya di tempat yang tidak terkena paparan sinar dari matahari yang secara menerus atau langsung sepanjang hari.

Anda perlu memastikan juga unutk selalu menempatkan dengan kira-kira intensitas cahaya yang mana berkisar anatara 35 – 50 % apabila anda letakkan pada sebuah media pot. Namun apabila penanaman ini anda lakukan pada area yang luas maka unutk perawatannya sendiri sedikit berbeda yakni dengan intensitas matahari sekitar 45 – 60 %.

Panduan Cara Merawat Tanaman Putri Salju (Dusty Miller)

Perhatikan Media Tanam Putri Salju

Sebelum anda menanam tanaman putri salju anda disini juga harus memperhatikan media tanam yang nantinya akan anda gunakan.

Berdasarkan karakteristik tanaman putri salju ini yang sebelumnya sudah Anda ketahui. Maka anda perlu pastikan bahwa tanaman putri salju ini sangat cocok dengan media tanam yang tidak bantat yang mana seperti tanah humus atau tanah kompos. Hal ini pastinya mengindikasikan bahwa tanaman ini membutuhkan area yang leluasa untuk penanamannya sendiri.

Penyiraman Tanaman Putri Salju

Jika anda disini memakai pot dengan ukuran berkisar antara 25 x 35 cm, maka disini anda perlu melakukan penyiraman pada tanaman putri salju yaitu minimal 1 kali dalam sehari. Anda perlu memastikan untuk selalu memperhatikan jumlah airnya yang mana berkisar anatara sekitar setengah liter air untuk satu pot dengan ukuran tersebut. Anda bisa melakukan penyiraman secara rutin supaya tanaman ini bisa tumbuh dengan baik.

Pemupukan Tanaman Putri Salju

Salah satu hal yang ktak kalah penting untuk merawat putri salju yaitu dengan melakukan pemberian nutrisi yang cukup untuk tanaman serta zat unsur hara tanah. Maka dari itu, disarankan untuk anda melakukan pemupukan pada putri salju dengan memakai  pupuk kompos atau bisa juga dengan menggunakan pupuk kandang yang sebelumnya telah diolah. Pemakaian pupuk organik juga lebih alami serta bisa mengurangi biaya untuk perawatan. Akan tetapai anda tetap bisa memanfaatkan pupuk kimia yang mana berupa pupuk NPK daun. Lakukan pemupukan untuk tanaman hias putri salju sebulan sekali yang mana bisa anda lakukan dengan cara membuat lubang di sekitar tanamannya.

Demikian penjelasan tentang Panduan Cara Merawat Tanaman Putri Salju (Dusty Miller). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.