Mengenal Tanaman Tropis yang Cocok Di Tanam Pada Halaman Rumah

2 min read

Mengenal Tanaman Tropis yang Cocok Di Tanam Pada Halaman Rumah

Mengenal Tanaman Tropis yang Cocok Di Tanam Pada Halaman Rumah – Pada kesempatan ini Kebun akan membahas mengenai Tanaman Tropis. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan berbagai tanaman tropis yang cocok di tanam pada halama rumah Anda. Untuk lebih jelasnya yuk simak artikel Kebun mengenai tanaman tropis berikut ini.

Mengenal Tanaman Tropis yang Cocok Di Tanam Pada Halaman Rumah

Dengan perbedaan iklim pada tipe daerah tentu akan mempengaruhi berbagai jenis tanaman hias apa yang dapat tumbuh subur pada lingkungan tersebut. Tanaman tropis bisa menjadi solusi saat memilih tanaman yang akan menjadikan hunian lebih asri dan cocok pada halaman rumah Anda terutama di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Dengan tampilan estetik mengihiasi taman rumah dan kehadirannya tanaman tropis pada halaman rumah Anda. Anda tidak perlu repot untuk memutuskan dan memikirkan ketahanan tanaman dalam cuaca Indonesia yang cukup panas. Dari pada Anda salah menanam, lebih baik ketahui terlebih dahulu tanaman tropis apa saja yang cocok untuk ditanam pada halaman rumah Anda.

Tanaman tropis agave

Tanaman tropis agave

Tanaman agave lebih dikenal di Indonesia, tanaman furcraea ini termasuk sebagai tanaman semak-semak. Mempunyai daun yang panjang dengan warna hijau muda serta garis warna kuning. Tanaman tropis ini bisa di tanam pada sekitaran pagar rumah atau sekitar kolam. Bila tanaman ini dirawat dengan baik, furcraea dapat hidup sampai 20 tahun lamanya.

Tanaman tropis melati

Mengenal Tanaman Tropis yang Cocok Di Tanam Pada Halaman Rumah

Tanaman melati dapat tumbuh subur dengan paparan sinar matahari yang terik, tanaman yang melambangkan kesucian yang dikenal sebagai ‘Puspa Bangsa’. Tanaman tropis ini adalah simbol negara yang memiliki daun yang lebat serta dapat membuat hunian menjadi lebih asri.

Baca Juga:  Hidroponik NFT

Jasminum Sambac atau Bunga melati tergolong kedalam kategori tanaman semak dan merambat. Tanaman tropis ini mempunyai bunga yang begitu harum sehingga dapat membuat hunian Anda tidak sekedar asri namun dapat memiliki harum arometherapi yang alami.

Pohon palem hias

Pohon palem hias

Menanam pohon palem pada halaman rumah Anda sudah jarang dilakukan, sebab tanaman ini biasanya tumbuh besar dan tinggi. Namun tanaman tropis ini ternyata mempunyai berbagai varietas kecil yang dikenal sebagai palem hias.

Walaupun begitu tanaman palem bisa tumbuh subur pada daerah yang beriklim dengan suhu 30 sampai 35 derajat celcius. Jangan sampai menyiram tanaman tropis ini hingga air menggenang, sebab bisa mengakibatkan palem hias membusuk. Daun palem hias yang memiliki bentu jemari akan membuat halama rumah Anda terlihat teduh dan cantik.

Tanaman tropis geranium

Tanaman geranium

Sebagai salah satu tanaman tropis, bunga geranium memerlukan asupan paparan sinar matahari langsung setidaknya 6 jam dalam sehari. Kebutuhan asupan air pun dibilang cukup sedikit yang membuat tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah tropis. Bunga geranium terdiri dari berbagai warna, diantarannya ungu, merah, putih atau gabungan dari dua wana sekaligus.

Tampilan bunga ini sanga cocok untuk menghiasi taman dan halaman teras rumah. Alasan lainnya mengapa bunga geranium menjadi tanaman tropis yang tepat untuk hunian Anda yaitu tanaman ini sangat ampuh sebagai tanaman pengusir nyamuk setiap saat.

Pohon cemara kipas

Pohon cemara kipas

Pohon cemata tidak sekedar dapat ditemukan pada daerah pegunungan saja, namun dapat juga ada pada halaman rumah Anda. Salah satu jenis cemara yang cocok di tanam pada halaman rumah yaitu cemara kipas yang tergolong pada tanaman tropis. Daun pohon cemara kipas seperti duri yang membentuk seperti kipas dengan wana hijau tua.

Baca Juga:  Akasia : Pengertian, Mengenal, Manfaat, Budidaya Dan Hama Tanaman Akasia

Untuk perawatan tanaman tropis inipun cukup mudah, hanya membutuhkan air secara rutin agar daun tidak ronotk. Sebab cemara kipas ini dapat tumbuh tinggi, sebaiknya agar di tanam pada sudut halaman rumah dan pangkas batang bagian atas secara berkala.

Tanaman tropis tabebuya

Tanaman tabebuya

Anda ingatkah akan pemandangan pohon sakura yang membuat indah jalanan di kota Surabaya? Ternyata pohon itu bukanlah pohon sakura, melainkan tanman tropis yang bernama tabebuya.

Selain tanaman ini bunganya dapat tumbuh lebat selayaknya pohon sakura, bentuk dari tanaman tropis ini mirip trompet dan memiliki varietas dengan warna bunga yang berbeda seperti wana kuning, merah, pink dan magenta.

Tanaman tropis tabebuya dapat bertahan hidup pada paparan sinart matahari yang terik, lingkungan yang kering dan tanah yang lembab. Namun pada musim kemarau, Anda harum memberi tanaman ini air secara rutin. Tanaman tabebuya dapat tumbuh hingga mencapai 12 meter yang sangat cocok ditanam di luar rumah.

Bila Anda telah menentukan tanaman tropis mana yang akan Anda tanam dari keseluruhan tanaman diatas. Mungkin Anda dapat mencobanya dirumah agar halaman anda terlihat indah dan cantik.

Demikian penjelasan mengenai Mengenal Tanaman Tropis yang Cocok Di Tanam Pada Halaman Rumah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read

Kandungan Bayam

Farming
4 min read